Menyongsong Pilkada Bali 2018, KMHDI Badung Gelar Seminar Pendidikan Politik

Pemuda sebagai salah satu harapan masa depan Bangsa Indonesia sudah sepatutnya ikut berpatisipasi dalam pembangunan Negara yang berlandaskan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945. Salah satunya diharapkan mampu berperan menciptakan pemimpin yang berkualitas dalam Pilkada 2018 ini yang notabene merupakan ajang untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang nantinya akan bertugas untuk memimpin dan mensejahterakan rakyat Bali. Atas dasar itulah pada hari Sabtu, 29 Juli 2017, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Badung melaksanakan Seminar Pendidikan Politik dengan Tema “Politik Bersih, Luhur, dan BerIntegritas” yang diadakan di Aula Kantor Camat Kuta Selatan, dengan konsep kegiatan berupa Seminar, Sosialisasi dan Simulasi Pilkada Bali 2018 yang  dilakukan oleh siswa SMK yang sejatinya belum pernah melaksanakan pemilihan sebeumnya dan simulasi dipandu oleh Wayan Semara Cipta selaku anggota KPU Badung yang membidangi teknis Pilkada.

Kegiatan ini dihadiri oleh 80 orang peserta yang berasal dari SMA/SMK Se Kabupaten Badung, Mahasiswa, serta Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Mahasiswa di wilayah Badung. Acara dibuka oleh Bapak Nyoman Suendi selaku Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Badung, mewakili Bapak Wakil Bupati Badung yang berhalangan hadir pada kesempatan ini. Dan dihadiri juga oleh Camat Kuta Selatan, Bendesa Adat se Kecamatan Kuta Selatan, perwakilan KAPOLSEK Kuta Selatan Komandan Regu Polisi Pamong Praja Kuta Selatan, PD KMHDI Bali serta PC KMHDI se-Bali.

Pembicara pada Seminar Pendidikan kali ini menghadirkan pembicara dari berbagai unsur politik maupun non politik, diantaranya

  1. Bapak Gede Pasek Suardika, S.H., M.H. selaku Politisi yang memberikan materi tentang Pendidikan Politik Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila.
  2. Bapak I Made Gede Ray Misno, S.T., M.Si. selaku Dosen STISPOL Wira Bakti dengan materi Kesadaran Partisipasi Politik Bagi Generasi Muda.
  3. Bapak A.A. Gede Raka Nakula, S.H., M.H., selaku Ketua KPU Kabupaten Badung yang memberikan materi tentang Politik yang Bersih, Luhur, dan Berintegritas.
  4. Ibu Sukmawati dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang memberikan materi tentang KTP-El sebagai Basis Data Pilkada 2018

Ketua PC KMHDI Badung, dalam sambutannya “kegiatan Seminar Pendidikan Politik ini bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk tidak anti terhadap politik karena semua keseharian kita diawali oleh penyusunan kebijakan politik yang melahirkan aturan-aturan yang ada, apabila ingin pemimpin yang baik, generasi muda juga harus berpartisipasi dalam PILKADA 2018 dan memberikan hak kepada calon pemimpin yang baik, sehingga politik yang baik pula yang akan menciptakan kesejahteraan bagi rakyat”

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama PC KMHDI Badung dengan KPU Kabupaten Badung, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, DPRD Kabupaten Badung serta seluruh pihak yang telah membantu suksesnya acara Seminar pendidikan Politik ini. Ketua KPU Kabupaten Badung dalam kesempatan nya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PC KMHDI Badung, sebagai generasi muda yang memiliki semangat yang besar dan mampu melaksanakan Seminar yang sangat Positif dan membantu KPU dalam mensosialisasikan PILKADA 2018 mendatang. dan dalam pemaparan materiya disampaikan juga untuk menggunakan hak suara nya dan tidak golput, karena satu suara adalah kemenangan.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai