Bimas Hindu Yogya Kerjasama dengan KMHDI Yogyakarta Gelar Acara Upanayana

Upanayana merupakan upacara penyucian untuk mengawali masa belajar, dalam konteks ini lebih ke Mahasiswa baru yang beragama hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta. Upanayana ini merupakan acara dari Bimas Hindu Kanwil Kementrian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerja sama dengan PC KMHDI Kota Yogyakarta sebagai pelaksana kegiatan. Upanayana ini merupakan upanayana ke-tiga yang dilaksanakan oleh KMHDI Yogyakarta bersama Bimas Hindu. Adapun tema pada upanayana ini  yaitu  “Widya Sastra Sudharma Dipa Nikanang Tri Buwana Prabhaswara” yang berarti Dengan Pengetahuan Kita Mampu Menerangi Tiga Dunia.

Upanayana dilaksanakan pada hari Rabu (20/9/2017) kemarin di Pura Vaikuntha Vyomantara Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, yang bersamaan dengan hari raya Tilem.

Nampak hadir dalam kegiatan ini yaitu Parisada Hindu Dharma D.I.Y., Lembaga Pengembangan Dharma Gita D.I.Y., Wanita Hindu Dharma D.I.Y., Lembaga Penyiaran Agama Hindu, Pinandita Sanggraha Nusantara D.I.Y., Peradah D.I.Y., PHDI Kab. Gunungkidul, PHDI Kab. Bantul, PHDI Kota Yogyakarta, PHDI Kab. Kulonprogo, PHDI Kab. Sleman, Lembaga Penasehat Perkawinan, Lembaga Dharma Duta, Lembaga Pemberdaya Umat, Lembaga Pelaksana Hari Raya, Lembaga Artha, Lembaga Advokasi D.I.Y., Pembina KMHD se-D.I.Y., serta KMHD se-D.I.Y.. Dan dikuti oleh lebih dari 500 orang Mahasiswa Hindu se-D.I.Y.

Runtutan acara pada upanayana ini dimulai dari pemberian kupon untuk 150 Mahasiswa pertama  yang akan mendapatkan sebuah bokor, setelah itu para undangan dan Mahasiswa Hindu masuk ke dalam pura untuk menyaksikan tari penyambutan (Sekar Jagad), pembacaan sloka, laporan ketua panitia sekaligus mewakili Ketua KMHDI Yogyakarta, sambutan pengempon pura, sambutan Ketua PHDI D.I.Y., sambutan Pembimas Hindu D.I.Y sekaligus membuka dengan resmi upacara upanayana ini serta memperkenalkan profil Umat Hindu D.I.Y., acara selanjutnya yaitu Dharma Wacana dan penyampaian Testimoni Mahasiswa oleh Demisioner PC KMHDI Yogyakarta untuk memberikan semangat, ajakan, serta membagi pengalaman baik dalam bidang akademik maupun organisasi.

Setelah itu, acara berikutnya yaitu mejaya-jaya. Mejaya-jaya bertujuan untuk mensucikan kembali atma dan raga sarira, pada acara ini 30 Mahasiswa baru dari tiap-tiap perwakilan KMHD maju ke depan untuk melaksanakan kegiatan mejaya-jaya. Setelah acara mejaya-jaya selanjutnya yaitu persembahyangan bersama. Dalam kegiatan upanayana ini juga ada acara hiburan setelah persembahyangan bersama dan mejaya-jaya. Adapun acara hiburannya yaitu bondres dan joged yang dibawakan oleh teman-teman Mahasiswa Hindu.

 

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai