Ada Cerita di MPAB XV PC KMHDI Palangka Raya

Masa Pengenalan Anggota Baru (MPAB) KE XV PC KMHDI KOTA PALANGKA RAYA

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia merupakan suatu organisasi sebagai wadah bagi seluruh mahasiswa yang beragama Hindu di Indonesia dan khususnya di Palangka Raya Kalimantan Tengah, bersatu menggalang persaudaraan, melakukan kegiatan yang bermanfaat berguna untuk semua orang, dan mengabdi pada masyarakat. Sebagai bentuk suatu kesadaran kita dan kesolidaritasan, tentunya kita sebagai mahasiswa yang seiman hendaknya ikut turut serta bergabung dan menjadi kader.

Oleh sebab itu, PC KMHDI Kota Palangka Raya melaksanakan program kerja mereka yang disebut “Kaderisasi” atau pengenalan anggota baru/kader baru. Dengan adanya program kerja tersebut, atas Asung Kerta Ware Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ranying Hatalla Langit Tuhan Yang Maha Esa,  maka terlaksana lah Perkemahan dalam rangka kegiatan MPAB PC KMHDI Palangka Raya Ke-XV di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng Tangkiling pada tanggal 1-2 Oktober 2016.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut meliputi pemberian materi kepada calon kader, penanaman seribu pohon, perkenalan antara kader KMHDI dengan calon kader KMHDI, diskusi kelompok, acara api unggun, senam bersama, game, wisata di sei gohong dan tentunya yang paling penting adalah pelantikan 53 kader baru oleh Risyando Abe Isar selaku Ketua PC KMHDI Kota Palangka Raya.

Pada kegiatan pembukaan di hadiri oleh Pembimas Hindu Provinsi Kalimantan Tengah, PHDI Kota Palangka Raya, DPP Peradah Indonesia Kalteng, PD KMHDI Kalteng, FA KMHDI Kalteng, PC KMHDI Kota Palangka Raya, HIMA KOTIM Presiden BEM STAHN-TP Palangka Raya, dan PMH UPR, beserta Peserta Perkemahan/Calon Kader Baru PC KMHDI Kota Palangka Raya.

Bentuk kepedulian dalam mendukung kegiatan MPAB XV PC KMHDI Palangka Raya, Dra. Sisto Hartati, M.Si Pembimas Hindu Prov. Kalteng atas nama pribadi memberikan bantuan dana untuk mensukseskan acara dan diterima langsung oleh ketua panitia Supriyanto. Beliau juga memberikan apresiasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan KMHDI dalam sambutan beliau juga banyak berpesan dan memotivasi seluruh peserta yang hadir saat itu bahwa sangat penting untuk pemuda Hindu aktif berorganisasi sebagai wadah untuk belajar, menempa diri dan berkarya, beliau juga mengatakan jangan sampai lupa tujuan utuma kita yaitu kuliah.

Dalam kesempatan yang sama Nali Eka Sakretaris PHDI Kota Palangka Raya yang juga Alumni KMHDI Kalteng sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PC KMHDI Kota Palangka Raya, dan dengan kegiatan ini pula sangat membantu lembaga-lembaga keagaman dalam pembinaan terhadap mahasiswa Hindu yang ada di Kota Palangka Raya, beliau juga memberikan motivasi dan juga tips-tips menjadi mahasiswa yang berkualitas dengan aktif di beberapa kegiatan organisasi baik itu organisasi internal maupun eksternal.

Kebersamaan, Kekeluargaan, Kekompakan sangat jelas terlihat antara sesama kader. Bahkan bukan hanya sesama kader tetapi kepada semua orang yang hadir disana. Seperti yang kita ketahui, Mahasiswa pada umumnya merupakan suatu fase. Dimana ketika kita masih menjadi remaja, kemudian beranjak menjadi dewasa. Pola pikir kita berbeda dari anak-anak sekolah menengah. Maka dari itu lah kita sadar, siapa kita ? apa tugas kita? apa tujuan kita? Sekarang nampak jelas sedikit demi sedikit, dan KMHDI merupakan satu diantaranya.

            Melalui kegiatan MPAB XV tentunya besar harapan kader KMHDI kepada calon kader, yang lebih tepatnya disebut kader baru. Tentunya mereka ingin kader baru menjadi generasi penerus yang militan, aktif dan tentunya tidak terkena seleksi alam. Seleksi alam yang dimaksud disini adalah berkurangnya keaktifan dan kesolidaritasan kader terhadap kegiatan KMHDI.

Galang Persaudaraan, Emban Tugas Mulia, Sadar Sang Diri Kewajiban Bersama, Pengabdian Masyarakat Yang Utama

Begitu lah kutipan teks Mars KMHDI, sesuai denga kutipan teks Mars KMHDI tersebut mereka menggalang persaudaraan, mereka sadar bahwa diri merekalah yang wajib untuk mengemban tugas mulia itu bersama, dan yang paling utama bagi mereka adalah mengabdi pada masyarakat. Menjalankan tugas dan kewajiban mereka sebagai kader KMHDI yang militan dan ikut serta dalam pembangunan bangsa.

            Maka dari itu, mari kita bersama-sama berkarya, berkreasi, belajar menjadi kader yang berguna untuk semua orang. Mengabdi pada masyarakat dan negara. MPAB Ke-XV sudah berlalu, sekarang mari kita persiapkan MPAB Ke-XVI, Ke-XVII, XVIII dan seterusnya.

 

SATYAM EVA JAYATE

JAYA…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Created By : Putu Riantika Sari

Komentar Anda