PC KMHDI Yogyakarta Gelar MPAB ke-XII

PC KMHDI Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu, 19 Oktober 2019 kemarin mengadakan MPAB yang ke XII. Tujuan diadakanya acara MPAB ini guna menjaring seluruh kader muda Hindu yang ada di Yogyakarta khususnya agar nantinya kader tersebut dapat belajar berorganisai melalui KMHDI sendiri. MPAB kali ini diadakan di Wantilan Pura Vainkuntha Vyomantara(Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta).

Peserta mulai melakukan registrasi pada jam 08.00 WIB setelah itu diikuti dengan acara pembukaan yang dihadiri juga oleh PP KMHDI dan dibuka oleh pengempon Pura Vaikuntha Vyomantara. Setelah itu peserta menuju ke pos-pos untuk mengikuti rangkaian materi beserta game yang telah disiapkan oleh panitia dan pemateri. Terdapat 5 pos yang masing masing pos terdapat materi yang berbeda, tidak hanya materi saja, saat sampai di pos peserta langsung di ajak bermain game guna menambah semangat peserta. Antusias peserta sangat luar biasa, acara berjalan meriah. Selain itu pada puncak acara panitia mengadakan pensi guna memeriahkan acara MPAB ini, tentunya diikuti dengan pembagian hadiah untuk kelompok terbaik, peserta teraktif dan pemenang pensi.

Pos 1 diisi dengan materi Sejarah KMHDI dan PC KMHDI Yogyakarta yang dibawakan oleh Lalita Dewi Damayanti dan didampingi oleh I Gede Made Oko Wirawan, tidak hanya materi yang disampaikan di pos 1 melainkan selesai materi disampaikan kemudian diberikan game yang berisi gambaran materi yang telah disampaikan. Tujuanya adalah agar peserta dapat benar benar paham tentang materi yang telah disampaikan.

Setelah dari pos 1 kemudian perserta sirkulasi ke pos 2 yang diisi materi tentang Purwaka AD/ART KMHDI yang dibawakan oleh Ni Luh Putu Diah Putri Rahayu dan didampingi oleh Ni Komang Febiola Devi Savitri. Sesampainya di pos 2, peserta langsung diajak untuk bermain game yang menyenangkan untuk menghibur peserta MPAB. Setelah game selesai dilanjutkan dengan penyampaian materi. Pesertapun sangat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri dan juga ada yang menjawab pertanyaan.

Lanjut sirkulasi ke pos 3 yang diisi materi tentang Struktur dan hubungan kelembagaan KMHDI yang dibawakan oleh I Ketut Muliana dan didampingi oleh Dewa Gede Nata Raditya. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan game yang dipandu langsung oleh pembawa materi. Game yang dimainkan sangat seru dimana tujuan game tersebut adalah melatih kekompakan agar nantinya dapat diimplementasikan dalam proses berorganisasi. Setelah itu dilakukan persembahyangan bersama yang dipimpin langsung oleh peserta MPAB, begitu semangatnya peserta ini. Setelah persembahyangan dilanjutkan makan siang bersama dengan khitmat.

Lanjut ke pos 4, di pos ini tidak ada sirkulasi karena tempatnya sama dengan pos 3. Materi di pos 4 yaitu tentang Bentuk, Tujuan, dan Atribut KMHDI yang dibawakan oleh Kadek Isna dan didampingi oleh Ni Komang Tuti Handayani. Di materi kali ini banyak diisi menggunakan pantun. Sepertinya pemateri yang satu ini pandai beradu pantun.

Pada pos 5 materi yang disampaikan tentang Untuk Apa Saya dan Anda Berada di KMHDI yang dibawakan oleh Komang Sumertha Wyasa dan didampingi oleh Pande Kadek Cahya Wisnu Murti. Setelah selesai penyampaian materi pos 5 di lanjutkan dengan persiapan untuk acara pensi. Tema pensi yang di tampilkan tiap kelompok adalah Akustikan, Puisi bersambung, Adu pantun, Drama, Tari/Dance, Pantonim. Setelah itu diberikan hadiah untuk kelompok terbaik, pensi terbaik dan peserta terbaik. Acar terakhir yaitu pelantikan peserta MPAB dengan mengucapkan Asta Prasetya Brahmacarya dan penciuman bendera.

Dengan berjalanya kegiatan MPAB yang ke XII ini, diharapkan kader muda KMHDI ini dapat mengasah bakatnya dalam berorganisasi. Dapat mencerminkan nilai – nilai dasar yang ada di KMHDI sendiri.

Komentar Anda