Pengurus PP KMHDI Audiensi dengan Ditjen Bimas Hindu

Ditjen Bimas Hindu, Prof. Drs. I Ketut Widnya, MA, M.Phil, Ph.D mengatakan bahwa KMHDI sangat memiliki peran penting dalam masyarakat khususnya dalam bidang kemahasiswaan. Inilah sebabnya keberadaan KMHDI sangat penting dan akan selalu didukung oleh Ditjen Bimas Hindu sebagai orang tua KMHDI di pemerintahan.

Hal ini disampaikan oleh Pak Ketut Widnya saat menerima kedatangan pengurus Pimpinan Pusat KMHDI di kantor Kementerian Agama pada Senin kemarin (8/5/2017).

Kedatangan pengurus KMHDI ini merupakan upaya sinergisitas KMHDI dengan Ditjen Bimas Hindu dalam pelaksanaan program kerja yang dimiliki oleh KMHDI yang juga sejalan dengan program Ditjen Bimas Hindu, sekaligus sebagai ajang simakrama/silaturahmi pengurus PP KMHDI bersama Ditjen Bimas Hindu.

Pengurus PP KMHDI yang diwakili oleh Putu Wiratnaya dan Made Wirayasa selaku Presidium, Gopi Janawati selaku Bendahara, Meidawati selaku Ketua Departemen Organisasi, Nyoman Mahendra selaku ketua Departemen Kaderisasi, Komang Sastra sebagai Ketua Departemen Litbang dan Putu Nopa Gunawan sebagai ketua Departemen Data dan Informasi diterima langsung oleh Pak Ditjen Bimas Hindu didampingi bapak Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si , selaku Direktur Pendidikan Hindu dan Bapak I Nyoman Susila, S.Ag, M.Si selaku Kasubdit Penyuluhan Hindu.

Presidium PP KMHDI, Made Wirayasa menjelaskan program kerja Nasional yang akan dilaksanakan oleh KMHDI dalam waktu dekat ini, seperti Diklat Politik, Rakoornas, dan Mahasabha ditahun 2018 nanti. Selain itu juga dijelaskan program-program lain seperti program kebangsaan, kaderisasi dan pengabdian ke umat.

“Ada banyak program yang akan dilaksanakan oleh KMHDI kedepannya sebagai upaya pematangan generasi penerus Hindu, sehingga kami berharap mendapat dukungan dari Ditjen Bimas Hindu”, ujar Wirayasa.

Sedangkan Presidium Putu Wiratnaya menambahkan harapan agar KMHDI bisa didukung oleh Ditjen Bimas Hindu khususnya untuk kegiatan didaerah-daerah mengingat semakin berkembangnya jumlah cabang yang dimiliki oleh KMHDI.

“Hampir setiap tahun kami melakukan pembentukan cabang baru didaerah-daerah yang berpotensi mahasiswa Hindu-nya, sehingga kami berharap bisa mendapat post program yang bisa disinergikan lebih banyak lagi dari Ditjen Bimas Hindu selaku perpanjangan tangan didaerah” tambah Wirat.

Bagi Pak Ketut Widnya, KMHDI adalah lembaga Hindu yang bisa memposisikan diri dan menyuarakan suara umat Hindu secara Nasional, sehingga Ditjen Bimas Hindu akan mendukung program-program KMHDI yang sejalan dengan program kementerian Agama.

Pak Ketut juga menambahkan agar KMHDI lebih intens membuat program – program yang bersifat meningkatan militansi umat Hindu, terutama dari generasi muda.

“Keberadaan KMHDI sangat penting sebagai tingkat penyiapan kader atau generasi Hindu, sehingga KMHDI harus memperbanyak membuat program penguatan militansi umat Hindu, dan juga konsulidasi kebangsaan” ujar Pak Ketut.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai