KMHDI Mengajar Komisariat Banyuwangi

Komisariat banyuwangi, rabu 1 mei 2019 telah melaksanakan kegiatan KMHDI MENGAJAR kegiatan itu dilaksanakan di Pura Dharma Yanti dsn. Sumber Agung ds. Sumber Agung kec. Songgon. Yang diikuti oleh 13 siswa pasraman romo mangku dan pengemong pura.
KMHDI Komisariat Banyuwangi mengambil tema “penguatan sradha dan susila untuk membentuk karakter generasi penerus hindu” materi yang pertama yaitu panca sradha dan yang kedua trikaya parisudha.
Sebelum masuk kemateri kita melakukan persembahyangan bersama, tujuannya sebagai pembiasaan dan membentuk karakter yg religius. Materi pertama yaitu panca sradha di bawakan oleh Galuh Hadi S. dan Melania N. Pembawaan materi disampaikan secara jelas sambil bernyanyi sehingga membuat siswa mudah menghapal materi dan merasa senang.
Kedua yaitu trikaya parisudha dibawakan oleh Marta Ayu S. dan Intan Anggasari model pembelajarannya sama yaitu materi dan bernyanyi. Karena pada waktu pelaksanaan masih sisa kita mengadakan tanya jawab tentang materi dan Siswa ada yg ingin tau mengenai yoga asanas maka ada penambahan yaitu materi sekilas tentang yoga asanas yg dibawakan oleh Marta Ayu S. dan Mahatma siswa pun juga sangat antusias mengikuti materi. Sebelum ditutup kita melakukan motivasi betapa pentingnya persaudaraan dan disampaikan lewat lagu
vasudaivah kutum bhakam
Kita semua bersaudara
Bhineka tunggal ika
Berbeda tetap satu jua
Lokah samastah sukino bhawantu
Agar semua bahagia.
Evaluasi pada waktu pelaksanaan pemberi materi belum tersusun rapi, siacara tidak membuat jadwal acara dan rundown sehingga membuat bingung.
Harapan semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan merabah kepasraman lainnya yg dimana butuh pengajar dan semoga siswa pasraman kemarin dapat menularkan materi yg di dapat ke teman yg blom bisa hadir di pasraman kemarin.

Komentar Anda