MPAB VIII PD Jawa Barat, Kemasan Fun dengan Tema : Traveling with Organization

Bandung, 3 Desember 2016. Sebanyak 23 mahasiswa Hindu tingkat sarjana maupun pasca sarjana dari berbagai universitas di Jawa Barat mengikuti kegiatan MPAB (Masa Pengenalan Anggota Baru) VIII yang diselenggarakan oleh PD KMHDI Jawa Barat bertempat di Pura Vira Chandra Dharma Secapa AD, Bandung. Kegiatan  ini dilakukan sebagai langkah awal PD KMHDI Jawa Barat untuk memperkenalkan KMHDI secara lebih mendalam kepada calon anggota-anggota baru. Kegiatan yang dimulai pukul 10.30-16.00 WIB ini mengambil tema “Traveling with Organization”. Tema ini diambil karena munculnya stigma bahwa biasanya organisasi lebih sering membahas masalah-masalah yang terlalu serius sehingga mahasiswa enggan mengikuti organisasi mengingat banyaknya tugas kuliah yang juga menguras pemikiran. Dengan tema ini, PD KMHDI Jawa Barat berharap MPAB dapat membawa anggota baru menjelajah “traveling” dan mendapatkan ilmu baru tetapi dengan kemasan yang fun dan mudah untuk diterima. Sehingga nantinya stigma tadi dapat sedikit demi sedikit dipatahkan.

Hal ini senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua PD KMHDI Jawa Barat, Nyoman Trijaya Utama, bahwa meskipun KMHDI juga terkadang memiliki bahasan mengenai hal-hal serius seperti masalah pemerintahan dan isu-isu terkini, namun MPAB kali ini tidak akan dikemas dalam bentuk yang berat dan menegangkan. Sebaliknya, MPAB ini dikemas dalam bentuk pemberian materi yang menyenangkan dan komunikatif sehingga dapat memberikan kesan awal yang baik mengenai KMHDI di mata para calon anggota baru. Selain itu, Ketua PD KMHDI Jawa Barat juga berharap kader-kader yang nantinya akan dilantik terus berproses di KMHDI melalui kegiatan kakilala, DMO, TOT, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Kegiatan MPAB kali ini dibuka secara resmi oleh ketua PD KMHDI Jawa Barat. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi-materi yang disampaikan oleh kader-kader KMHDI yang telah menjalani TOT (Training of Trainer) dengan diselingi games untuk meningkatkan antusias peserta. Adapun  materi-materi yang disampaikan yaitu materi keagamaan, sejarah KMHDI, Ideologi KMHDI, struktur dan manajemen organisasi, dan ditutup dengan materi berpikir substantif. Uniknya, materi berpikir substantif disajikan dalam bentuk simulasi debat mengenai masalah terkini yang sering dialami menjelang pemilihan umum yaitu golput. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) dan pelantikan anggota baru oleh ketua PD KMHDI Jawa Barat  yang diikuti dengan penciuman bendera merah putih dan KMHDI secara bergantian oleh anggota baru. Acara ini ditutup dengan persembahyangan bersama antara panitia dan peserta sebagai ucapan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini. *Sek-PDJabar

Komentar Anda