PC KMHDI Badung Gandeng Berbagai Komunitas untuk Gelar KMHDI Mengajar

PC KMHDI Badung menggelar kegiatan KMHDI Mengajar sebagai bentuk peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian kader KMHDI kepada bangsa. Pada kesempatan ini PC KMHDI Badung bekerja sama dengan Komunitas Bali Mendongeng dan Bali Baca Buku. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 19 Mei 2018 bertempat di SDN 2 Sading. Peserta dari kegiatan ini merupakan seluruh murid SDN 2 Sading.  Kegiatan ini dikemas semenarik mungkin dengan mengajak mereka mendongeng, menggambar, bermain bersama, dan ditutup dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah.

Kegiatan pertama yakni mendongeng. Mendongeng dapat menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Hal ini akan mengasah imajinasi mereka dan mungkin akan menebak apa yang  akan terjadi selanjutnya. Para pendongeng dapat memberitahukan kepada audiens tentang hal-hal sederhana yang tercermin dari cerita yang dibawakan, sehingga hal ini dapat membuat mereka belajar tentang moralitas dan mulai membangun sikap. Kedua yakni menggambar. Menggambar dapat membantu mereka dalam mengekspresikan apa yang mereka pikirkan ke dalam media kertas dan mengembangkan daya fantasi serta kreasi. Ketiga bermain bersama. Bermain merupakan hal yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Bermain bersama memungkinkan mereka untuk bernegosiasi, mendengarkan, memecahkan permasalahan, dan tentunya mampu meningkatkan katerampilan sosial mereka. Keempat sekaligus sebagai kegiatan penutup diisi dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap lingkungan. Semua kegiatan tersebut dapat memberikan mereka kesempatan untuk berfikir dan bertindak imajinatif yang mana ini berhubungan dengan pengembangan kreativitas dan rasa tanggung jawab.

Pihak Guru dari SDN 2 Sading sangat mendukung program bermanfaat ini dan siswanya pun juga demikian. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme mereka dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang ada. PC KMHDI Badung, Komunitas Bali Mendongeng, dan Baca Buku merasa senang melihat partisipasi dan antusias adik-adik SDN 2 Sading yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai