PD KMHDI Sulawesi Selatan

Nama PD/PC/Komisariat : PD KMHDI SULAWESI SELATAN
Kode PD/PC/Komisariat :
Nama Ketua : GEDE SUMANTRA
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 12 No.162, Makassar (90245)

Telp. :(0411) 589999

Hp. :085255868971

E-mail :npd.sulsel@kmhdi.org

Web.: www.pdkmhdisulsel.org

Facebook : Pimipinan Daerah Kmhdi Sul-Sel

Twitter : @pdkmhdisulsel

Provinsi : Sulawesi Selatan
Email : pd.sulsel@kmhdi.org
Sejarah Terbentuk :

Sejarah PD KMHDI Sulawesi Selatan

Awal mula terbentuknya PD KMHDI Sulawesi Selatan dimulai dari perjuangan yang begitu besar dan penuh pengorbanan yang dilakukan oleh para Alumni yang pada saat itu masih berstatus sebagai Mahasiswa Hindu di Kota Makassar. Perjuangan tersebut dimulai pada tahun 1992 dimana Mahasiswa Hindu pada waktu itu sebagian besar kuliah di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) dan IKIP yang saat ini berubah nama menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM).

Akhirnya pada tahun 1992 Mahasiswa Hindu Sulawesi Selatan, khususnya yang berada di ibukota provinsi yakni Makassar mendapat Informasi mengenai rencana pembentukan wadah berhimpun untuk mahasiswa Hindu tingkat Nasional yang disampaikan pada rapat Sthiti Dharma Universitas Hasanuddin (Unhas). Pada rapat tersebut disepakati untuk membentuk Tim persiapan pembentukan wadah berhimpun untuk mahasiswa Hindu tingkat Nasional. Tim tersebut dipimpin oleh Ketut Suarayasa. Tim bertugas untuk melakukan konsolidasi dengan mahasiswa Hindu dari perguruan tinggi lain (diluar Unhas dan IKIP yang sekarang berubah nama menjadi UNM))‚  Tim melakukan pertemuan – pertemuan dengan mahasiswa Hindu se-kota Makassar untuk merencanakan pembentukan wadah mahasiswa Hindu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya pada tahun 1992dilaksanakanlah Lokasabha I pembentukan wadah berhimpun untuk mahasiswa Hindu provinsi Sulawesi Selatan. Pada Lokasabha itu disepakati wadah berhimpun tersebut bernama : PERHIMPUNAN MAHASISWA HINDU INDONESIA (PERMAHI) SUL-SEL. Ketua terpilih pada saat itu yakni : Nyoman Maker yang merupakan mahasiswa dari Universitas Hasanuddin dan wakil Ketua yakni : Nyoman Kamajaya dari Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI).

Pada awal tahun 1993, PERMAHI SUL-SEL ikut dalam pembahasan rancangan Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) KMHDI di jalan Ir. Ida Bagus Oka. Pada saat itu PERMAHI SUL-SEL mengutus Ketut Suarayasa untuk menghadiri pembahasan rancangan GBHO tersebut dan hasil rancangan tersebut disampaikanpada rapat PERMAHI SUL-SEL utk dilakukan usulan final tentang GBHO dari Kordinator Wilayah Sulawesi yang pada saat itu Sulawesi Selatan dipercaya sebagai penanggung jawab Korwil Sulawesi.

September 1993 dilaksanakanlah Mahasabha I pembentukan KMHDI di UNHI Denpasar. Utusan PERMAHI SUL-SEL ada 5 orang yaitu : Komang Gede Wirasuyasa (Unhas), Gusti Ngurah Bayuningrat (Unhas), Nyoman Suandi (IKIP), Wayan Sudarsana (IKIP), dan Ni Komang Ariani (AKSEMA Atmajaya). Hasil Mahasabha disampaikan kembalipada rapat PERMAHI SUL-SEL dan disepakati untuk segera melaksanakan Lokasabha Luar Biasa PERMAHI SUL-SEL

Lokasabha Luar Biasa PERMAHI SUL-SEL dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 1993 dengan Dewan Pembina :Letkol I.N. Suartha, dr. I Nyoman Djigeh (alm), drh. Wayan Sutapa (sekarang Sekretaris Daerah Kab. Bangli), dengan hasil :

1.  PERMAHI SUL-SEL sepakat membentuk Pimpinan Daerah KMHDI Sulawesi Selatan (PD KMHDI Sul-Sel) dengan cara mengganti nama PERMAHI SUL-SELmenjadi PD KMHDI Sul-Sel;2.  Memilih Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Terpilih sebagai Ketua : Ketut Suarayasa (Unhas), Sekretaris : Nyoman Suandi (IKIP), dan Bendahara : Ni Putu Wahyuni  (AKSEMA Atmajaya);
3.  Menugaskan kepada Ketua dan Sektretaris terpilih untuk membentuk pengurus lengkap PD KMHDI Sul-Sel.

Sejak saat terbentuknya PD KMHDI Sulawesi Selatan, pengurus menyepakati bahwa sekretariat resmi PD KMHDI Sul-Sel berada di Pura Giri Natha Makassar dan juga sebagai tempat bertemu dan berkumpulnya seluruh anggota dan pengurus, tentu saja atas persetujuan umat Hindu Kota Makassar.

Pengurus PD KMHDI SulSel dari Periode ke Periode :

Lokasabha I : (1993-1996)

Ketua  :  dr. Ketut Suarayasa, M.Kes.

Lokasabha II : (1996-1998)

Ketua    :  Dr. Putu Melaya, M.PH.

Lokasabha III : (1998 – 2000)

Ketua    :  Komang Budi Arcana, S.Sos

Lokasabha IV : (2000 – 2003)

Ketua    :  Gusti Ketut Suastika, Amd, S.Pd, M. ST.

Lokasabha V : (2003 – 2006)

Ketua    :  Putu Gede Sudarsana, S. KM, M. Kes.

Lokasabha VI : (2006 – 2008)

Ketua    :  I Kadek Suarta, S. Sos.

Lokasabha VII : (2008 – 2010)

Ketua    :  Bayu Oka Suara, S. Kom.

Lokasabha VIII : (2010 – 2011)

Ketua    :  drg. Agus Santana

Lokasabha IX : (2011 – 2013)
Ketua    :  Putu Agung Susilo, S.Kom
Lokasabha X (2013 – 2015)

Ketua : Putu Wiratnaya

Lokasabha XI (2015-2017)

Ketua : Semarajana

Lokasabha XII (2017-2019)

ketua: Wayan Budi Arsana

Susunan Pengurus :

KOMPOSISI DAN PERSONALIA PENGURUS

PD KMHDI SULAWESI SELATAN

PERIODE 2019 – 2021