Hari Pendidikan, KMHDI SUMSEL: Wujudkan Pendidikan Berkeadilan Bagi seluruh Rakyat Indonesia

Salah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa” yang menjadi dasar utama bagi Pimpinan Pusat KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia) periode 2018-2020 kembali menghimbau kepada seluruh Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang KMHDI untuk melaksanakan program KMHDI Mengajar secara serentak.

Empat desa pinggiran beberapa kabupaten di provinsi Sumatera Selatan menjadi sasaran KMHDI Sumatera Selatan dalam program KMHDI Mengajar. Tiga desa ini dipilih dengan alasan kurangnya akses pendidikan serta kurangnya perhatian dari Pemerintah setempat. Empat desa yang menjadi sasaran KMHDI Sumatera Selatan diantaranya Desa Sumber Rejo Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Desa Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Iir, Desa kayuara Batu Kabupaten Muara Enim dan Desa Sido Dadi  Kabupaten Musi Rawas dengan medan perjalanan yang ditempuh dalam waktu yang tidak singkat, Kamis (2/5).

Tidak meratanya kemudahan mengakses Pendidikan membuat masih banyaknya anak-anak didesa yang harus putus sekolah karena biaya, jarak tempuh kesekolah dan keterbatasan tenaga pendidik di daerah tersebut. Pendidikan yang mudah diakses di kota menjadi mahal bagi mereka anak desa yang harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan Pendidikan, yang seharusnya menjadi tanggung jawab bagi pemerintah.

Program KMHDI mengajar yang dilaksanakan oleh KMHDI Sumatera Selatan adalah untuk menembus batas keterisoliran daerah dan menyuarakan Pendidikan yang demokratis dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, masyarakat harus merasakan keberadaan negara sebagai penyedia layanan Pendidikan di negeri ini.

Materi yang disampaikan adalah tentang agama dan ateknologi, etika dan sopansantun wawasan kebangsaan serta pentingnya Pendidikan untuk masa depan. Dengan harapan akan semakin besarnya tingkat kesadaran masyarakat untuk mengenyam Pendidikan. Dengan keterbatasan yang ada Pendidikan yang demokratis dan berkeadikan harus terus disuarakan agar dapat diraakan oleh seluruh masyarat Indonesia,.

Komentar Anda