PC KMHDI PALOPO, PC PMII PALOPO dan GMKI Cabang Palopo Gelar Dialog Lintas Agama dan Dialog Kepemudaan

Kegitan ini merepakan salah satu hasil keputusan bersama beberapa Organisasi yakni: PC KMHDI PALOPO, PC PMII PALOPO dan GMKI Cabang Palopo dimana bertujuan untuk mempererat persodaran antar umat beragama demi keutuhan NKRI. Kegitan dialog lintas agama ini berlangsung pada Selasa 18 Okterber 2016 yang bertempat digedung Sakotae Kota palopo.

Dialog lintas agama ini dihadiri ratusan peserta dari beberapa organisasi diantaranya: Tokoh Agama, tokoh pemuda, Tokoh masyarakat, Kasat Bimnas Polres Palopo Bpk Marten SR dan seluruh OKP-OKP yg ada dikota palopo yang . Kegiata dialog ini dibuka resmi oleh wali Kota Palopo yang diwakili Oleh Asisten satu Bapak Moh Hatta Toparakassi, SH M. Hum ”pemimpin-pemimpin masadepan telah ada didepan mata, Ketika sudah bersatu seluruh pemuda yg ada dikota palopo, maka niscaya palopo tetap menjadi Kota idaman, dengan diadakan kegiatan seperti dialog lintas agama diharapkan setiap agama, mampu saling menghargai untuk menjaga keutuhan NKRI, dan secara khusus Kota Palopo yang kita cintai tegas” tegas Moh. Hatta dalam sambutannya.

Ketua PC KMHDI Palopo mengatakan bahwa kegitan ini merupakan langkah awal khususnya PC KMHDI PALOPO,untuk membuka pintu Eksternal KMHDI yg ada di palopo, karena selama ini KMHDI palopo Hanya melakun kegiatan Internal. selain itu kami ingin menyatukan kempali CIPAYUNG PLUS yg ada di kota Palopo yang  sempat redup. Maka dari kami KMHDI,PMII dan GMKI, ingin menjadi pramotor pertama untuk membangkitkan kembali CIPAYUNG PLUS, hal ini juga digambarkan oleh Ketua PC PMII PALOPO dan GMKI Cabang Palopo dalam sambutan beliau.

Didalam Kegiatan lintas Agama ini kami mengundang Tiga Narasumber dari Tokoh Agama Hindu, Darmadi Putra S.SOS.H, dan dari Tokoh Agama Islam Dr. Muhaemin M.A  dan dari tokoh Agama Kristen Pdt. Lambang Mandi Tandi Pare,S.Si,M.Si Ketiga Narasumber menyampaikan bagaimana pandangan pluralitas dan kebangsaan dalam pandang setiap Agama baik dari Hindu dan Kristen. Dari dialog ini menghasilkan sebuah komitmen bersama bahwa pluralitas itu sangat penting dalam Agama demi keutuhan NKRI, dan UUD 1945, perlu kita jaga bersama didalam Bhineka Tungal ika, Berbeda-beda tetapi tetap satu yaitu dalam satu, kesatuan  indonesia.

Setelah usainya melaksanakan Dialog Lintas Agama, dilanjutkan Dengan Dialog Kepemudan yg dihadiri oleh OKP-OKP dan ORGANDA-ORGANDA yang ada di kota Palopo. Kegitan ini Bertema MATINYA GERAKAN PEMUDA KOTA PALOPO,ADA APA?. Dalam dialog ini seluruh ORGANDA dan OKP-OKP menyampaikan Refleksi mengenai Gerakan yg ada di kota Palopo, sehingga menghasilkan berbagai tawaran untuk kembali menyatukan gerakan yang ada di kota palopo, sehingga menghasikan pengerucutan yang pasti, khusus gerakan bersama CIPAYUNG PLUS di Kota Palopo.

Komentar Anda