PD KMHDI Kalteng menghimbau pemerintah daerah harus serius tangani Karhutla di wilayah Kotawaringin

Banyak persoalan bangsa sampai hari ini harus menjadi perhatian kita semua, seperti halnya Kebakaran Hutan yang masih menjadi polemik permasalahan yang harus di perhatikan lebih serius oleh para pemangku kepentingan.

Handi Wijaya selaku ketua PD KMHDI Kalteng menyikapi permasalahan yang terjadi “pembukaan lahan besar-besaran menjadi momok masalah terjadinya Karhutla terkhusus di Kalimantan Tengah yang mempunyai perusahaan berskala besar seperti sawit yaitu di daerah Kotawaringin. Seperti halnya Sampit dan Pangkalanbun. Sampai saat ini para petani masih jadi kambing hitam atas kebakaran hutan yang terjadi, padahal sejatinya orang dayak dari dulu-dulu membakar hutan seperlunya untuk keperluan berladang, tapi hari ini banyak corporate yang mengatasnamakan petani yang dengan sewenang-wenangnya membuka lahan besar-besaran.

Terkhusus di sampit beberapa hari yang lalu jarak pandang kisaran 20km. Beredar juga video dengan pengendara kendaraan bermotor menabrak pohon kelapa sawit di arah kota sampit, akibat gangguan penglihatan.

Permasalahan Karhutla ini harus di perhatikan secara serius oleh pemerintah daerah maupun pusat, karena akan berdampak pada semua komponen.

Pihak pemerintah juga bekerja sama dengan pihak kepolisian harus menindak tegas para pelaku pembakaran hutan.

“Menghimbau kepada masyarakat pada di Kalimantan tengah harus menjaga kesehatan dan jangan lupa menggunakan masker jika berpergian”. Tutupnya

Komentar Anda