Peringati Hardiknas 2019, PC KMHDI Badung Goes to SDN 5 Belok

Pemerintah saat ini giat meningkatkan pendidikan di pelosok negeri dan kami KMHDI pun turut ambil andil menyukseskannya dalam bentuk KMHDI Mengajar. PC KMHDI Badung ikut terlibat menyelenggarakan KMHDI Mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 5 Belok pada Sabtu, 04 Mei 2019. SDN 5 Belok terpilih menjadi sasaran lokasi mengajar kali ini karena dari hasil survei beberapa SD terpelosok di wilayah Badung, SD inilah yang dirasa paling layak untuk dibantu, dari segi lokasi, SD ini berada jauh dari suasana perkotaan, rumah – rumahpun sangat jarang diketemukan, di sepanjang jalan kami disuguhkan dengan indahnya alam ciptaan Tuhan yang mampu dikelola dengan baik oleh warga sekitar, dari segi sokongan demografis, SD ini berada di 1 (satu) banjar yang mana jumlah warganya sedikit bahkan SD ini hanyalah memiliki 38 siswa yang notabenenya berasal dari kelas 1 s.d. 5 sedangkan kelas 6 tidak ada padahal SD ini sudah berdiri sejak tahun 80-an, dari segi fasilitas, fasilitas SD ini masih sangat sederhana, ruang kelasnya pun hanya berjumlah 3 kelas saja dan direncanakan akan mendapatkan fasilitas penunjang pada tahun berikutnya.

Adik – adik SDN 5 Belok sangat antusias, sangat bersukacita atas kehadiran KMHDI ke tengah – tengah aktivitas belajar mereka. Ini pertama kali mereka terjamah oleh orang – orang kota yang ingin berbagi pengetahuan dengan mereka, kata Kepala SDN 5 Belok, Bpk. Santren pada saat memberikan sambutan. Pembukaan dilakukan di halaman sekolah yang terbilang tidak terlalu luas. Saat sesi menyanyikan lagu Indonesia Raya, adik – adik SD langsung melakukan posisi hormat kepada sang saka merah putih yang terkibar pada tiang bendera yang cukup berkarat, pada saat itulah kami PC KMHDI Badung merasa terketuk hatinya akan semangat kebangsaan yang mereka tujukan. Jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota tidak menghilangkan budaya cinta akan bangsa.

Kami berbagi pengetahuan terkait calistung (kls 1, 2, 3), pancasila dan toleransi (kls 4 dan 5), praktik pelajaran keagamaan (mejejaitan putri dan membuat klakat), pelajaran keagamaan (pengetahuan tri kaya parisudha dan panca sradha). Setiap akhir kegiatan pembelajaran, dilakukan sesi cerdas cermat. Adik – adik sangat antusias, terutama pada saat pembagian buku pelajaran apabila jawaban yang mereka lontarkan benar. Animo kegembiraan semakin meningkat pada saat perpustakaan keliling milik Pemkab Badung datang, mereka secara bergantian berlari keluar kelas untuk mendapatkan urutan terdepan dalam memilih buku bacaan, rak buku pun tidak terasa ternyata sudah mengalami kekosongan ¾ bagian. Kakak – kakak KMHDI turut mendampingi mereka membaca terutama untuk anak kelas 1. Wajah penuh senyum terpancar dari adik – adik SDN 5 Belok. Akhir kegiatan kami melakukan pembersihan ruangan dan memberikan beberapa awards kepada adik – adik SDN 5 Belok dan menyerahkan kenang – kenangan kepada kepala SDN 5 Belok. Berat rasanya melepas kebersamaan yang terjalin walaupun hanya beberapa jam saja, ingin rasanya melihat mereka sukses di masa depan.

 

 

 

Komentar Anda