PD KMHDI Sulawesi Selatan Laksanakan Bakti Sosial dan Mengajar di Panti Asuhan

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan sharing pengetahuan dengan tujuan untuk melakukan pengajaran serta memberikan bantuan kepada anak- anak panti asuhan.  Bakti sosial dilaksanakan di Panti Asuhan Asyaratun Muharrahma yang terletak di jalan Berua 2 komplek BTN Berua Mitra Perdana Makasaar pada hari ini (Senin, 1 Mei 2017).  Jumlah anak di panti asuhan tersebut adalah 50 anak, yang terdiri dari  30 siswa SD, 10 siswa SMP, 5 siswa SMA  serta 5 orang balita.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Prakata dari Ketua PD KMHDI SULSEL dan Ketua Panti Asuhan Ibu Asyaratul Muharrahma,  dilanjutkan dengan  kegiatan mengajar yang dimulai dari pengenalan tokoh- tokoh Nasional  seperti RA. Kartini, Ir. Soekarno, Ki Hadjar Dewantara, dan Sultan Hasanuddin,  kemudian anak- anak panti asuhan yang terdiri dari siswa SD ini di bentuk dalam kelompok heterogen dan mereka diajak untuk  menggambar  tokoh nasional.  Kelompok dengan gambar tokoh nasional terbaik ditetapkan sebagai juara dan mendapatkan hadiah. Siswa terlihat sangat antusias dalam pembelajaran selain itu untuk melatih kemampuan motorik anak, kami juga mengajarkan senam otak. Suasana belajar menjadi riuh ketika instruktur melanjutkan dengan pelatihan senam penguin, mereka terlihat begitu antusias mengikuti kakak instruktur dalam bergerak dengan irama musik yang membakar semangat.

Acara dilanjutkan dengan pelatihan kreativitas dengan membuat origami, meskipun awalnya sulit  hingga membuat dahi kecil mereka mengkerut tapi karena semangat belajar akhirnya mereka mampu membuat kerajinan dari origami. Acara KMHDI Mengajar kami tutup dengan pemberian bantuan berupa Baju Layak Pakai, Alat tulis menulis seperti buku, pulpen, pensil, buku gambar, penghapus, rautan, dan alat- alat kebersihan diantaranya sapu ijuk, bak sampah, kemoceng dan sapu lidi. Adapun bantuan yang kami salurkan ini berasal dari sumbangan kader PD KMHDI Sul-Sel.

Ketua Panti Asuhan Ibu Asyaratul Muharrahma sangat mengapresiasi kehadiran anggota PD KMHDI SulSel ke Panti Asuhan mereka.

“Kami sangat senang adik-adik kesini berbagi bersama kami, perbedaan agama tidak menjadi masalah untuk saling berbagi. Mudah-mudahan Tuhan yang membalas kebaikan adik-adik semua”, tutur Ibu Asyaratul. (PD SulSel)

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai