PD KMHDI NTB Gandeng OKP Lintas Agama untuk Deklarasikan Persatuan Bangsa

Pengurus Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia Nusa Tenggara Barat (PD KMHDI NTB) bersama beberapa OKP (Organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan) lintas agama, yang ada di NTB, menggelar Seminar Persatuan dan Deklarasi Mahasiswa Untuk Persatuan, di Aula STAHN Gde Pudja Mataram, Kamis (2/8/2018)

Dalam kata sambutan, Ketua PD KMHDI NTB, Wayan Martiwi Karismawati menyatakan, seminar persatuan ini merupakan ajang bagi generasi muda khususnya organisasi kepemudaan untuk lebih berperan aktif menjaga kebhinekaan.

“Semangat Bhineka Tunggal Ika harus selalu digaungkan oleh generasi muda guna menjunjung tinggi toleransi dan kepedulian sosial di tengah keberagaman yang ada,” katanya, di Mataram, Kamis (2/8/2018).

Wayan mengatakan, bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, ditandai dengan banyaknya suku, etnis, budaya, agama, adat istiadat di dalamnya.

“Di sisi lain bangsa Indonesia dikenal memiliki masyarakat multikultural, masyarakat yang anggotanya memiliki latar belakang budaya (cultural background) beragam,” paparnya.

Sementara, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda NTB, Kombes Pol Benny Basir, dalam memaparkan materi seminar persatuan ini, menyoroti mengenai peran pemuda yang bisa memperkuat sinergisitas dalam menjaga keamanan dan kondusifitas pada khususnya di NTB.

“Keragaman dan kemajemukan ini harus dikelola secara benar, agar keberagaman tersebut dapat menghasilkan energi yang luar biasa besar,” ucap Beni Basir.

Namun, menurut dia, bila tidak dikelola secara benar, maka kemajemukan dan multikulturalisme dapat menghasilkan perpecahan di tengah masyarakat

“Oleh karena itu saya berharap kepada OKP untuk tetap berperan aktif menjaga persatuan dan kesatuan khususnya di NTB,” kata Dirmas Polda NTB ini.

Diakhir kegiatan Seminar Persatuan yang diprakarsai oleh PD KMHDI NTB bersama beberapa OKP lintas agama, seperti HMI, IMM, PMII, GMNI, PMKRI serta Hikmahbudi secara bersama-sama membacakan naskah Deklarasi Mahasiswa Untuk Persatuan.  | www.timesindonesia.co.id

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai