MPAB 2016 PC Bandar Lampung, Revitalisasi Karakter Generasi Muda Dalam Berorganisasi

Minggu 27 November 2016 – Bandar Lampung. Kegiatan kaderisasi yang paling awal adalah MPAB atau Masa Penerimaan Anggota Baru. MPAB adalah suatu kegiatan kaderisasi yang harus diikuti oleh calon anggota agar dapat secara resmi menjadi anggota KMHDI. Tanpa melalui kegiatan MPAB seorang calon anggota belum dapat dinyatakan sebagai anggota KMHDI. Hal ini karena dalam MPAB seorang calon anggota akan dikenalkan dengan isi KMHDI dan kemudian dilantik secara resmi dalam suatu acara inisiasi untuk menjadi anggota KMHDI.

Secara ringkas MPAB dapat diterangkan sebagai suatu acara yang akan memperkenalkan  kader baru dengan “isi KMHDI”. Karena bentuk kegiatannya adalah perkenalan, maka materi yang diberikan tidak terlalu berat. Acara MPAB sebagai sebuah acara perkenalan harus dirancang secara menyenangkan. MPAB PC KMHDI Bandar Lampung  2016 mengangkat tema “Revitalisasi Karakter Generasi Muda Dalam Berorganisasi”. Pada MPAB kali ini PC KMHDI Bandar Lampung menambahkan seminar kewirausahaan yang bertemakan “Kreatif dalam Berwirausaha”. Tujuan diadakannya seminar kewirausahaan adalah untuk menciptakan kader muda hindu yang kreatif dalam berwirausaha sehingga kedepannya diharapkan dapat menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain.

Kegiatan MPAB PC KMHDI Bandar Lampung dilaksanakan pada 27 November 2016 yang bertempatkan di Aula SMK N 2 Bandar Lampung. Pemilihan tempat tersebut berdasarkan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari secretariat PC KMHDI Bandar Lampung agar persiapan kegiatan dapat dilakukan dengan baik dan tidak membebankan kepada panitia.

Kegiatan MPAB dihadiri oleh tamu undangan dan peserta. Tamu undangan terdiri dari  Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bandar Lampung, Presidium Pimpinan Pusat yang diwakili oleh Bapak Nyoman Novyanta, Ketua Forum Alumni KMHDI Lampung dan OKP se Bandar Lampung.  Sementara untuk jumlah peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah 174.

Sambutan yang pertama di sampaikan oleh PHDI Kota Bandar Lampung Pak Putu Soearta Adnyana. Beliaiu menyampaikan bahwa kegiatan MPAB ini sangat bagus dan memberikan aplous kepada PC KMHDI Bandar Lampung yang telah mengemas acara MPAB dengan baik dan beliau mengharapkan mahasiswa hindu di Bandar Lampung dapat berkembang. Sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan Presidium Pimpinan Pusat yaitu Bapak Nyoman Novyanta. Beliau menyampaikan  bahwa MPAB PC KMHDI Bandar Lampung memiliki peserta terbanyak se Indonesia yaitu dengan jumlah peserta 174 orang. Sedangkan sambutan terakhir diberikan oleh ketua Forum Alumni KMHDI Lampung Pak Wayan Aryudi. Beliau menyampaikan bahwa segala bentuk kegiatan dari PC akan di dukung dengan sepenuhnya, dan akan membantu setiap kendala-kendala yang di alami oleh PC maupun PD di Lampung.

Jalannya acara yaitu pada saat registrasi peserta diisi dengan penampilan kirtanam. Setelah selesai melakukan registrasi dilanjutkan dengan acara pembukaan yaitu adanya tari penyambutan yaitu tari cendrawasih, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana, lalu sambutan sambutan, doa dan penutup. Setelah acara pembukaan selesai delanjutkan dengan acara seminar kewirausahaan yang di sampaikan oleh Pak Ketut Sukrayatnya dan Pak I Made Suarjaya. Seminar kewirausahaan selesai pada pukul 12.00 wib yang selanjutnya dilakukan istirahat sembahyang dan makan. Pada sela-sela acara makan diisi dengan penampilan acoustic. Setelah istirahat dilanjutkan dengan acara-acara penyampaian materi mengenai Weda san sradha, ideologi KMHDI, sejarah gerakan mahasiswa dan sejarah KMHDI, serat penyampaian materi Mars KMHDI, asta prasetya dan Satyam Eva Jayate. Setelah acar tersebut selesai dilakukanacara penutupan yaitu adanya pelantikan anggota baru dan pembacaan SK anggota baru, kemudian dialkukannya pembacaan dan pengucapan asta prasetya oleh kader KMHDI, lalu dilanjutkan dengan doa dan prnutup.

Demikianlah jalannya acara MPAB 2016 PC KMHDI Bandar  Lampung secara ringkas. *Sekretaris PC Bandar Lampung

Komentar Anda