PC Karangasem : Mahasiswi Bali harus Ajegang Budaya Bali Khususnya Melalui Banten

Rendahnya kepedulian pemudi Bali sekarang ini terhadap upaya “mejejaitan” atau membuat Banten (sajen) membuat PC KMHDI Karangasem tergerak untuk membuat Diklat Banten. Diklat yang bertema kan “Ngiring ajegang budaya Bali antuk melajah mekarya Banten” ini di laksanakan pada hari Sabtu 17 Desember 2016 di Aula STKIP Agama Hindu Amlapura Karangasem.

Ketua PC KMHDI Karangasem, I Gusti Putu Kirana Dana mengatakan bahwa “sesuai tema yang kami angkat, kami ingin mengajak mahasiswa mengamalkan nilai – nilai ajeg Bali dalam kehidupan sehari – hari khususnya dalam hal sarana melakukan upakara” Ungkap pria yang akrab dipanggil Togar ini.

Selain itu, diklat ini juga sebagai rangkaian perayaan Hut ketiga PC KMHDI Karangasem yang jatuh pada 7 Desember 2016 kemarin. Gusti Putu Kirana juga menambahkan bahwa pelaksanaan diklat ini sebagai bentuk konsistensi PC Karangasem menjalankan Visi Misi KMHDI yaitu sebagai alat pendidikan kader mahasiswa Hindu.

“Pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan dalam bentuk formal, tetapi juga melalui pendidikan informal seperti melaksanakan diklat yang bertujuan membentuk kader yang berkualitas” Tambah Gusti.

Diklat ini diikuti oleh lebih dari 30 mahasiswi, dengan menghadirkan pemateri dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem Ida Made Pidada Manuaba dan Ida Ayu Nyoman Jelantik. Acara ini juga dibuka secara resmi oleh Bupati Karangasem yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, dan turut hadir pula undangan dari Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Karangasem,  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Karangasem serta dari jajaran STKIP Agama Hindu Amlapura. *DDI

Komentar Anda