KMHDI Lebarkan “Sayap” di Ujung Timur Pulau Jawa

Bulan Mei 2017 menjadi sebuah sejarah baru bagi Kesatuan Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) terutama bagi Pimpinan Daerah KMHDI Jawa Timur yang berhasil meresmikan pelebaran wilayahnya di Banyuwangi. Komisariat KMHDI Banyuwangi resmi dibentuk pada tanggal 28 Mei 2017 melalui beberapa rangkaian dimulai dari Masa Pengenalan Anggota Baru (MPAB) I dan selanjutnya Peresmian Komisariat KMHDI Banyuwangi.

Kegiatan MPAB I Banyuwangi mengangkat tema “Mahasiswa Hindu Banyuwangi sebagai garda terdepan Umat dan Bangsa yang berjiwa Religius, Nasionalis, Humanis, dan Progresif”. “Kita berharap tema itu dapat menerangkan dan menjadi penggerak potensi mahasiswa Hindu di Banyuwangi yang berkualitas” tutur Ni Luh Putu Satvika sebagai Ketua Pelaksana MPAB I Banyuwangi.

Pada pembukaan MPAB ini dihadiri oleh Ketua Pembimas Hindu Kementrian Agama Jawa Timur Bapak Ida Made Windya, S. Ag., M.Si. “Mahasiswa Hindu sebagai garda terdepan kemajuan Bangsa dan Negara. KMHDI sebagai organisasi kader harus mampu menjaga eksistensi agar organisasi itu tetap hidup”, tutur beliau.

Kegiatan MPAB ini juga mendapatkan apresiasi oleh Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyuwangi, Bapak Drs. Suminto, MM yang juga merupakan Alumni KMHDI. “Mahasiswa harus mempunyai sensitivitas terhadap permasalahan di masyarakat dan berkontribusi langsung dalam mempertahankan kebhinekaan yang tetap berlandaskan dharma” pesan beliau.

Turut hadir pula Ketua Yayasan Purwa Dharma Banyuwangi, staf dosen STAH Shantika Dharma Malang Kampus II Banyuwangi dan Pengurus DPK PERADAH Banyuwangi.

Kegiatan MPAB I Banyuwangi ini berlangsung sejak tanggal 27-28 Mei 2017 dengan kegiatan antara lain Pemberian materi wajib sesuai Buku Pedoman Kaderisasi II KMHDI, Sharing, dan Diskusi. Ketua PD KMHDI Jawa Timur menyampaikan “Setelah terbentuknya Komisariat KMHDI Banyuwangi ini diharapkan mampu menjadi wadah pemersatu mahasiswa Hindu di Banyuwangi seperti pada VISI KMHDI sendiri” tutur Putu Agung Martin Sabudi.

Kegiatan diakhiri dengan dilantiknya saudara Mahatma Adi Pranata Giri Mukti sebagai Koordinator Komisariat dan saudari Komang Desi Kristina sebagai wakil Koordinator. Semoga dengan terbentuknya Komisariat KMHDI Banyuwangi dapat menambah peran aktif mahasiswa Hindu dalam menyikapi dan berkontribusi permasalahan keumatan di Masyarakat serta dapat menjaga solidaritas dan kebhinekaan antar umat beragama di Jawa Timur khususnya Banyuwangi. (*Vika /DDI)

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai