PC KMHDI Palopo Gelar Lomba dan Renungan untuk Peringati Hari Saraswati

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC-KMHDI) Palopo, memperingati Hari Suci Saraswati yang merupakan simbol diturunkannya ilmu pengetahuan kedunia, Sabtu (19/8/2017) malam.
Hari Saraswati diperingati PC KMHDI Palopo dengan menggelar ibadah bersama. Selain itu organisasi Cipayung tersebut juga menyelenggarakan lomba cerdas cermat agama dan malam renungan keagamaan.
Hari suci ini, diperingati oleh umat Hindu setiap enam bulan sekali. Berdasarkan kalender masehi perayaan Hari Saraswati tersebut jatuh pada tanggal, 19 Agustus 2017.
Kegiatan tersebut dipusatkan di Pura Mandira Taman Sari, Jalan Bangau, Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.
Sebelum lomba cerdas cermat agama ini dimulai dalam perayaan hari suci itu, terlebih dahulu di laksanakan kegiatan ibadah bersama dengan segenap umat Hindu yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Menurut Ketua PC KMHDI, Komang Sumerta Wijaya bahwa hari suci tersebut dirayakan oleh umat Hindu setiap enam bulan sekali sebagai hari lahirnya ilmu pengetahuan yang digunakan manusia sebagai tuntunan hidup.
“Pemujaan Dewi Saraswati menunjukkan bahwa umat Hindu sangat membutuhkan ilmu pengetahuan,” kata Komang di sela-sela kegiatan ini, Sabtu (19/8/2017) malam.
Komang menambahkan, dengan berbekal ilmu pengetahuan manusia dapat melaksanakan berbagai macam aktivitas dan kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya dan untuk orang lain.
“Karena begitu pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia, maka hari raya Suci Saraswati harus dirayakan secara khusuk oleh semua umat Hindu, bukan hanya para mahasiswa yang tergabung dalam KMHDI,” jelasnya.
Terkait dengan lomba cerdas cermat agama yang digelarnya pada peringatan hari suci tersebut, Komang menerangkan bahwa hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas spritual generasi muda umat Hindu.
“Tujuan kegiatan ini, tentunya dalam rangka meningkatkan pengetahuan spritualitas generasi muda kami,” terangnya | http://www.tabloidsar.com
Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai