PC KMHDI Badung

Nama PD/PC/Komisariat : PC KMHDI BADUNG
Kode PD/PC/Komisariat : 304
Nama Ketua : I Gusti Lanang Putu Astawa
Alamat : Jl. Pantai Berawa, Br. Tegal Gundul No. 29, Kuta Utara, Badung, 80361, Bali.

Tlp.081238702004-085739318744, Email : pc.badung@kmhdi.org ll Web : www.kmhdi.org

Provinsi : Bali
Email : pc.badung@kmhdi.org
Sejarah Terbentuk : Geliat PC KMHDI Badung dimulai pada tahun 1996 yang pada jaman itu dibentuk oleh PD KMHDI Bali pada jaman itu ketuanya adalah Bli Udi Prayudi.  Sabha pertama PC KMHDI Badung di Aula STP Nusa Dua Bali terpilihlah I Made Ariawan Payuse (Bli Payuk) mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Berseketariat bersama di Jalan IB.Oka No.5 Denpasar dengan PD KMHDI Bali, PC KMHDI Denpasar dan FPMHD Udayana. Pada jamannya PC KMHDI Badung aktif menggelar demonstrasi terhadap kebijakan pemerintah. Setelah 6 bulan menjabat, kepemimpinan Bli Payuk berakhir dikarenakan terpilih sebagai Ketua KOSMA Fakultas Ekonomi Udayana dan laporan terhadap PC KMHDI Badung di pertanggung jawabkan oleh Bli Dek Bul.

Estafet kepemimpinan PC KMHDI Badung pun beralih dengan Sabha kedua yang terpilih sebagai ketua adalah I Wayan Arsajaya pada tahun 1997 untuk menggantikan Bli Payuse. Bli Arsa merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Seketariat  bersama di Jl. Ida Bagus Oka No. 5. Pada saat itu kegiatan berfokus pada kegiatan perekrutan kader ke kampus-kampus di wilayah denpasar dan badung saling bahu membahu dengan PC KMHDI Denpasar. Kegiatan PC KMHDI Badung pun aktif turun ke jalan untuk aksi terhadap issue seperti tahun 1998, penurunan Presiden Soeharto, demonstrasi pencalonan Megawati sebagai presiden, tendensi agama, kasus carang sari pembuatan golf.

Sabha ketiga terpilihlah Dewa Gede Putra Jayentika periode 2002-2005 yang merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Bali. PC KMHDI Badung masih berseketariat bersama di Jl. Ida Bagus Oka, polemik pun bermunculan di sekber  sehingga terjadi pembuatan peraturan bersama. Pada akhir kepemimpinan seketariat diminta kembali oleh Bapak Ida Bagus Oka dan harus mencari seketariat lainnya. Setelah meminta tempo waktu  akhirnya berseketariat di Jl. Drupadi dan akhirnya meminjam rumah alumni di Jl. Akasia. Pada jaman Bli Dewa teknik menjaring kader yaitu dari “Kost ke Kostâ€Â. Pada jaman ini KMHDI aktif melakukan kegiatan diskusi dengan PD Bali dan PC KMHDI Denpasar membentuk “Crew Asbronetâ€Â Asosiasi Broken Heart. Tidak dipungkiri bahwa jaman ini juga sempat mengalami kevakuman. Jika 1 orang diam dan yang lainnya akan menghilang secara perlahan.

Sabha keempat PC KMHDI Badung bertempat di Desa Pelaga, Petang dan terpilihlah srikandi pertama yaitu Ni Ketut Ayu Arsinitri yang merupakan mahasiswa pariwisata Universitas Udayana. Dalam kepemimpinan Mbok Ayu periode 2006-2008 didomninasi oleh kader-kader yang berasal dari Udayana dan Politeknik Negeri Bali. Saat itu PC KMHDI Badung berjuang untuk mendapatkan seketariat dan ditawarkan bantuan seketariat oleh alumni Bli Yande di Jalan Akasia V. Kegiatan-kegiatan internal kaderisasi KMHDI dapat dilakukan dengan baik tetapi kesulitan utama yang dihadapi adalah mengumpulkan teman-teman.

Sabha kelima Tongkat kepemimpinan PC KMHDI Badung periode 2008-2010 di pegang oleh srikandi kedua adalah Ida Ayu Md. Dharma Setiari, merupakan mahasiswa jurusan Matematika Universitas Udayana. Konsep yang dibangun secara garis besar adalah konsep Tri Hita Karana,. PC KMHDI Badung mulai menjalin komunikasi kembali dengan Pemerintah Kabupaten Badung salah satunya dengan melakukan dialog khusus antara KMHDI yang di fasilitasi oleh PC KMHDI Badung dengan DPRD Badung yang saat itu menangani kasus akan dibangunnya bangunan pariwisata di sekitar daerah Pura Uluwatu. Pada perjalanannya menemui banyak kesulitan mulai dari sedikitnya minat mahasiswa kampus wilayah Badung menjadi aktivis di luar wilayah kampusnya, hingga terjadi kevakuman organisasi hampir 1 tahun lamanya.

Dari banyaknya kesulitan dan proses yang lalui, PC KMHDI Badung melakukan beberapa observasi secara persuasif ke beberapa anggota dengan maksud mencari tahu apa sebenarnya masalah kaderisasi di KMHDI dan mengapa hanya sedikit alumni dan beberapa kawan-kawan aktivis organisasi dan mendapat beberapa solusi yaitu KMHDI harus meningkatkan eksistensi secara eksternal untuk setidaknya mampu dikenal oleh mahasiswa secara luas, KMHDI juga memposisikan diri sebagai organisasi mahasiswa Hindu dan mampu ikut serta dalam pengabdian kepada umat Hindu di Indonesia, KMHDI memberikan ruang yang lebih luas untuk anggotanya bisa berkreatifitas dengan cara yang menyenangkan, KMHDI meningkatkan lagi kualitas kaderisasi dan jaringan sehingga anggota mampu merasakan manfaat dari menjadi anggota KMHDI.

Sabha keenam PC KMHDI Badung bertempat di Gedung DPRD Badung terpilihlah I Kadek Adiawan yang merupakan mahasiswa jurusan Matematika Universitas Udayana. Bli Adi menjabat periode 2011-2013. PC KMHDI Badung berseketariat gabungan di Jl. Kenyeri Denpasar dengan PC KMHDI Denpasar. Menerima tongkat kepemimpinan dalam kondisi organisasi yang baru bangkit dan dengan kader-kader baru yang masih minim pengalaman di KMHDI tentu merupakan tantangan dan kerja keras untuk menjalankan organisasi. Kondisi jumlah kader yang terbatas ditambah dengan  aktifitas di kampus yang padat menbuat kondisi organisasi sulit  melaksanakan kegiatan. Dengan kondisi organisasi seperti ini, seluruh jajaran kepengurusan mengupayakan untuk melaksanakan kegiatan MPAB untuk memperbanyak kader dengan sebelumnya melaksanakan sosialisasi kekampus-kampus dan kemasing-masing Fakultas yang diawali dengan melakukan audiensi ke dosen-dosen agama. Upaya ini dilakukan agar nama KMHDI dikenal dikalangan kampus dan para dosen sehingga memudahkan untuk melaksanakan perekrutan kader KMHDI.

Belum banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada massa Kepemimpinan PC KMHDI Badung periode 2011-2013, ini dikarenakan massa kepemimpinan tidak berjalan sampai akhir periode kepengurusan. Bli Adi selaku ketua mengundurkan diri dengan hormat karena pada saat Mahasabha VIII di Jakarta  dipercayakan oleh kawan-kawan se-Indonesia terpilih sebagai salah satu Presidum Pimpinan Pusat dan harus tinggal di jakarta. Harapannya maju terus PC KMHDI Badung jadilah PC yang melaksanakan sistem Kaderisasi dengan baik dan benar dan tetap konsisten melaksanakan kegiatan demi kegiatan karna dengan kegiatanlah kita dapat belajar dan berproses untuk kematangan masing-masing kader kmhdi.

Sabha luar biasa terpilihlah I Ketut Bagus Arjana Wira Putra,S.S yang merupakan mahasiswa jurusan Arkeologi Universitas Udayana, bertempat di Ruang Gatriwara DPRD Badung periode 2013-2015. Berseketariat dengan meminjam alamat alumni Bli Tanju di Jalan Raya Padang Luwih No. 118 Dalung, Badung. Konsep kepemimpinan ini menuju BAGUS 1 (Berbudaya, Adil, Gerakan Asta Prasetya, Unggul, Satya Wacana menjadi satu kesatuan. Pada jaman ini PC KMHDI Badung sangat aktif mengadakan kegiatan internal PC KMHDI PD, PC Se Bali, Regional dan Nasional dan mengikuti kegiatan eksternal menjalin kerjasama dengan KPU Badung, Melakukan pengabdian masyarakat di Desa Jagapati, Audiensi dengan Pemerintah dan PTN/ PTS di wilayah kabupaten Badung. Hal yang diperjuangkan pada jaman ini adalah kasus pencurian pratima dan melakukan kajian atas kasus Reklamasi Teluk Benoa.

