KMHDI Yogyakarta dan Pemuda Vaikuntha Gelar Lomba Semarak HUT Ke-72 RI

Kamis, 17 Agustus 2017 bertempat di Wantilan Pura Vaikuntha Vyomantara Yogyakarta, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Kota Yogyakarta bersama Pemuda Pemudi Vaikuntha melaksanakan lomba-lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-72. Kegiatan tersebut dimulai pukul 11.00 WIB dan diikuti oleh kader PC KMHDI Kota Yogyakarta, Pemuda Pemudi Vaikuntha serta Mahasiswa Hindu lainnya.

Kegiatan ini dimulai setelah para peserta mengikuti kegiatan Upacara Bendera di Kampus masing-masing. Sebelum memulai kegiatan perlombaan, para peserta dan panitia melakukan sembahyang bersama memohon agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian team oleh panitia penyelenggara, dimana peserta dibagi menjadi 3 team yang mana tiap team terdiri dari 8 orang peserta. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan yang salah satunya adalah lomba memindahkan karet. Teknis lomba ini adalah satu team yang diwakili oleh 5 orang berbaris membuat garis dengan jarak dua lengan antara anggota team. Setiap peserta akan mendapatkan sedotan satu satu yang dipegang dengan mulut atau digigit. Peserta yang di depan boleh mulai memindahkan karet setelah ada aba-aba untuk memulai. Ketika mulai memindahkan tidak boleh ada tangan yang ikut campur. Team yang dinyatakan menang adalah team yang paling banyak dapat memindahkan karet.

Selain itu, adapun lomba-lomba lain yang diselenggarakan, yaitu lomba makan krupuk, lomba mengambil uang koin, lomba menggiring bola dengan botol, lomba balap karung menggunakan helm. Tampak wajah gembira muncul dari setiap peserta. Tawa pun tak terbendung ketika para peserta berjatuhan dan tidak bisa bangun kembali saat lomba balap karung menggunakan helm. Pukul 14.30 WIB kegiatan lomba pun diakhiri dengan acara makan bersama dan penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Tujuan diadakannya kegiatan lomba ini adalah untuk memupuk semangat kaum muda khususnya mahasiswa hindu yang kini sedang menempuh pendidikan di Kota Pelajar ini. Hal ini juga membuktikan bahwa meskipun kini mayoritas mahasiswa hindu di Yogyakarta adalah perantau dari berbagai daerah, tetapi tetap dapat membuat suatu kegiatan yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah air. Dengan diadakannya acara ini diharapkan juga dapat mumupuk rasa menyama braya antar umat Hindu di Yogyakarta.

Meskipun kegiatan lomba telah usai, tetapi itu bukanlah menjadi akhir dari acara peringatan Hari Kemerdekaan, karena setelah perlombaan selesai dilakukan juga doa bersama di Pura Vaikuntha Vyomantara bersama TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Polri, PHDI, PC KMHDI Kota Yogyakarta serta mahasiswa dan umat Hindu lainnya. Tujuan diadakannya doa bersama ini adalah agar negara kita yang tercinta, Indonesia, akan menjadi negara yang lebih maju, baik dari segi pendidikan, ekonomi dan lainnya. Selain itu, juga agar Indonesia dapat menjadi negara yang selalu aman, adil, serta toleran meskipun terdiri dari banyak perbedaan.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai