PD KMHDI SUMSEL Dan PC KMHDI OKU Lakukan Pembinaan Pesraman

Kunjungan dan pembinaan pasraman di desa-desa menjadi program rutin PD KMHDI SUMSEL dalam satu tahun terakhir, dan pada saat ini 15-16 Juni 2019, PD KMHDI Sumsel Melaksanakan Kunjungan danPembinaan Pasraman di Desa Tanjung Sari Buwai Pemaca OKU Selatan.Kunjungan PD KMHDI SUMSEL kali ini dilaksanakan bersama dengan PC KMHDI OKU yang bersekretariat di Baturaja dengan jarak tempuh yang tidak jauh dari tempat kunjungan dilaksanakan, dengan jarak tempuh menggunakan mobil selama 8 jam dari kota Palembang. Kondisimedan yang berbukit membuat waktu tempuh menjadi lebih lama.

Kegiatan kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi Pendidikan, materi agama, kesehatan dan etika dasar umat Hindu. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak pasraman yang masih duduk di bangku sekolah. Selain siswa pasraman, orang tua dan tokoh agama yang lain ikut hadir dan aktif berdiskusi, acara ini dilakukan di pura desa. Semangat dan antusias dari anak anak muda generasi Hindu dan para orang tua sangatlah besar, dapat dilihat dari banyaknya orang tua yang masih menunggu acara sampai selesai.

Kondisi umat di desa Tanjung Sari ini berjumlah 32 Kepala Keluarga, dengan kondisi ekonomi menengah. Mayoritas berpropesi sebagai petani dan berkebun. Jauhnya akses dari daerah ke kota membuat desa ini sulit untuk maju dan berkembang. Dibidang Pendidikan nonformal, pasraman menjadi satu-satunya tempat belajar agama Hindu bagi anak-anak di desaTanjung Sari, namun tidak didukung dengan buku-buku sebagai refrensi bacaan. Guru pasraman yang mengajar hanya mengenyam Pendidikan SMA. Keterbatasan ini membuat umat harus mampu menggunakan fasilitas dan SDM yang ada hari ini.

Kehadiran PD KMHDI Sumatera Selatan dan PC KMHDI UKU adalah untuk memberikan motivasi di bidang Pendidikan dan wawasan umum. Kondisi seperti didesa Tanjung Sari yang masih belum layak secara fasilitas dan SDM, kondisi di daerah tertinggal seperti ini membuat KMHDI turun kedaerah untuk berkontribusi bagi pembangunan SDM Hindu kedepan. Kehadiran PC KMHDI OKU yang berdomisili di batu raja membuat akses ke daerah-daerah lain yang tertinggal di Kabupaten OKU Selatan, OKU, dan UKU Timur sangat dekat, dan dapat memaksimalkan perannya sebagai mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata bagi umat Hindu yang ada di sekitarnya. Kunjungan ini merupakan investasi bagi SDM Hindu dimasa yang akan datang.Pembangunan tersebut harus dimulai sejak dini dandari sekolah nonformal Hindu yaitu Pasraman.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *