Tingkatkan Budaya KALASI PC KMHDI Makassar Adakan Diskusi Cinta Beda Agama dan Beda Kasta

Makassar, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Makassar mengadakan KALASI (KAjian Lebih ASik) yang bertemakan “Cinta Beda Agama dan Kasta” sebagai upaya untuk meningkatkan budaya literasi yang lebih asik serta manambah pengetahuan kader sebagai generasi Hindu mengenai kedua hal tersebut, Minggu (19/01).

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 20.00 – 23.03 WITA bertempat di Pura Giri Natha Makassar yang diikuti oleh 24 orang kader PC KMHDI Makassar. KALASI diawali dengan menonton video bersama lalu dilanjutkan dengan diskusi bersama serta sesi tanya jawab.

Setelah menonton video Bapak Nyoman Maker selaku pemateri kembali menegaskan mengenai cinta beda agama dan kasta. “Agama tidak membatasi cinta tetapi agama membatasi perkawinan yang jelas diatur di dalam UU Perkawinan itu sendiri. Sedangkan berbicara mengenai kasta, kasta ini tidak bisa ditolak karena hidup ini butuh ketertiban. Maka kasta ini ada dan dibentuk secara struktural”. Jelas Bapak Nyoman Maker selaku pemateri.

Konten video dan beberapa penjelasan dari pemateri tentunya memunculkan antusiasme peserta untuk berdiskusi, Deni Prajaya salah satu kader KMHDI PC Makasar mempertanyakan mengenai relevansi cinta beda kasta di era saat ini. ”Menurut saya pribadi, cinta beda kasta ini tidak relevan lagi di era saat ini. Mengapa demikian karena dengan melihat sejarahnya cinta beda kasta ini awalnya berasal dari kerajaan Bali dan sekarang itu sudah tidak ada lagi. “Ungkap Deni Prajaya.

Tidak hanya cinta beda kasta yang memunculkan banyak pertanyaan tetapi cinta beda agama, dimana cinta beda agama ini memang banyak generasi muda yang mengalami. ”Banyaknya umat Hindu yang pindah agama ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman kita mengenai ajaran agama itu sendiri”. Jelas Bapak Nyoman Maker.

Diskusi ini diakhiri oleh sesi foto bersama dan tentunya diharapkan agar dapat dilaksanakannya lagi kajian Lebih asik di sesi berikutnya.

Komentar Anda