KMHDI dan PHDI Harus Bersinergi dalam Membangun Umat yang Berkarakter Kuat

Jakarta, 16 November 2016. Pengurus Pimpinan Pusat KMHDI melakukan audiensi ke sekretariat Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat di Jalan Anggrek Neli Jakarta Barat. Pengurus PP KMHDI yang hadir diterima langsung oleh Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Bapak Mayjen Purn. Wisnu Bawa Tenaya bersama beberapa Pengurus Harian PHDI Pusat termasuk Sekretaris Umum Bapak Ketut Parwata. Kehadiran PP KMHDI ke sekretariat PHDI Pusat dimaksudkan untuk memperkenalkan pengurus baru PP KMHDI dengan Pengurus Harian PHDI Pusat yang sama – sama baru selesai melaksanakan Kongres Nasional / Mahasabha.

Pertemuan dibuka oleh Presidium KMHDI Made Wirayasa dengan memperkenalkan jajaran pengurus PP KMHDI periode 2016-2018, yang juga pada kesempatan ini ditemani oleh Ketua Umum Pertama KMHDI Bli Wisnu Wardana sebagai perwakilan Forum Alumni (FA KMHDI).

Presidium KMHDI Made Wirayasa juga menyampaikan keinginan KMHDI dalam melakukan sinergi bersama PHDI Pusat terkait program-program pengembangan dan pembinaan umat Hindu yang telah diputuskan pada saat Rakernas X KMHDI di Bandung pada November 2016 lalu.

“Besar harapan kami bisa jauh bersinergi dengan Pengurus Harian PHDI Pusat dalam melakukan pembinaan serta pengembangan potensi – potensi umat Hindu di Indonesia khususnya kemahasiswaan dan kepemudaan”, ujar Wirayasa.

“Kami juga berterima kasih dan bangga dengan adanya beberapa alumni atau Presidium Domisioner yang telah masuk dalam jajaran kepengurusan PHDI Pusat sekarang ini, hal ini menunjukan terjadinya kaderisasi yang berjenjang dalam KMHDI. Artinya KMHDI harus mampu menciptakan bibit- bibit kader muda Hindu yang kelak akan megisi kepengurusan  dilembaga – lembaga Hindu lainya termasuk PHDI”, tambah Presidium yang berasal dari Lampung ini.

Ungkapan Presidium KMHDI langsung ditanggapi oleh Ketua Umum Pengurus Harian PHDI, bapak Mayjen Purn. TNI Wisnu Bawa Tenaya,

“Mahasiswa Hindu khususnya KMHDI bersama lembaga Hindu lainnya harus membangun karakter yang kuat dan tidak mudah terprovokasi, serta KMHDI harus selalu bisa menjadi innovator dan partner PHDI dalam membangun umat Hindu”, ujar pak Mayjen Wisnu

“KMHDI harus berani muncul didepan sebagai garda terdepan dalam setiapkegiatan kebinekaan di Indonesia, serta KMHDI juga harus datang ditengah-tengah masyarakat dengan membawa solusi dari setiap permasalahan yang ada dalam masyarakat khususnya umat Hindu”, tegas Ketua Umum PHDI.

Selain bersinergi dalam program kaderisasi, PHDI meberikan tantangan kepada KMHDI didaerah – daerah melakukan pelayanan yang nyata kepada umat khususnya memberikan dharma wacana dalam setiap persembahyangan dipura – pura masing – masing daerah.

Dalam bidang hukum atau advokasi PHDI juga ingin menjalin kerjasama dengan kader – kader KMHDI yang lulusan hukum, karena kondisi pendampingan dalam bidang Advokasi sangat dibutuhkan oleh umat Hindu khususnya didaerah – daerah umat Hindu Lokal. *DDI

Komentar Anda