PC KMHDI Gorontalo

Nama PD/PC/Komisariat : PC KMHDI GORONTALO
Kode PD/PC/Komisariat : 316
Nama Ketua : I Kadek Yudiyana
Alamat : Jalan Yusuf Hasiru, Kel. Pulubala, Kec. Kota Tengah,

Kota Gorontalo – Kode Pos  : 96127

HP : 0856 5711 1209 (Ni Gusti Ayu Meidawati) 0853 4132 1252 (I Gusti Made Buana)

Provinsi : Gorontalo
Email : pc.gorontalo@kmhdi.org
Sejarah Terbentuk :

SEJARAH PC KMHDI GORONTALO

Organisasi merupakan suatu wadah yang menghimpun sekelompok orang dengan visi dan misi yang sama. Selepas menjabat sebagai ketua umum UKMH-DNC UNG di akhir tahun 2008, I Nengah Sadra berharap dapat membentuk sebuah organisasi yang dapat menyatuka mahasiswa Hindu yang ada di Wonosari dengan alasan dapat menyelesaikan  permasalahan yang terjadi di masyarakat. Akan tetapi usaha dan kerja keras yang telah dirintis mengalami kegagalan, hingga suatu ketika I Nengah Sadra menjalin suatu komunikasi dengan Gde Yogantara T.W.E yang merupakan ketua dari PD KMHDI Sul-teng yang sekaligus menjabat sebagai coordinator Departemen Organisasi di PP KMHDI. Berkat kanda Gde Yogantara T.W.E yang memberikan alamat website sehingga I Nengah Sadra memperoleh informasi terkait Organisasi KMHDI. Selangkah telah dilakukan hingga sebagaian informasi yang telah dibuka melalui website tersebut kian menjadi acuan untuk langsung disampaikan kepada teman-teman mahasiswa. Tepat pada bulan April 2009, I Nengah Sadra berkeinginan untuk membentuk organisasi KMHDI di Gorontalo. Dengan tekad dan kobaran semangat serta motivasi dari teman-teman lainya sekaligus kelancara komunkasi dengan kanda Yoga maka semua ini mendapat respon hingga sampai muncul wacana bahwa Presedium PP KMHDI akan turun langsung memantau kondisi mahasiswa Hindu di Gorontalo. Tetapi hal ini  ditunda karena beberapa alasan. Pada akhirnya Kanda Yoga menginformasikan bahwa telah dibentuknya tim Pembentukan PC KMHDI Kota Gorontalo di awal bulan September 2009.

Pada tanggal 4 September 2009 yang bertepatan dengan Purnama sasih ketiga, mahasiswa Hindu Gorontalo mengadakan pertemuan di Gelatik untuk memahami lebiih jauh terkait Organisasi KMHDI. Kegiatan tersebut diawali dengan agenda Ngelawar bersama dan Mejejahitan untuk ersembahyangan Purnama. Kegiatan ini dihadiri oleh 29 orang mahasiswa Hindu dari tiga Universitas. Pada kesempatan ini Presedium PP KMHDI (I Made Wirdiata) memberikan motivasi melalui telephone untuk lebih eksis dalam membuat kegiatan. Beliau juga memberikan penegasan bahwa Tim Pembentukan PC KMHDI Kota Gorontalo akan segera turun  untuk melakukan observasi sekaligus sosialisasi KMHDI pada tanggal 26 September 2009. Tim terdiri dari 4 orang yaitu: I Gde Yogantara T.E.W; I Komang Suanayasa; Adit Candra dan Gun. Tim tiba di Gorontalo pada pikul 10:00 wita dan melangsungkan sosialisasi Organisasi KMHDI pada pukul 11:00 wita. Pada kegiatan ini sebanyak 45 orang mahasiswa Hindu berhasil di kader menjadi anggota KMHDI. Kegiatan ini merupakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) 1 yang berlangsung selama 2 hari.

SABHA I PC KMHDI GORONTALO

Pada tanggal 30 April 2010, anggota KMHDI Komisariat Kota Gorontalo mengadakan pertemuan karena sudah adanya wacana baik dari PP KMHDI maupun Tim tentang pelaksanaan SABHA I KMHDI Kota Gorontalo.  Kegiatan ini kita laksanakan di Ruang Kuliah Matematika yang sempat tertunda dua kali. Agenda Pada pertemuan kali ini yaitu membentuk panitia pelaksana SABHA I. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 25 orang. Saat rapat dimulai sempat terjadi perdebatan yang alot mengenai pelaksanaan SABHA. Namun setelah dilaksanakan lobying akhirnya suasana mereda dan disepakati bahwa pelaksanaan SABHA yaitu tanggal 28 Mei 2010. setelah dilakukan voting terpilihlah saudara I Wayan Putra Ambara Sebagai Ketua Panitia SABHA. Pada tanggal 23 Mei 2010 panitia SABHA I PC KMHDI Kota Gorontalo di SK kan oleh PP KMHDI, dengan No Surat: 31/SK/KMHDI/V/2010.

Sesuai dengan rencana pada tanggal 28 Mei 2010 bertempat di Aula F MIPA diselenggarakanlah Sabha I PC KMHDI Kota Gorontalo yang di buka langsung oleh Presidium PP KMHDI (I Made Sri Wirdiata). Kegiatan ini dihadiri oleh PHDI Provinsi Gorontalo, salah Seorang Tim Pembentukan PC KMHDI Kota Gorontalo dan paraundangan  (PMII,  FKMT).  Dari kegiatan ini diperoleh hasil ketua umum terpilih PC KMHDI Kota Gorontalo Periode 2010-2012 adalah saudara I Nengah Sadra. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 61 orang.

PC KMHDI GORONTALO SETELAH SABHA 1

Setelah  sabha 1 dengan terpilihnya saudara I Nengah Sadra (ketua), I Made Mus Wijaya (sekretaris), KMHDI masih aktif mengadakan kegiatan. Kegiatan yang dilakukan seperti tirta yatra (2010) di pohuwato, kakilala, pemantapan materi  KMHDI di pantai molotabu, kajian-kajian materi KMHDI setiap hari sabtu sore bertempat di lapangan catur kampus UNG.

Seiring berjalannya waktu KMHDI  Kota Gorontalo juga dapat mengutus anggotanya dalam kegiatan TOT di makasar. yang mewakili adalah I Nengah  Sadra (ketua) dan I Wayan Ambara Putra (Anggota) . Bertolak dari kegiatan TOT di makasar, kader KMHDI di kota Gorontalo selanjutnya berinisiatif melakukan TOT local kota Gorontalo yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu (rabu dan sabtu malam pukul 19.00-21.00) wita) kegiatan ini berlangsung kurang lebih dua bulan setengah. Hingga akhirnya kegiatan TOT lokal tidak berjalan lagi. Dalam memeriahkan hari raya sarasvati PC KMHDI kota Gorontalo juga ikut andil dalam memeriahkannya yang dilaksanakan di desa Raharja, Bongo 2 Sub C, yang dirangkaikan dengan ultah UKMH DNC dan reorganisaasi kepengurusan DPP peradah Indonesia Gorontalo. Nah, disinilah sekretaris KMHDI kota Gorontalo ikut dalam debat dan menjadi kandidat tetap dan terpilih menjadi ketua DPP Peradah Indonesia Gorontalo (periode 2010-2013), sehingga kepengurusan KMHDI mulai diuji kegoncangan.

Kegiatan organisasi  KMHDI Gorontalo mandeg sejak satu persatu anggota dan kepengurusan muai menghilang ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu: (1) tamat belajar di perguruan tinggi dak kembali ke kampung (wisuda), (2) karena pecahnya tekad anggota yang menyisipkan rasa enggan untuk ikut nimbrung dalam organisasi ditambah lagi dengan lulusnya (wisuda) saudara ketua PC KMHDI kota Gorontalo dan megikuti seleksi CPNS di kabupaten Boalemo dan akhirnya ketua diberi kesempatan lulus PNS. Sejak itulah komunikasi, koordinasi yang terjadi hanya bersifat semu. Karena tumpuan awal PC KMHDI Kota Gorontalo terletak dibenak ketua, saudara ketualah yang mengetahui secara persis roda organisasi KMHDI di Goorntalo karena tulang punggung, pokoknya lepas sehingga anggota tulang yang lain terpencar dan bingung untuk bertanya kepada siapa. Sebab jalinan komunkasi sejak awal sebelum terbentuk hanya saudara ketua yang mengetahuinya.

Langkah praktis yang diambiL oleh ketua adalah mentransfer penglaman pribadi ke anggotanya, tahun 2010 bulan Agustus ditugaskanlah saudara Dewa Oka Suparwata dan I Wayan Budiarta untuk mengikuti kegiatan mahasabha VII di Bali. Tujuannya adalah agar anggota-anggota lain dapat memahami manajemen, seluk-beluk dan perputaran roda organisasi KMHDI. Bahwa intisarinya adalah agar sustainable organisasi selalu dapat langgeng di Gorontalo. Bertolak dari kegiatan mahasabha di Bali, komunikasi dan koordinasi di puncak pimpinan KMHDI Gorontalo mulai menyurut.  hal ini menjadi dilema di kalangan anggota. HIngga muncul inisiatif untuk melakukan MPAB lanjutan pada tahun 2010 dan jumlah anggota yang terekrut adalah 33 orang.

Untuk dapat melanjutkan koordinasi organisasi  antara kepengurusan, maka diadakanlah RAKORCAB dengan agenda pembahasan ialah pembentukan pergantian pengurus antara waktu, yang dihadiri oleh 26 jumlah anggota  KMHDI di kota Gorontalo. Hasil dari RAKORCAB ialah terpilihya saudara Dewa Oka Suparwata (sebagai sekretaris) dan I Kadek Sutaryana (sebagai wakil Sekretaris). Mulai sejak itu keadaan oraganisasi sudah mulai normal kembali, koordinasi dan komunikasi daerah dan pusat mulai terbentuk.

Berselang waktu yang tidak lama, punggawa-punggawa kader PC KMHDI kota Gorontalo mulai menghilang karena wisuda. Tersisa hanya anggota baru dan beberapa kanda-kanda di kesekretariatan ini sangat menyulitkan pergerakan dari kepengurusan dan anggota dalam melaksanakan kegiatan. Ditambah lagi karena fakrtor pendanaan yang sangat minim dimiliki oleh PC KMHDI kota Gorontalo hingga akhirnya organaisasi mengalami kebungkaman yang relative lama. Hingga pergantian kepengurusan PP periode 2010-2012 pun KMHDI kota Gorontalo belum bisa bangkit dari keterlenaan dan kebungkaman tanpa kegiatan yang pasti. PC KMHDI kota Gorontalo lambat laun mulai terkubur oleh rasa enggan dan dilema yang awal telah terjadi dan terjadi lagi. Kepekaan anggota akan ditutupnya organisasi ini mulai merambah dan terdengar satu persatu dari anggota. Hingga tahun 2013 PC KMHDI kota Gorontalo mendapat undangan TOT di sulut (Manado). PC KMHDI kota Gorontalo berusaha untuk mengutus salah satu anggotanyamelalui keputusan rapat yang dilaksanakan. Dari hasil rapat disepakati yang direkomendasikan untuk ikut  TOT adalah saudara Dewa Oka Suparwata dan Ni Made Rai Pradnyandari. Namun, kader yang diutus tidak dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan TOT karena keder DewaOka Suparwata ditarik kembali ke Gorontalo untuk mengikuti sidang ujian skripsi. Akhirnya dengan dasar itulah PP KMHDI pusat menyempatkan datang ke Gorontalo untuk dapat mengetahui dinamika yang terjadi di pucuk pimpinan KMHDI Gorontalo. PP yang ditugaskan untuk datang ke Gorontalo adalah I Gusti Ngurah Ari Bayu Pramana, S.Ag dan ditemani dari PD KMHDI sulut (saudara Igung). PP menyempatkan diri ke Gorontalo berawal dari keprihatinan akan kader-kader yang semangatnya semakin surut. Dengan momen yang baik itu kader PC KMHDI kota Gorontalo dikumpulkan kembali dan mendengarkan arahan, saran, serta masukan motivasi dari PP. Perbincangan yang terjadi sangat alot sampai muncul kata “Jika PC KMHDI kota Gorontalo tidak dapat melanjutkan lagi tapuk organisasi akan dibubarkanâ€Â. Dari situlah para panggawa KMHDI Gorontalo mulai tertantang kembali pertimbangannya bahwa organisasi yang telah terbentuk sangat sayang untuk dibubarkan. Sejak itu kader-kader KMHDI mulai lagi mengkaji problema-problema yang di hadapi. hingga kedatangan PP selanjutnya ke Gorontalo karena keberadan PC KMHDI ke Gorontalo belum juga  dapat bangkit dari ke  fakumanya. Di utuslah saudara I Kadek Adiawan (PP KMHDI) untuk kembali memastikan keajegan KMHDI di Gorontalo. Sempat juga terlontar akan di bubarkan organisasi KMHDI di Gorontalo atau membentuk PLT yang akan melanjutkan roda organisasi. Maka di sepakatilah bahwa PC KMHDI di Gorontalo sepakat membentuk PLT, dengan beberapa ketentuan yaitu

1.  kepengurusan PLT selama satu bulan

2.  PLT bertugas membuat MPAB dan SABHA luar biasa, dan

3.  PLT bertugas menkoordinir seluruh kegiatan oerganisasi baik antar anggota,  Pimpinan Daerah (PD) dan kepemimpinan pusat hingga terbentuk kepengurusan yang baru .

