Temui Menteri Koperasi UKM, KMHDI ingin Lahirkan Wirausaha Muda “Zaman Now”

Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) sadar bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, harus dimulai dari generasi mudanya yakni mahasiswa. Karena mahasiswa memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat kedepannya.

Untuk itu, sebagai organisasi pengkaderan, KMHDI tidak hanya memberikan pendidikan basis nasionalisme atau religius saja, KMHDI harus memberikan semangat hidup melalui celah-celah penghidupan berbasis ekonomi. Hal ini disampaikan oleh Presidium PP KMHDI Putu Wiratnaya, saat beraudiensi dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada hari Kamis (1/2/2017), di Kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta.

Menurut Wirat, saat ini mahasiswa organisasi kemahasiswaan tidak boleh hanya melakukan kegiatan kaderisasi saja, tapi juga harus mampu mencetak kader yang berjiwa wirausahaan. Sehingga mampu bersaing dalam bidang ekonomi dan kewirausahaan, serta mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Indonesia.

“Sejak ditetapkannya ASEAN Economic Community 2015, tidak hanya masyarakat Indonesia yang dituntut mampu bersaing dalam pasar global, namun juga bagi generasi muda khususnya mahasiswa harus bergerak meciptakan karya ekonomi kreatif yang sesuai dengan tuntutan zaman now”, ujar Wirat.

Wirat juga menjelaskan dalam mempersiapkan kader – kader yang aktif didalam kewirausahaan, maka penting bagi KMHDI untuk menjalin kerjasama dengan segenap stakeholder yang ada khususnya Pemerintah dan Pengusaha. “Oleh karena itu, KMHDI ingin menjalin kerjasama dan komitmen bersama Kemenkop UKM untuk melakukan penciptaan, pelatihan dan pedampingan wirausaha – wirausaha muda dari pemuda Hindu” tambah Wirat.

Menanggapi keinginan dan semangat dari Pengurus KMHDI, Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi hal tersebut dan berjanji akan mendukung program kerja KMHDI yang berkaitan dengan kewirausahaan.

“Ya kita sangat dukung semangat dari KMHDI, pasti kita akan bantu dan sinergikan” ujar Puspayoga.

Puspayoga juga mengajak mahasiswa Hindu untuk tidak bercita – cita menjadi pegawai tapi harus menjadi wirausaha, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan juga meningkatkan kesejahteraan secara finansial.

“Jangan bercita – cita jadi pegawai negeri, kecil sekali peluang pegawai negeri. Peluang kerja kan lebih ke karyawan swasta dan profesional, dagang atau wirausaha. Orang kaya Indonesia itu 90% wirausaha. Tidak ada karyawan kaya, makanya semua harus cita – cita jadi wirausaha (entrepreneur),” tambahnya.

Selain diterima langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, rombongan PP KMHDI ini yang juga terdiri dari pengurus PD KMHDI DKI Jakarta dan pengurus PD KMHDI Jawa Barat, juga diterima oleh Deputi Menteri Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Prakoso BS, yang akan mendampingi secara teknis program KMHDI dibidang kewirausahaan.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai