KMHDI Yogyakarta Gelar Simakrama, Napak Tilas Perjalanan KMHDI: Dari Jogja untuk KMHDI

KMHDI Yogyakarta menggelar kegiatan simakrama dalam rangka memperingati dies natalis PC KMHDI Yogyakarta ke-3 tahun, yang digelar di Pura Vaikunta Vyomantara, Pangkalan TNI AU Adisucipto, Yogyakarta, Sabtu (19 Mei 2018) kemarin. Selain sebagai peringatan 3 tahun KMHDI Yogyakarta, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan rasa kekeluargaan dan pengetahuan diantara umat beragama dan mengetahui lebih jelasnya tentang sejarah terbentuknya KMHDI di Indonesia.

Ketua Panitia pelaksana I Gede Eka Santika Putra mengatakan bahwa kegiatan ini menangkat tema “Napak Tilas Perjalanan KMHDI”.

“Jadi tujuan dari tema ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang sejarah terbentuknya KMHDI secara umum dan PC KMHDI Yogyakarta secara khusus. Sehingga komunikasi antara KMHDI dengan KMHD external maupun Organisasi lain terjaga dengan baik”, ujar Gede Eka dalam laporannya.

Selanjutnya perwakilan Pimpinan Pusat KMHDI, Putu Nopa Gunawan, Ketua Departemen Data dan Informasi PP KMHDI, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PC KMHDI Yogyakarta diumurnya yang baru 3 tahun terbentuk, yang dinilainya telah konsisten menjalankan kaderisasi dan berbagai kegiatan.

“Ibarat anak kecil, umur 3 tahun baru belajar membaca atau menulis, tapi PC KMHDI Yogyakarta sudah mampu menjalankan berbagai kegiatan, bahkan akan mendapat tantangan besar karena akan menjadi tuan rumah Mahasabha XI KMHDI yang akan dibuka oleh Presiden RI pada akhir Agustus nanti. Tentu ini menjadi ajang pembuktian bagi KMHDI Jogja yang kemampuannya dapat diandalkan”, kata Nopa dalam sambutannya.

Kemudian Perwakilan PHDI Provinsi Yogyakarta menyampaikan harapannya agar KMHDI mampu meneruskan ajaran – ajaran dharma khususnya Tat Twam Asi sebagai landasan dalam menjaga persatuan dan pesaudaraan dengan semua umat.

Acara yang dibuka oleh Pembimas Hindu Yogyakarta ini tampak mengahdirkan beberapa pembicara yang merupakan para alumni dan tokoh yang terlibat langsung dalam perjalanan panjang pembentukan KMHDI. Diantaranya Dr. AA GN Ari  Dwipayana, S.IP.,MSi (Alumni UGM, sekaligus Staf Khusus Presiden RI), I Ketut Widiantara (Alumni UGM, Ketua KMHD UGM 1992/1993), Drs. Nyoman Sukadana (Alumni KMHDI, salah satu pembentuk KMHDI) dan I Dewa Putu Gandita Rai Anom, S.TP. (Alumni KMHDI, ketua umum panitia Kongres Nasional I Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia 1992/1994) dan di moderatori oleh I Wayan Ordiyasa, S.Kom.,M.T.

Selain itu juga dihadiri oleh tokoh umat, lembaga keagamaan Hindu, perwakilan dari Cipayung Plus DIY, Peradah DIY dan KMHD se-DIY yang ikut serta menyukseskan kegiatan ini.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai