BERAWAL DARI KEBERSAMAAN

PC KMHDI Palangka Raya, Menggali Potensi Kader. Diklat Manajemen Organisasi (DMO) Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Palangka Raya telah melaksanakan kegiatannya di ruang Kegiatan Mahasiswa/Perpustakaan lama STAHN-TP Palangka Raya, yang dihadiri oleh Pembimas Hindu Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah, PD KMHDI Kalteng, Ketua FA KMHDI Kalteng Sastriadi U. Bunu, PHDI Kota Palangka Raya, KNPI Kota Palangka Raya, Ketua PC KMHDI Palangka Raya, HIMA Kotim dan Presiden BEM STAHN-TP Palangka Raya Minggu, (20/11/2016).

Kegiatan Diklat Manajemen Organisasi seperti yang disampaikan ketua panitia dalam laporannya, “Kegiatan Diklat Manajemen Organisasi kali ini mengusung tema Kita Tingkatkan Potensi Diri Untuk Mewujudkan Kader KMHDI Yang Berkualitas Dan Mempunyai Daya Saing dengan harapan kader yang baru setelah mengikuti Masa Pengenalan Anggota Baru (MPAB) dan Kakilala, melalui DMO ini kader bisa mengembangakan dirinya agar menjadi Mahasiswa yang berkualitas dengan memahami dan mengerti akan teori berorganisasi dalam memanajemen sebuah kegiatan, kader juga tidak hanya dituntut paham akan teori tapi lebih kepada praktik mengorganisasi suatu kegiatan baik dalam kegiatan Internal maupun Ekternal, kegiatan ini juga dihadiri oleh 55 kader PC KMHDI Palangka Raya sebagai peserta, diharapkan juga nanti semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai.” Ucap Rollie.

Dalam sambutanya ketua PC KMHDI Palangka Raya Risyando Abe Isar “Dalam kesempatan yang berbahagia ini PC KMHDI Palangka Raya melalui Panitia bisa melaksanakan Kegiatan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) yang mana DMO adalah salah satu Kaderisasi Pokok yang harus dilalui oleh Kader KMHDI, yang nantinya sebagai regenerasi yang menjalankan roda organisasi kearah yang lebih baik, diharapak setelah mengikuti kegiatan ini teman-teman sebagai peserta bisa memahami dengan betul materi yang disampaikan, hendaknya bisa diterapkan dalam kegiatan atau keseharian kita. Jadikan lah KMHDI sebagai Rumah untuk kita Mahasiswa Hindu yang ada di Indonesia khususnya kita di Palangka Raya, kita dari beberapa perguruan tinggi bisa bersatu dan bersama disini karena KMHDI, kita disini dipertemukan oleh KMHDI. KMHDI juga sebagai jembatan untuk teman-teman belajar, menggali jati diri, menumbuhkan rasa solidaritas antar Mahasiswa Hindu dan berkarya. Untuk teman-teman yang tidak bisa nari Mandau dikarenakan kurangnya kesiapan,masalah baju, dana dan lain-lain, jangan patah semangat, kreativitas dan bakat yang ada di diri kader tidak bisa ditampilkan karena hal seperti itu, semoga kedepanya lagi dikegiatan yang lain akan kita tampilkan, jangan sampai karena dana, kesiapan dan lain-lain menghabat teman-teman untuk berkreasi. ” tegas Risyando Abe Isar.

Nali Eka salah satu Alumni KMHDI Kalteng yang pada saat itu mewakili Ketua PHDI Kota Palangka Raya dalam sambutannya, menyapaikan permohonan maaf dari Ketua PHDI Kota Palangka Raya yang pada hari ini tidak bisa hadir ditengah-tengah kita kerena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. “harapannya semua yang mengikuti kegiatan ini bersungguh-sungguh jangan sampai, setelah kegiatan ini ada yang bekerja sendiri, tapi kita belajar untuk berkerja sama dalam suatu Tim, karena materi-materi yang akan disampaiakn sangat berguna dan tidak kalian temukan dibangku perkuliah.” ucapnya.

Ketua PD KMHDI Kalteng pada waktu itu diwakili oleh Sekretarisnya Wayan Wirawan dalam sambutannya, “ kami dari PD KMHDI Kalteng selalu mendukung akan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PC KMHDI Palangka Raya dalam menjalankan program kerja yang sudah di tetapkan, peserta sekalian Diklat Manajemen Organisasi (DMO) ini nanti adalah sebagai syarat kalian untuk mengikuti Treining Of Trainer (TOT) yang nanti akan dilaksanakan oleh PD KMHDI Kalteng, untuk hal itu diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.”

Kegiatan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Palangka Raya dibuka langsung secara resmi oleh Sisto Hartati selalu Pembimas Hindu Kemenag Prov. Kalteng, kali ini beliau berpesan. “Kegiatan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) ini sangat bermanfaat bagi ade-ade Mahasiswa, karena dibangku kuliah tentu hal seperti ini tidak akan kita dapatkan, dan kegiatan seperti ini juga sangat membantu kami khususnya Pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia, dan program kerja ini kami harapkan terus di laksanakan karena ini sungguh bermanfaat setalah ade-ade mahasiswa lulus dan terjun kembali ke Masyarakat. Harus ade-ade ingat juga jangan lupa dengan sekolahnya jangan sampai lalai dengan kewajiban sebagai Mahasiswa” kata Sisto Hartati.

Kegiatan diawali dengan tarian pembukan yang dipersembahakan oleh kader PC KMHDI Palangka Raya Putu Riantika Sari, dalam kegiatan DMO panitia berkerja sama dengan PT. Jasaraharja dan CV. Sumerta Sari Travel. Dalam kesempatan itu pula PT. Jasaraharja memberikan Sosialisasi sebelum kegiatan inti dari DMO dimulai. Saat sosialisasi yang disampaiakn oleh PT. Jasaraharja juga membagikan hadiah berupa helm kepada peserta DMO untuk penanya terbaik, antusias peserta saat bertanya hampir semua ingin bertanya dengan mengangkat tangan, pertenyaan peserta pun beragam, sehingga menghidupkan suasana tanya jawab.

Penyampaian materi dalam hal ini disampaiakan olehh kader yang sudah mengikuti TOT dimana, penyampaian materi dan praktik dilakukan oleh peserta yang dibantu oleh senior-senior saat mempraktekan. Materi yang disampaiakan saat DMO antara lain, Analisa SWOT yang disampaikan oleh I Made Budiarse, GBPK Oleh Bayu Dwiartha Wibawa, Program Kerja Oleh Wayan Wirawan, Kalender Kegiatan oleh Serni Maharati, Job Description oleh Mega Riska, Run Down oleh I Komang Pasek S., Proposal oleh Hardiyono, dan terakhir Teknik Persidangan disampaiakan oleh Risyando Abe Isar, dan ditutup oleh kegiatan Study Kasus yang dibawakan oleh Indra. Kegiatan satu hari sampai larut malam ini tidak mengurang semangat seluruh peserta untuk tetap mengikuti kegiatan walau dalam raut wajah terlihat cape, lemas, dan ngantuk dikarenakan semua akan kuliah besok paginya.

Waktu terus berjalan, kegiatan Diklat Manajamen Organisasi sampai pukul 11.00 WIB dan waktunya penutupan, kegiatan pun ditutup secara resmi oleh Ketua PD KMHDI Kalteng Hugeng M. Simpei, pada kesempatan itu juga ketua PC KMHDI Palangka Raya Risyando Abe Isar menyerahkan hadiah pemenang lomba menulis saat kegiatan MPAB yang dimenangkan oleh Putu Riantika Sari. Dalam akhir kegiatan tidak lupa dengan semangat seluruh peserta foto bersama, beberapa peserta pulang kerumah. Panitia dan ada beberapa peserta malam itu juga memberishkan peralatan dan ruangan yang sudah digunakan, barang-barang pun dibawa kesekretariat KMHDI Kalteng.

Akhir kegiatan ketua PC KMHDI Kota Palangka Raya Risyando Abe Isar berpesan, “jaga terus kekelurgaan yang ada, jangan malu datang kesekretariat, mengerjakan tugas dan segala macam ayo kesekretariat yang selalu terbuka 24 jam untuk semua, yang perlu kita ingat sebagai mahasiswa jangan takut salah selagi kita mahasiswa dan jadikan setiap tempat yang teman-teman singahi itu sebagai sekolah, jadikan semua orang yang kita temui itu adalah guru untuk kita dan terakhir jadikan semua pengalaman, sakit, sedih, susah, gembira, senang yang kita lalui itu sebagai proses untuk kita menapa diri,” dan diakhiri dengan teriankan “Satyam Eva Jayate, Satyam Eva Jayate, Satyam Eva Jayateeeeeeeeeeee” pungkasnya, sahut seluruh yang ada diruangan dengan lantang “Jayaaaaaaa”.

 

Created by: Rara Andriani

Editor: PC KMHDI Palangka Raya

Komentar Anda