The Epitome of Global Peace & Harmony

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia ( PC KMHDI Kota Ambon ) menggelar Seminar Bhagavad-Gita pada Sabtu (23/XI/2019) kemarin, bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura yang diikuti sebanyak 50 orang peserta. Seminar Bhagavad-Gita ini mengambil tema “The Epitome of Global Peace & Harmony”

Bagi PC KMHDI Ambon perlu di adakanya Seminar Bhagavad-Gita Dalam rangka menyambut hari kemunculan Bhagavad gita, yang dikenal dengan nama hari Gitajayanti, yang di Indonesia akan dirayakan secara nasional pada 14 Desember 2019 di Denpasar, Gitajayanti sendiri adalah festival yang digagas oleh Perkumpulan ISKCON Indonesia yang sudah digelar untk yang ke-5 kalinya secara Nasional. Serangkaian acara dan kegiatan seperti perlombaan membaca sloka Bhagavad gita, Gita Camp untk anak-anak sekolah dalam usaha mengenalkan lebih jauha ajaran dan nilai-nilai luhur Bhagavad gita, seminar, Gita Aksi dan Gitajayanti puncak sebagai penutup rangkaian festival.

Tampak seminar Bhagavad-Gita ini diisi oleh beberapa petinggi lembaga Kepala Biro Pendidikan selaku perwakilan rektor UNPATI, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi, Pembimas Hindu selaku moderator, Bapak Made Yagustana selaku perwakilan alumni KMHDI serta beberapa tamu undangan dan para pemuda dari organisasi DPMF, BEM, dan OKP Cipayung Plus Kota Ambon. PC KMHDI Ambon Menghadirkan Narasumber Bpk. I Gede Mudiasa, S.Kom. seorang praktisi Bhakti Yoga dan juga anggota dari Perkumpulan ISKCON Indonesia.

Acara seminar dibuka oleh Bpk. Dani Nanuru Kabiro AKPHM yang mewakili Rektor Universitas Pattimura. Dilanjutkan dengan pemaparan materi semala kurang lebih 60 menit. Narasumber menyampaikan betapa pentingnya pengetahuan rohani Bhagavad gita untuk membentuk karakter dan pikiran yang damai pada tingkat individu. Seperti juga dikutip dari pernyataan tokoh-tokoh perdamian dunia, bahwa kedamian dan kebahagiaan global hanya bisa terwujud apabila setiap individu damai dalam pikirannya dan mendapatkan kebahagiaan hidup yang sebenarnya. Yaitu kebahagiaan yang bersumber pada sang diri (roh/jiwa). Kebahagiaan ini hanya bisa dicapai dengan kedamaian pikiran yang selalu terhubung dengan sumber kebahagiaan yang sejati yaitu Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini juga dibenarkan dalam ajaran Bhagavad gita. Lebih lanjut Bhagavad gita juga mengajarkan tiga rumus kedamaian abadi. Inilah yang berusaha dibagikan dalam acara seminar tersebut. Dengan memberikan pengetahuan kesadaran ketuhanan untuk mengetahui identitas kita yang sebanarnya sebagai sang roh/jiwa, maka pada tingkatan pengetahuan dan kesadaran itulah kita bisa menyadari bahwa kita semua adalah bersaudara, sebagai anak-anak Tuhan yang harus saling mencintai dan menghormati. Universal brotherhood.

Sesi tanya jawab disambut dengan penuh semangat. Para peserta seminar mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengugah perhatian kita semua. Mulai dari yang paling sederhana, apa sebenarnya itu Bhagavad gita? Apa yang ajarkan sampai pertanyaan yang menjadi inti dari seminar tersebut, bagaimana Bhagavad gita bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik dalam usaha kita mewujudkan perdamaian dan keharmonisan individu dan global.

Semua pertanyaan-pertanyaan yang muncul ditanggapi oleh narasumber dengan penjelasan yang disertai dengan contoh-contoh yang prastis yang bisa dijalankan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebagai penutup, diberikan cindramata berupa buku Bhagavad gita Menurut Aslinya terjemahan, His Divine Grace A.C Bhaktivedanta Swami Prabhupada, kepada para peserta yang telah mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbaiknya.

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Kota Ambon, selaku panitia pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan tersebut. Secara khusus kepada pihak kampus Universitas Pattimura, dan Fakultas Ekonomi yang telah berkanan memberikan fasilitas gedung dan sarana lainnya. Terima kasih kepada Perkumpulan ISKCON Indonesia yang telah memberi dukungan semangat dan buku-buku Bhagavad gita Menurut Aslinya.

Komentar Anda