Dari terselenggaranya rapat tersebut, maka terpilihlah saudara I Kadek Sutaryana sebagai PLTketua PC KMHDI kota Gorontalo. Hingga PP bertolak kepusat kami selalu berkonsultasi berinteraksi dan berkoordinasi agar dapat menyelenggarakan hal-hal yang telah disepakati. Mulai saat itulah anggota mulai berusaha mengalang dana melalui kabid usaha dana untuk dapat menyelenggarakan MPAB. Tidak lama dari kedatangan PP (I Kadek Adiawan), PC KMHDI kota Gorontalo melaksanakan MPAB yang ke III (2013) dengan jumlah peserta kurang lebih 30 orang. Setelah MPAB kemudian diadakanlah DMO untuk kader PC KMHDI kota Gorontalo yang belum di DMO.  Berselang beberapa bulan pada Bulan Desember 2013 PC  KMHDI kota Gorontalomengutus 10 anggotanya untuk ikut TOT yang dilaksanakan di Palu-Sulawesi Tengah,  adapun anggota yang mengikuti kegiatan TOT yaitu I Kadek Sutaryana;  I  Putu Sudarma; I Putu N. Anggara; I Kadek Muliasa; Ni kadek Erawati; Ni Kadek Erdayani; Ni Kadek Widiasih; Ni Gusti Ayu Meidawati; Ni Kadek Sudiarti dan I Komang Agus Wirata.

Sepulang dari kegiatan TOT kader-kader KMHDI mulai bersemangat dan aktif kembali. Hal ini karena kader KMHDI kota Gorontalo telah dapat membandingkan bagaimana pergerakan kader mahasiswa di luar kota Gorontalo meskipun TOT yang diikuti masih dalam lingkup Regional Sulawesi. Jiwa semangat tersebut di adopsi menjadi sumbangsi pemikiran-pemiliran yang relevan dalam mengembangkan Organisasi untuk kemajuan umat Hindu, untuk ikut mendesain pemuda Hindu yang berkualitas.

Ujung dari tanggung jawab PLT yang telah terbentuk adalah membentuk kepengurusan baru dan melaksanakan SABHA. Maka pada tanggal 26 januari 2014 diselenggarakanlah SABHA ke II PC KMHDI kota Gorontalo yang dihadiri oleh PP KMHDI (I Kadek Adiawan, S.Si), PHDI Provinsi Gorontalo, penyuluh Agama, Pembina UKM Universitas Negeri Gorontalo, unsur tokoh Agama dan seluruh anggota PC KMHDI kota Gorontalo dan  peninjau diluar organisasi PC KMHDI kota Gorontalo. Dari SABHA ke II tersebut lahirlah kepengurusan baru dan terpilih Ni Gusti Ayu Meidawati (sebagai ketua), I Gusti Made Buana (sebagai sekretaris) dan personalia kepengurusan lainya di bentuk  yang di bantu oleh tim Formatur. Sejak itu PC KMHDI kota Gorontalo mulai berjalan mengikuti arah relnya dalam menciptakan suasana pengabdian untuk umat yang lebih baik demi kemajuan Hindu.

 

Susunan Pengurus :

KOMPOSISI DAN PERSONALIA PENGURUS

PIMPINAN CABANG KMHDI GORONTALO

PERIODE 2016 – 2018

 

Ketua : I Kadek Yudiyana

Sekretaris : Komang Sugianti

Bendahara : Ni Gusti Ayu Krisna Yanti

 

Bidang Organisasi

Koordinator : Ni Luh Komang Nadi Parwati

Anggota :

Ni Wayan Desni

I Wayan Wediyana

Ni Putu Desi Ayuni

I Ketut Kamis Swara

I Gede Sindu Pratama

 

Bidang Kaderisasi

Koordinator : I Wayan Umbarawata Ketua

Anggota :

Ni Nyoman Pujiani

Ni Nyoman Ayu Dewi

Ni Komang Devi Ardianti

I Nengah Swastika

I Gede Subawa

 

Bidang Penelitian dan Pengembangan

Koordinator : I Made Suryanta

Anggota:

Ni Luh Dian P. Dewi Anggota

Ni Kadek Dwi Meliawati

Ni Wayan Pini Purnawati

I Kadek Winarta

I Wayan Suardiana

 

Bidang Usaha Dana

Koordinator : I Gusti Ngurah Buda Yadnya

Anggota :

I Made Yogi Sanjaya

Ni Made Liya

Yesi Aprianti

Ni Nyoman Sriastuti

I Dewa Gede Widya Arta

 

Bidang Agama

Koordinator : Ni Kadek Nami

Anggota :

Ni Putu Maryanti

Niluh Mira Gunanti

Ni Komang Darmini

I Putu Wedayana

I Wayan Suwikarsa

 

Bidang Seni dan Budaya

Koordinator : I Wayan Agus Widiana

Anggota :

Ni Putu Yuni Vidianti

Wayan Budi Hartini

Ni Kadek Widnyani

I Wayan Wagita

I Wayan Putra Kresna Jaya