Latar Belakang Kegiatan

Posted on Posted in INFORMASI

Pasraman berasal dari kata “asrama” (sering ditulis dan dibaca ashram) yang artinya tempat berlangsungnya proses belajar mengajar atau pendidikan. Pasraman merupakan lembaga pendidikan khusus bidang agama Hindu, karena pada sekolah formal, agama Hindu diajarkan sebagai ilmu pengetahuan, sedangkan dipasraman tidak sebatas ilmu pengetahuan, melainkan sebagai bentuk latihan disiplin spiritual dan latihan menata hidup yang baik, (Wikipedia, 12/2/2017).

 

Selain itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam agama Hindu, Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 Pasal 38 Ayat 1 Tahun 2007 menerangkan bahwa pendidikan agama Hindu merupakan pendidikan berbasis masyarakat yang diselenggarakan dalam bentuk pasraman, pesantian, dan bentuk lain yang sejenis. Begitu pula, merujuk pada Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 56 Tahun 2014, tentang pendidikan agama Hindu, sistem pendidikan yang disepakati adalah Pendidikan Keagamaan. Kata Pasraman digunakan untuk menunjukan identitas Hindu tentang sekolah formal, (Majalah Wartam Edisi 15, Mei 2016 oleh Putu Wawan).

Potret Pasraman (Sumber : Google)

 

Sehingga Pasraman sebagai lembaga pendidikan Hindu memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan agama Hindu. Pendidikan pasraman juga menekankan pada disiplin diri, mengembangkan akhlak mulia dan sifat-sifat yang rajin, suka bekerja keras, memupuk rasa persaudaraan dan kerukutan antar siswa serta gemar untuk menolong orang lain.

 

Pentingnya peran Pasraman dalam mendidik anak – anak generasi penerus agama Hindu, membuat kami dari Departemen Data dan Informasi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (Departemen DDI – KMHDI), “tergoyah” untuk membuat suatu kegiatan yang bertujuan mengupas peran penting pasraman serta proses pelaksanaan Pasraman diberbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini kami namakan Lomba Video Kreatif (LVK) KMHDI tahun 2017 dengan mengambil tema “Potret Pasraman sebagai Media Pendidikan Agama Hindu”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *