PP KMHDI Segerakan Bentuk Komisariat KMHDI di Klaten

Bertempat di Gedung PHDI Kabupaten Klaten, PP KMHDI kembali melebarkan sayapnya di tanah Jawa melalui kegiatan Leadership Camp 1.0 KMHDI. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Hold The Future With Your Hand’ tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua PHDI Kabupaten Klaten, Bapak Ir. IGG Hendrata Wisnu MMR. Wisnu sangat berharap mahasiswa Hindu baik di Klaten maupun Solo bisa semakin banyak yang ikut bergabung dalam pembentukan KMHDI di Klaten.

“Saya sangat menyambut baik kehadiran PP KMHDI di Kabupaten Klaten. Selaku ketua PHDI Kabupaten Klaten saya juga sangat mendukung jika di Klaten bisa memiliki KMHDI sebagai organisasi yang dapat mewadahi mahasiswa Hindu yang ada disini” ungkap Wisnu dalam sambutannya.

“KMHDI adalah wadah pembelajaran bagi mahasisawa Hindu. KMHDI bukanlah organisasi yang akan menghilangkan UKM Hindu, KMHD maupun BEM Hindu yang dimiliki masing-masing kampus tetapi KMHDI adalah organisasi yang akan menjadi pengayom organisasi mahasiswa Hindu kampus untuk bisa berbicara di level yang lebih tinggi lagi. KMHDI ibarat sebuah rumah dan UKM Hindu, KMHD maupun BEM Hindu adalah kamar-kamar yang ada didalam rumah tempat mereka bernaung” ucap ketua Presidium PP KMHDI I Kadek Andre Nuaba.

Dalam kesempatan itu Andre juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak PHDI Klaten yang turut mendukung terlaksananya kegiatan pembukaan Mahasabha XI KMHDI yang dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia di Yogyakarta pada Agustus 2018 lalu.

“Saya mewakili rekan-rekan PP KMHDI mengucapkan banyak terimaksih kebada bapak Wisnu selaku ketua PHDI Klaten yang telah membantu mengirimkan peserta menggunakan 3 bus ke Yogyakarta. Sungguh diluar dugaan, kami tidak menyangka peserta yang hadir pada saat itu sangat melebihi target” sambungnya.

Salah satu perwakilan mahasiswa Hindu Klaten, Edi Sutrisno menuturkan, belum ada organisasi yang ada di Klaten yang dapat mewadahi mahasiswa Hindu untuk mengembangkan diri dan belajar tentang keorganisasian. Kehadiran PP KMHDI menjadi angin segar bagi mahasiswa Hindu yang haus akan pengetahuan tentang kepemimpinan dan keorganisasian.

“saya mewakili rekan-rekan mahasiswa Hindu yang hadir menjadi peserta kegiatan Leadership Camp 1.0 KMHDI hari ini merasa sangat senang dan bangga KMHDI bisa hadir dan berbagi ilmu tentang organisasi kepada mahasiswa Hindu Klaten dan Solo” ungkap Edi.

“Sebenarnya kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga direncanakan bersama rekan-rekan mahasiswa Hindu Solo, namun karena terbentur dengan ujian akhir semester hanya sedikit mahasiswa Hindu Solo yang dapat berpartisipasi. Belum semua mahasiswa Hindu Klaten juga hadir pada hari ini karna terbentur dengan libur perkuliahan. Untuk kegiatan selanjutnya diupayakan lebih banyak lagi mahasiswa Hindu Klaten dan Solo yang berpartisipasi” sambung Edi.

Peserta kegiatan Leadership Camp yang berlangsung pada 19 – 20 Januari 2019 ini berasal dari 4 kampus se-Soloraya yakni STHD Klaten, Poltekkes Surakarta, Stikes Duta Gama Klaten dan Universitas Widya Dharma. Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh kader-kader dari PC KMHDI Yogyakarta. Diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Pitamaha, kegiatan ini memiliki beberapa agenda yakni pemberian materi praktik kepemimpinan Hindu oleh ketua departemen kajian dan isu PP KMHDI (Nanda Rizka Saputri),

Kepemimpinan secara umum oleh ketua presidium PP KMHDI (I Kadek Andre Nuaba), Publik Speaking dan retorika oleh ketua departemen organisasi PP KMHDI (Wiyan Martiwi Karismawati), praktik debat dalam persidangan, sosialisasi KMHDI. Outbound dengan berbagai jenis permainan yang mengasah jiwa kepemimpinan, kerjasama tim dan pemecahan masalah menjadi cara untuk menjalin keakraban diantara peserta dan pengurus PP KMHDI. Sebagai penutup PP KMHDI melakukan bhakti sosial dengan memberikan sembako kepada beberapa umat Hindu Klaten sebagai bentuk pengabdian dan nilai humanisme KMHDI dalam menjalankan Dharma Agama dan Dharma Negara.

Salah satu hasil kegiatan Leadership Camp yang melibatkan 30 mahasiswa Hindu se-Soloraya ini yaitu menghasilkan kesepakatan untuk membentuk cabang KMHDI di Klaten. Kesepakatan ini disampaikan dalam acara penutupan Leadership Camp 1.0 KMHDI oleh Edi Sutrisno, perwakilan mahasiswa Hindu Klaten.

“Kami mahasiswa Hindu Klaten sepakat dan siap untuk membentuk KMHDI di Klaten. Maka dari itu kami sangat membutuhkan pendampingan dari rekan-rekan pengurus PP KMHDI untuk membantu kami bergabung dan menjadi bagian dari KMHDI” tutur Edi.

Ketua Presidium PP KMHDI di akhir sambutannya menyatakan komitmen PP KMHDI untuk mendampingi mahasiswa Hindu Klaten membentuk PC KMHDI Klaten.

“PP KMHDI akan kembali lagi bulan depan ke Klaten untuk melakukan pendampingan pembentukan PC KMHDI Klaten dan melaksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) bagi mahasiswa Hindu Klaten. Pendampingan tidak hanya dilakukan oleh PP KMHDI tetapi juga dibantu oleh kader-kader PC KMHDI Yogyakarta sebagai PC KMHDI terdekat dari Klaten” ungkap Andre menutup Leadership Camp 1.0 KMHDI.
Satyam Eva Jayate !

Ketua Departemen Organisasi
Wiyan Martiwi Karismawati, SE

Komentar Anda