Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) berusia 23 tahun pada 3 September 2016

Presidium Pimpinan Pusat KMHDI Putu Wiratnaya berharap, di usia ke 23, KMHDI mampu menempatkan diri di berbagai sektor masyarakat guna menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.
 
Namun tidak terlepas dari peran mahasiswa sebagai agen kontrol dan agen perubahan.  "Di perayaan ultah, semua cabang juga melaksanakan kegiatan sesuai kebutuhan daerah masing-masing sehingga jenis kegiatannya berbeda," ujar Wirat kepada NusaBali, Sabtu (3/9).
 
Bahkan ada yang mulai dari sebulan lalu melaksanakannya. "Puncak acaranya malam ini," imbuh pria yang akrab dipanggil Wirat ini. Beberapa daerah ada yang menggelar perlombaan untuk anak-anak sampai tingkat SMA. Lomba tersebut antara lain membaca puisi, menulis, baca sloka dan futsal. Ada pula kegiatan sosial seperti mengunjungi dan memberikan santunan kepada yang kurang mampu dan melaksanakan kegiatan peduli lingkungan.
 
Sebagai presidium, dia sangat berterimakasih kepada semua tokoh pendiri yang mampu melahirkan KMHDI ditengah-tengah kelamnya situasi sosial kemasyarakatan bangsa Indonesia kala itu. Semangat perjuangan tersebut akan terus diwarisi generasi penerus KMHDI sebagai panutan dan pedoman untuk melangkah lebih maju lagi.
 
"Karena keberhasilan tidak hanya terindikatori dari sejauh mana ia menguasai ilmu organisasi, tetapi bagaimana ia bergerak atas dasar sejarah yang terukir di masanya," ucap Wirat.
 
Wirat menuturkan, usia ke 23 tahun, KMHDI bisa diibaratkan sudah cukup dewasa. Pada usia itu, manusia akan menunjukan semangat jati dirinya. Begitupula dengan KMHDI, nilai jati diri yang sering didengungkan harus menjadi dasar dalam berkarya.
 
Sehingga identitas sejati KMHDI benar-benar terpatri di dalam jiwa kader. Seorang kader KMHDI sejatinya adalah kader  yang siap sedia berjuang di jalan Hindu, melaksanakan darma agama dan darma negara yang memuat nilai-nilai religius, humanis, nasionalis dan progresif. Kader KMHDI juga harus mengesampingkan kepentingan pribadi dan mengutamakan kepentingan umat, masyarakat, bangsa dan negara.
 
"Di usia yang ke 23 tahun ini, semoga KMHDI tumbuh menjadi organisasi besar, organisasi pengabdian dan organisasi perjuangan kader muda Hindu," katanya

Sumber: http://nusabali.com/berita/7343/kmhdi-masuki-usia-23-tahun

Komentar Anda