PC KMHDI Badung melaksanakan Sabha VII di DPD Bali dan terpilihlah sebagai Ketua baru yaitu Ni Putu Diah Prabawati, S.ST.Par. Kepengurusan PC KMHDI Badung 2015-2017 dengan mengusung konsep “Mangupura Viryam Jayemaâ€Â yang artinya Keberanian dan Kemengangan ada/bersumber dari Mangupuraâ€Â . Adapun kata VIRYAM saya kutip dari sloka Kitab Bhagawad Gita dapat dijabarkan sebagai berikut: Victory, Intellect & Integrity , Responsibility, Youthfull, Accountable, Move together.

Dari perjalanan tujuh mantan Ketua PC KMHDI Badung membuktikan bahwa dinamika organisasi tidak selalu mulus tetapi terdapat pasang surut dan memiliki karakteristik kepemimpinannya masing-masing. Ketika generasi muda menjadi sadar akan diri bagi perubahan bangsa maka disitulah ia harus mengisi diri dengan dengan hal positif. Organisasi ini menjadikan kita terampil untuk di pimpin dan memimpin. Menjadi sesuatu yang indah ketika dapat berkontribusi, belajar, berproses dan berkarma bersama dalam wadah KMHDI. Tidak ada Yadnya yang Sia-Sia, berkarmalah walau sekecil apapun.

 

Susunan Pengurus Masing-Masing Periode

  I.  PC KMHDI Badung (periode 1996-1997)

Ketua  : I Made Ariawan Payuse

  II.  PC KMHDI Badung (periode 1997-2000)

Ketua  : I Wayan Arsajaya, SE

  III.  PC KMHDI Badung (periode 2002-2005)

Ketua  : Dewa Gede Putra Jayentika

Sekertaris  : Ni Ketut Ayu Arsinitri

  IV.  PC KMHDI Badung (periode 2006-2008)

Ketua  : Ni Ketut Ayu Arsinitri

  V.  PC KMHDI Badung (periode 2008-2010)

Ketua  : Ida Ayu Md. Dharma Setiari

  VI.  PC KMHDI Badung (periode 2011-2013)

Ketua  : I Kadek Adiawan, S.Si

Sekertaris  : Pande Nyoman Handayani

Bendahara : Dewa Ayu Made Dwi Yanti Purnami

  VII.  PC KMHDI Badung (periode 2013-2015)

Ketua  : I Ketut Bagus Arja Wira Putra, SS

Sekertaris  : Pande Nyoman Handayani, S.Fam

Bendahara : Ni Nyoman Ayu Avalokitesvari

  VIII.  PC KMHDI Badung (periode 2015-2016)

Ketua  : Ni Putu Diah Prabawati, SST.Par

Sekertaris  : Ni Made Intan Wulandari

Bendahara : Ni Made Tanti Candra

Susunan Pengurus :

KOMPOSISI DAN PERSONALIA PENGURUS

PC KMHDI BADUNG PERIODE 2016 – 2018

 

Ketua : I Gusti Lanang Putu Astawa

Sekretaris : Ni Luh Wayan Novita Lestari

Wakil Sekretaris : I Putu Agus Fari Asnyana

Bendahara : Ni Made Bintariani

Wakil Bendahara : Ni Ketut Rai Asri Pertiwi

 

Ketua Bidang Organisasi :

I Putu Wisnu Ari Winanda

Anggota :

Putu Risky Pramana

Ni Made Sumaryani

Teddy Chrisprimanata Putra

Kadek Gupta Pujawan

Ni Wayan Sri Rahayu

I Wayan Raditya Sai Pratama

I Gede Dudik Susila

I Gede Wahyu Yoga Prawira

I Gede Ananda Wigraha

Ni Putu Resti Telasih

 

Ketua Bidang Kaderisasi :

I Gede Brahmanda Candrawiguna

Anggota :

Luh Putu Saptika Devi

Ni Kadek Suyanti

Gaura Hari Prasad

I Gusti Ayu Putu Kartika Dewi

Ni Wayan Gita Cahyanti

Saras Vati Devi Dasy

Made Shrinita Laksmi

Ni Putu Riza Oktayanti

Ni Putu Yuliani Megantari

Kadek Ayu Herliani

Anak Agung Intan Rahmasari

Ni Putu Intan Nirmalasari

 

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan :

I Wayan Etong Sanjay Wikrama

Anggota :

Ni Putu Gita Bonita Dewi

I Putu Gede Purnawa Dwipa

I Wayan Juniawan

I Dewa Gede Swastika

I Gede Yudha Pradipta

I Gusti Putu Arya Utama

Gerry Gunawan

I Gede Oka Nugraha

 

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat :

I Gede Yudi Arsawan

Anggota:

Dewa Ayu Made Santika Dewi

Kadek Asti Sukraeni

Ni Ketut Ayu Suksmawati

Ni Wayan Desi Putri Utari

Ayu Mirah Iswari Karna

Ni Wayan Pariani