Membangun Integritas KMHDI, Melalui MPAB VIII PC KMHDI Samarinda

Samarinda, Kalimantan Timur- Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Samarinda pada tahun 2016 ini kembali melaksanakan MPAB (Masa Pengenalan Anggota Baru) Ke-VIII.  Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 24 September 2016 di Pura Jagat Hita Karana Kota Samarinda ini berlangsung dengan lancar walaupun dipagi hari hujan mengguyur wilayah Kota Samarinda. MPAB VIII PC KMHDI Samarinda tahun ini mengusung tema “Membangun Integritas KMHDI Melalui Kaderisasi yang Berkualitas Berlandaskan Dharma”. Selain mahasiswa-mahasiswa yang akan menjadi anggota baru, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Kalimantan Timur dan lembaga-lembaga keagamanaan Hindu tingkat Provinsi dan Kota Samarinda.

 

Dalam laporannya, I Gede Astika GS menjelaskan secara singkat apa itu MPAB yang merupakan kaderisasi wajib dalam sistem kaderisasi KMHDI dengan bertujuan untuk mengenalkan KMHDI serta kegiatan untuk saling mengenal antar anggota baru dan anggota yang telah terlebih dahulu masuk kedalam KMHDI, dalam laporannya ia juga menyampaikan tahapan-tahapan sebelum MPAB dilaksanakan seperti sosialisasi ke berbagai Perguruan Tinggi di Kota Samarinda dan sekitarnya. Sementara itu Ketua PC KMHDI Samarinda, Ida Ayu Dita dalam sambutannya menyampaikan peran aktif PC KMHDI Samarinda dalam berbagai kegiatan keumatan dan mengharapkan dukungan dari segala pihak untuk bersama-sama memajukan PC KMHDI Samarinda.

 

Ketua PHDI Kota Samarinda, I Ketut Witana yang juga berkesempatan memberi sambutan pada pembukaan kegiatan ini, beliau memberi apresiasi terhadap peran KMHDI dalam membantu PHDI dalam berbagai kegiatan pemberdayaan umat serta memberi saran-saran agar PC KMHDI Samarinda tetap dapat bergerak selaras dengan organisasi lain, khususnya organisasi kepemudaan. MPAB VIII PC KMHDI Samarinda akhirnya dibuka secara resmi oleh Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Propinsi Kalimantan Timur, Drs. Anak Agung Gede Raka Ardita M.Si, sebelum membuka kegiatan ini beliau dalam sambutan menyampaikan pentingnya generasi muda Hindu untuk dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun  internasional karena kedepan persaingan akan semakin berat dengan kemajuan zaman yang semakin cepat, beliau juga berharap bahwa akan lahir pemimpin-pemimpin muda Hindu dari Kalimantan Timur mengingat bahwa wilayah Kalimantan Timur merupakan awal dari berkembangnya Agama Hindu di Indonesia.

 

MPAB VIII PC KMHDI Samarinda tahun ini diikuti oleh puluhan orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kota Samarinda dan sekitarnya, Kegiatan MPAB yang dikemas dengan penyampain materi serta praktek ini bertujuan agar mahasiswa Hindu dapat terus peka terhadap berbagai perubahan dan tantangan zaman akan tetapi tetap memiliki integritas yang tinggi sehingga menghasilkan kader-kader KMHDI baru yang religius, humanis, nasional dan progresif sesuai dengan jati diri KMHDI, terlihat para peserta MPAB sangat serius dan semangat dalam mengikuti MPAB ini terbukti dengan aktifnya mereka dalam bertanya, menjawab maupun menanggapi pada berbagai materi yang disampaikan. Diakhir kegiatan dilaksanakan pengukuhan sebagai tanda bahwa mahasiswa yang mengikuti MPAB telah resmi menjadi anggota KMHDI.

 

Ditulis Oleh Bidang Penelitian & Pengembangan PC KMHDI Samarinda

 

Komentar Anda