Kunjungan Daerah KMHDI Sumsel, Membangun SDM Hindu Melalui Pasraman

Kecamatan Air Salek, Banyuasin.KMHDI masih konsisten dengan tekad dalam membangun SDM muda Hindu Melalui Pasraman-Pasraman di daerah Sumsel. 30 Juni 2019, Kunjungan Daerah KMHDI Sumsel Kembali terlaksana di kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin, melalui Biro Organisasi dalam program “Kunjungan Daerah”, kader-Kader KMHDI Sumsel tergerakan dan Berangkat menuju ke lokasidengan transportasi andalan yaitu sepeda motor dengan waktutempuh 5 jam lebih dari kota Palembang dengan akses jalan Persawahan ketika memasuki daerah kecamatan Air Salek.

Kegiatan kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi Pendidikan, materi agama, kesehatan dan etika dasar umat Hindu. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak pasraman yang masih duduk di bangku sekolah. Selain siswa pasraman, orang tua dan tokoh agama yang lain ikut hadir dan aktif berdiskusi, acara ini dilakukan di pura desa. Semangat dan antusias dari anak anak muda generasi Hindu dan para orang tua sangatlah besar, dapat dilihat dari banyaknya orang tua yang masih menunggu acara sampai selesai.

Umat Hindu di Kecamatan Air Salek dengan kondisi ekonomi menengah, Mayoritas berprofesi sebagai petani dan berkebun. Jauhnya akses dari daerah ke kota membuat desa ini sulit untuk maju dan berkembang. Di bidang Pendidikan nonformal, pasraman menjadi satu-satunya tempat belajar agama Hindu bagi anak-anak di Kecamatan Air Salek, namun tidak didukung dengan buku-buku sebagai refrensi bacaan. Guru pasraman yang mengajar hanya mengenyam Pendidikan SMA. Keterbatasan ini membuat umat harus mampu dan bertahan menggunakan fasilitas dan SDM yang seadanya hari ini.

Kehadiran Kader-Kader KMHDI Sumatera Selatan adalah untuk memberikan Energi bagi pelajar dan pemuda di daerahdalam bentuk motivasi di bidang Pendidikan dan wawasan umum. Kondisi yang masih belum layak secara fasilitas dan SDM di daerah tertinggal seperti ini membuat KMHDI turun kedaerah untuk berkontribusi bagi pembangunan SDM Hindu kedepan. Kehadiran Kader-Kader KMHDI yang berasal daridaerah-daerah ini membuat akses ke daerah-daerah lain yang tertinggal di Kabupaten Banyuasin sangat dekat, dan dapat memaksimalkan perannya sebagai mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata bagi umat Hindu yang ada di sekitarnya. Kunjungan ini merupakan investasi bagi SDM Hindu dimasa yang akan datang. Pembangunan tersebut harus dimulai sejak dini dan dari sekolah nonformal Hindu yaitu Pasraman.

Komentar Anda