Tolak Hoaks, Isu SARA dan Politik Uang, PC KMHDI Kendari Aksi Turun ke Jalan

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Kendari ( PC KMHDI KENDARI) turun aksi dalam Aksi Serentak KMHDI se-Indonesia di 20 Provinsi dan di 51 titik aksi, guna mewujudkan pemilu yang damai dan menjaga persatuan nasional serta melaksanakan demokrasi Pancasila untuk demokrasi yang demokratis.
Aksi ini dilakukan di perempatan wali kota kendari, Sulawesi tenggara, pada hari jumat kemarin (22 maret 2019).
Aksi damai ini dimulai dari pukul 15:00 WITA dimana masa aksi berkumpul di sekretariat PC KMHDI KENDARI dan kemudian bersama-sama menuju perempatan Wali Kota Kendari untuk melaksanakan aksi hingga pukul 17:00 WITA.
“pemilu harus mendorong rakyat untuk cerdas dalam berpolitik. Esensi pemilu sepenuhnya untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kerabat apalagi korparat,” kata Gede Budi Muliantika (Korlap).
Gede menambahkan, “kami mengharapkan terwujudnya pelaksanaan pemilu damai tanpa politik uang dan isu sara, untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia.”

Aksi serentak ini merupakan gerakan moral atas kesadaran mahasiswa Hindu terhadap pentingnya peran pemuda mahasiswa dalam perpolitikan di Indonesia, karena pastisipasi pemuda dalam pemilu akan menentukan arah perpolitikan nasional dan nasib Bangsa Indonesia kedepan.
Untuk itu dalam Aksi serentak ini KMHDI Menyatakan Lima sikap yang disebut “PANCA SIMA” (Lima Sikap Mahasiswa)
1 Kembali ke Demokrasi kerakyatan yang berdasarkan Pancasila.
2 Pemilu harus mendorong rakyat untuk cerdas dalam berpolitik, Esensi Pemilu sepenuhnya untuk kepentingan rakyat bukan untuk kerabat apalagi korporat.
3 Menghimbau kepada rakyat untuk mengedepankan kepentingan bersama (cita-cita bersama melalui pemilu) ketimbang larut dalam konflik beda pilihan.
4 Mendorong kepolisian republik Indonesia untuk lebih mengantisipasi konflik horizontal antar masyarakat sebagai imbas dari pemilu baik sebelum ataupun sesudah pelaksanaan pemilu.
5 mendorong pelaksanaan pemilu damai dan menjaga persatuan nasional.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai