DMO IV KMHDI Yogyakarta: Pengetahuan Baru untuk Selangkah Lebih Maju

KMHDI merupakan organisasi mahasiswa hindu yang berskala nasional dengan jumlah cabang yang sudah menyebar hampir di seluruh wilayah NKRI. Tidak hanya semata-mata sebuah perkumpulan yang punya nama saja, KMHDI juga memiliki sistem kaderisasi yang sangat mumpuni dan sistematik bahkan telah direvisi berulangkali guna meningkatkan kualitasnya. Mulai dari kaderisasi wajib atau yang sering disebut MPAB (Masa Penerimaan Anggota Baru) dan dilanjutkan dengan kaderisasi pokok yaitu DMO (Diklat Manajemen Orgaisai). Pada kegiatan ini kader-kader dididik dan dilatih bagaimana cara berorganisasi dengan baik dan tentunya akan bermanfaat tak hanya di KMHDI saja tapi juga dalam organisasi-organisasi lainnya. PC KMHDI Yogyakarta sendiri telah melaksanakan MPAB pada bulan September 2017 dan selanjutnya melaksanakan DMO pada Sabtu – Minggu (14-15 April 2018) kemarin di Pura Vaikuntha Vyomantara, Yogyakarta.

Ketua panitia Ni Komang Febiola Devi Savitri menjelaskan bahwa kegiatan yang dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KMHDI ini, dilaksanakan selama dua hari dengan berbagai materi manajemen organisasi dan juga praktek simulasinya.

Sebelum masuk pada materi awal, para peserta  diberikan soal pre-test yang telah disusun oleh panitia guna mengukur kemampuan dan pengetahuan peserta seputar organisasi. Sedangkan pemberian setiap materi dilangsukan dengan praktik. Ada 8 materi yang disampaikan kepada peserta dan dibawakan oleh pemateri-pemateri yang merupakan kader KMHDI yang sudah mengikuti DMO sebelumnya yaitu; Pande Kadek Cahya Wisnu Murti membawakan materi Analisis SWOT pada hari pertama; dilanjutkan oleh Kadek Ayu Tia Puspasari membawakan materi GBHO dan GBPK di hari pertama dan materi Teknik Persidangan pada hari kedua; Ni Made Ari Praharsini membawakan materi Program Kerja dan Kalender Kegiatan pada hari pertama; selanjutkan pada hari kedua Ni Komang Febiola Devi Savitri membawakan materi Job Description dan Rundown; I Gede Made Oko Wirawan membawakan materi Administrasi Kesekretariatan; Dewa Gede Bima Prabawa membawakan materi tentang Proposal dan LPJ; dan terakhir Gusti Ayu Redityawati membawakan materi tentang Keprotokoleran. Serta salah satu panitia MAHASABHA XI yaitu Bli Ever Jayadi turut mensosialisasikan kegiatan yang berbasis nasional tersebut  kepada kader-kader baru di sela-sela kegiatan Diklat Manajemen Organisasi IV PC KMHDI Yogyakarta.

Dengan mengusung tema “Pengetahauan Baru untuk Selangkah Lebih Maju” DMO kali ini diharapkan dapat memberikan edukasi bagi para kader agar bisa memahami organisasi lebih matang dan dalam lagi, serta mampu membentuk kader yang militan sesuai jati diri KMHDI agar beguna bagi Nusa dan Bangsa kelak setelah mejadi Demisioner.

“Menurut saya, kegiatan DMO ini banyak memberi manfaat untuk saya.  Baik untuk diri saya sendiri maupun untuk keberlangsungan organisasi. Saya berharap,semoga kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa diadakan terus menerus.” ungkap Putu Bayu Bramasta, salah satu peserta DMO.

“Acara DMO kemarin tu memang saya akui banyak pengetahuannya, mengapa? dulu 3 tahun SMA dan ngabdi organisasi internal – eksternal sekolah ga ada diajarin materi organisasi kayak di DMO waktu itu. Ya contoh seperti materi tata aturan protokol upacara, materi tata cara menjadi presidium sidang beserta aturannya. Jadi jika ditanya ‘seberapa penting acara DMO nya ini?’, ya jawabannya ‘Jika kamu suka berorganisasi dan berkontribusi tapi kau merasa kemampuan/wawasan dalam organisasi masih kurang, DMO sangat direkomendasikan’.” kata salah seorang peserta dengan sumringah. (rls).

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai