LAPORAN KUNJUNGAN PRESIDIUM (Putu Surya Adnyana) SEMESTER 4 PERIODE 2014-2016 #PTSA

OM Swastyastu,

Om anubadrah kratavo yantu vivatah  (semoga pikiran baik datang dari segala penjuru)

            Atas Asung Kerte Waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, PRESIDIUM PP KMHDI telah melaksanakan kewajiban organisasi yaitu kunjungan ke daerah-daerah (Mahasiswa Bogor JABAR, Mahasiswa Hindu Medan SUMUT, PC Bandar Lampung, PC Metro, PD Lampung, PD KMHDI JABAR, PD KMHDI SUMSEL, PD KMHDI KALTENG, PD KMHDI JATIM PD KMHDI Bali) sesuai program kerja masa kepengurusan periode 2014-2016. Sebagai tanggung jawab pengurus sudah semestinya menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan organisasi dan kondisi daerah yang di kunjungi.

Kesatuan Mahasiswa Hindhu Dharma Indonesia ( KMHDI ) adalah organisasi Mahasiswa Hindu yang diakui secara Nasional dan sebagai wadah pemersatu Mahasiswa Hindu. Selain itu juga kita sadari bahwa salah satu kewajiban kita sebagai kaum terpelajar adalah bagaimana mengupayakan adanya perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan generasi muda khususnya untuk generasi muda Hindu. Sehingga Diharapkan disetiap selesai kunjungan  ke daerah-daerah pengurus menyanpaikan Laporan Pertanggung Jawabannya. Karena melalui Laporan Pertanggung Jawaban ini kita bisa melihat sejauh mana perjalanan organisasi baik di tingkat PD, dan PC dalam mengemban Dharma Agama dan Dharma Negara. Serta mengevaluasi terhadap segala sesuatu yang menjadi kendala organisasi dan mencari solusi dari kendala/permasalahan yang dihadapi untuk lebih meningkatkan kinerja pengurus dalam melaksanakan tugas organisasi.

I. Kunjungan ke Mahasiswa Bogor IPB Jawa Barat

            Kunjungan ke Mahasiswa Bogor dilakukan pada tanggal 5 Maret 2016 dalam rangka Upgreding Pengurus KMHD IPB sekaligus observasi (A1), sosialisasi (A2), KMHDI. Saya berangkat berdua dari Jakarta bersama ketua PD Jakarta (Nanada Riska) dengan naik kreta komuter line dari stasiun Jati Negara sampai stasiun Bogor. Seasampainya di stasiun saya di jemput 2 panitia dengan naik motor, dan langsung membawa kami ke tempat acara ditempuh kurang lebih 45 menit dengan jalan yang macet dan nyelap nyelip kayak dikejar hantu gitu hehehe. Sesampai di acara, acara ternyata sudah di mulai dan saya pun berjumpa dengan Ketua KMHD IPB dan mengkomunikasikan berapa jumlah Kampus yang ada Hindunya, mahasiswa Hindu. Pukul 10.00-12.00 WIB kita adakan Sosialisasi KMHDI di Aula kampus IPB yang di hadiri 25 mahasiswa Hindu, 5 Pengurus PD KMHDI JABAR. Di dalam acara sosialisasi materi yang disampaikan adalah visi misi dan tujan serta semboyang organisasi KMHDI. Selain itu juga di jelaskan mekanisme masuk KMHDI dan bagaiman cara pembentukan KMHDI terutama di Bogor.

            Setelah sosialisasi usai maka dilanjutkan diskusi non formal dan perkenalan personal agar terjadi ikatan emosional dan rasa memiliki bahwa kita adalah sama-sama yang mampu ikut berorganisasi serta mengisi pengetahuan dengan jalan berorganisasi, dan akhirnya pun saya pamit pulang.

  1. Kondisi Objektif Mahasiswa Hindu Bogor

 

       B. Evaluasi Kegiatan

  1. Masih belum sepenuhnya mahasiswa mau menerima KMHDI, karena beranggapan KMHD sama dengan KMHDI.
  2. Komunikasi dan kerjasama antar organisasi keumatan Belum Terjalin.
  3. Potensi mahasiswa hindu cukup banyak.

 

 

  1. Transportasi Kreta Jakarta-Bogor Pulang Pergi di bayarin Nanda Riska (Ketua PD Jakarta)
  2. Makan dan minum di perjalanan di bayarin Nanda Riska dan panitia
  3. Taksi Rawamangun-Stasiun Jatinegara                                         = Rp.  50.000,-
  4. Bajai Stasiun Jatinegara-Rawamangun                                         = Rp. 40.000,-

 

 II. Kunjungan ke Mahasiswa Hindu Medan Sumatera Utara

            Kunjungan ke Mahasiswa Ambon Maluku dilakukan pada tanggal 11-14 Maret 2016 dalam rangka observasi (A1), sosialisasi (A2), MPAB (Masa Penerimaan Anggota Baru) (A3) KMHDI. Hari pertama saya berjumpa dengan Ketua PHDI di Kota Medan, saya mengkomunikasikan berapa jumlah umat Hindu, mahasiswa Hindu, dan berapa organisasi keumatan serta bagaimana potensi keumatan serta keorganisasian di kota Medan. Sesuai data awal yang saya peroleh sebelum saya datang ke Medan Sumatera Utara yang di kirim oleh Mahasiswa Medan.

            Pada sabtu sore tanggal 12 Maret 2016  pukul 17.00 WIB kita adakan Sosialisasi KMHDI di Sekretariat PHDI Kota Medan yang di hadiri 15 mahasiswa Hindu, 5 Pengurus PHDI Kota Medan. Di dalam acara sosialisasi materi yang disampaikan adalah visi misi dan tujan serta semboyang organisasi. Selain itu juga di jelaskan mekanisme masuk KMHDI dan bagaiman cara pembentukan KMHDI terutama di Medan. Didalam acara sosialisasi semua peserta sangat antusias mendengarkan serta aktif bertanya mengenai keluh kesah bagaimana cara membagi atara kuliah dengan berorganisasi. Tanpa terasa waktu pun menunjukkan pukul 20.00 WIB artinya sudah 3 jam kita secaara serius mensosialisasikan apa itu KMHDI, karena biar bagaimanapun kita manusia seperti halnya sebuah gelas, jika terus dikasih air maka kita akan penuh dengan demikian kita seyogyanya harus bertahap dan berkesinambungan dalam mempelajari KMHDI, biar tidak lupa atau tumpah seperti gelas yang kepenuhan.

            Setelah sosialisasi usai maka dilanjutkan diskusi tidak formal dan perkenalan personal agar terjadi ikatan emosional dan rasa memiliki bahwa kita adalah sama-sama yang mampu ikut berorganisasi serta mengisi pengetahuan dengan jalan berorganisasi, dan akhirnya pun kita tidur. Keesokan harinya kita melakukan melaksanakan MPAB, dalam acara tersebut dihadiri organisasi keumatan yang ada di Sumut (Pembimas, PHDI,WHDI, dan umat dari kuil). Dalam laporan ketua panitia (Krisna) menyampaikan kegembiraannya karena sudah hampir 10 tahun mendambakan organisasi kemahasiswaan untuk ada di Medan, namun baru hari ini bisa terhujud sehingga kami sangat menyambut baik akan kehadiran Presidium KMHDI di Medan. Di lajutkan sambutan PHDI Medan (Raja) beliau menyampaikan, bahwa semakin banyak ada organisasi makin bagus karena makin banyak di ajak memikirkan umat. Selanjutnya sambutan PHDI Provinsi Sumatera Utara (Narensami) mengatakan bahwa di Sumatera Utara ini umatnya sangat kompek dan semua suku ada hindu nya dari Bali,Jawa,Cina,Tamil Dan Batak Karo sehingga sangat perlu diadakan sinergi dalam pembinaan umat di daerah ini.

Senada dengan bapak Pembimas (Antoni) bahwa organisasi kemahasiswaan atau ormas yang sah dan terdaftar di KESBANGPOL itu ada anggaran baik di pemerintah Provinsi maupun di Pembimas dalam hal ini perpanjangan dari Kementrian Agama. Dengan demikian tiba saat presidium (Putu Surya Adnyana) menyampaikan, kami KMHDI adalah fasilitator untuk semua mahasiswa seluruh Indonesia, yang menjalankan organisasi adalah teman-teman di daerah maka kami hanya bisa mempasilitasi untuk pembentukan , selanjutnya mau aktif atau tidak adalah teman sendiri yang tentukan, selain itu juga kami menitipkan teman-teman KMHDI kepada bapak PHDI dan Pembimas serta seluruh umat Medan untuk selalu mengingatkan mereka untuk aktif berkegaitan dan berkomunikasi kepada seluruh organisasi yang ada di Sumatera Utara maupun kami yang ada di pusat. Dengan berakhirnya sambutan- sambutan kami melasanakan makan bersama dan foto bersam serta sembahyang bersama. Selanjutnya kami lanjutkan dengan materi MPAB, yaitu penyampaian materi tentang Panca Sradha, Jati Diri dan Idologi KMHDI serta pengenalan Surat Menyurat dan Proposal.

      Kemudian saya diajak kunjungan ke Kuil-kuil yang ada di Sumatera Utara antara lain (kuil siwa, kuil dewi, kuil kartike, kuil mariaman) dan tentu tidak lupa kunjungan ke makanan khas maupun kuliner medan Dan akhirnya keekan harinya saya pun pamit pulang menuju Palembang karena saya udah lama gak pulang        

  1. Kondisi Objektif Mahasiswa Hindu Medan

 

       B. Evaluasi Kegiatan

  1. Masih Banyak nya Komplik atar Lembaga Keumatan Hindu di Sumut.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar dan organisasi keumatan terjalin cukup baik.
  3. Antusias para kader yang sangat tinggi dalam mengikuti sosialisasi dan MPAB.
  4. Potensi mahasiswa hindu sangat banyak.

 

  1. Pesawat Jakarta- Medan ->Panitia Medan (PHDI Medan)         
  2. Pesawat Medan-Palembang->Panitia Medan (PHDI Medan)
  3. Konsumsi selama di Medan di tanggung oleh Panitia
  4. Uang Oprasional PP                                                                      = Rp. 500.000,-

 

 

 

III. Kunnjungan KE PD PC KMHDI se-Lampung

            Kunjungan ke KMHDI Lampung dilakukan dari Palembang sepulang dari Medan pada tanggal 25-29 Maret 2016 dalam rangka pendampingan dan pemantauan kondisi PD PC di Lampung Sekaligus Diklat Menejemen Organisasi (DMO). Dengan Mengunjungi KMHDI Lampung maka secara langsung dapat mengunjungi PC KMHDI Bandar Lampung karena sekretariat mereka gabung dan serlanjutnya mengunjungi KMHDI Metro yang jarak Metro dari Bandar Lampung hanya 2 jam saja. Adapun kegiatan yang saya lakukan di Lampung sebagai berikut:

  1. Tanggal 26 Maret 2016, acar DMO PC KMHDI Bandar Lampung yang pada kesempatan itu saya di daulat memberikan materi Kepemimpinan Hindu. Dalam penyampaian saya menekankan bahwa kepemipinan ASTA BRATA kita sudah jelas mengatur dan mengajarkan kepada kita agar menjadi pemipin itu seperti apa. Selain itu juga saya mengenalkan 7 organisasi Nasional Hindu karena sebelum menjadi pemipin kita harus mengenal apa yang kita pimpin dan dalam ruang likup apa kita bergerak, sehingga kita tidak menghabiskan tenaga dan bekerja sesuai tufoksinya.
  2. Tanggal 27 Maret 2016 kunjungan di PC KMHDI dan bersilekrame di rumah alumni yang sekarang sudah menjadi anggotra dewan provinsi ( I Made Suarjaya). Dalam kunjungan ke rumah alumni kami banyak diberikan motivasi dan dorongan bahwa teruskan semangat pengabdian karena perbuatan tak pernah mengingkari hasil. Selanjutnya kunjungan ke PC KMHDI Metro kami menyempatkan diri berdikusi selam 2 jam tentang organisasi dan keumatan, karena kebetulan selain mahasiswa ada juga organisasi siswa, sehingga perlu kita isi pengetahuan mereka dengan ilmu organisasi.
  3. Tanggal 28 Maret 2016 kita manggang dan buat sate lilit bersama kader KMHDI Bandar Lampung di skretariat bersama PD KMHDI Lampung, sekaligus pembubaran panitia DMO Bandar Lampung.
  4. Tanggal 29 Maret 2016 saya pamit menuju Jakarta naik pesawat.

Demikian laporan kegiatan yang saya lakukan, mengenai kondisi objektif Mahasiswa Hindu se Lampung sudah kami jelaskan di laporan-laporan sebelumnya.

  1. Perincian Pengeluaran Dana
  1. Tiket Bus Palembang-Lampung                                                   = Rp. 250.000,-
  2. Pesawat lampung Jakarta                                                              = Rp   350.000
  3. Londry, Snek, Pulsa dan Sabun                                                    =Rp.  150.000,-
  4. Makan dan minum serta transportasi di tanggung PD PC se Lampung.

Total                                                                                        = Rp. 750.000,-

IV. Kunjungan Ke PDKMHDI JABAR

Kunjungan ke PD KMHDI JABAR dilakukan pada tanggal 1-4 April 2016 dalam rangka Dikilat Menejemen Organisasi (DMO). Kunjungan dilakukan dengan naik Kreta, dari Jakarta menuju JABAR. sesampainya disana diajak sembahyang di pure Siliwangi oleh GUNG Dalem (Ketua Departemen Litbang PP KMHDI) serta makan malam. Dilanjutkan berdiskusi bersama pengurus dan alumni.tentang acara DMO besok. DMO dilaksanakan tanggal 2-3 April 2016 yang dilaksanakan di Vila Lembang Jawa Barat, dengan dihadiri semua Pengurus dan alumni yang berkesempatan hadir sekitar 25 orang total keseluruhan.

            Didalam acara pembukaan hanya ada sambutan ketua PD KMHDI JABAR dan Presidium sekaligus membuka acara tersebut. Materi yang disampaikan pada acara DMO adalah (Panca Srada, struktur organisasi, analisas SWOT,proposal, persidangan) selama dua hari oleh pemateri dari PP (Putu Surya Adnyana, Gung Dalem, Cit Amri). Dalam acara itu yang seru adalah pemateri dan penerima materi sepakat tidak tidur sehingga kegiatan DMO dilakukan secara marathon dari pukum 12.000-12.00, ini yang membuat berkesan materi yang dismpaikan secara santai tapi serius ini sangat menarik peserta DMO untuk terus menggali dan memahami materi yang disajikan.

 

 

 

B. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang datang dalam DMO cukup maksimal.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan dengan organisasi keumatan belum terbangun.
  3. Antusias para kader yang sangat tinggi dalam mengikuti DMO
  4. Masing kurang kesadaran menjaga keberlangsungan secretariat.

 

  1. Transportasi kreta Jakarta – Bandung                                           = Rp.      125.000,-
  2. Transportasi kreta Bandung Jakarta                                              = Rp.       105.000,-
  3. Ojek stasiun cawang skret                                                                        = Rp.         30.000,-
  4. Oprasional PP                                                                              = Rp.       500.000,-+
  5. Makan penginapan ditanggung Gung Dalem dan panitia                                                           

TotalRp. 730.000,-

V. KUNJUNGAN KE PD KMHDI SUMATERA SELATAN

Kunjungan ke PD KMHDI Sumatera Selatan dilakukan pada tanggal 19-26 April 2016 dalam rangka Trening Of Trener (TOT) Regional Barat (Jakarta, Lampung,Metro,Bandar Lampung, OKU, Sumatera Selatan, Medan). Kunjungan dilakukan dengan menggunakan Pesawat, dari Jakarta menuju Palembang selama 1 jam 5 menit dari jam 17.00.18.05 WIB. sesampainya disana dijemput langsung oleh adik saya (Kadek Agus Widiarta) dengan naik motor menuju rumah yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam selama 20 menit. Adapun kegiatan yang saya lakukan waktu kunjungan adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 20-22 April 2016 saya mudik kekampung karena sudah 8 bulan tidak pulang ke kampung.
  2. Tanggal 22-23 April 2016, saya  menyampaikan kata sambutan PP KMHDI dan mememberikan materi serta pendampingan acara TOT. Acara  TOT dilaksanakan di tiga Hotel yaitu Hotel Fave (pembukaan), Hotel Limas (penginapan), Hotel Wisma (materi dan diskusi), dengan dihadiri organisasi keumatan Hindu (PHDI,WHDI,PSN,BPH,FA ALUMNI,PERADAH, Banjar ) dan Pembimas SUMSEL serta OKP lain (PMKRI, GMKI,HMI,KMBP) dan acara di buka oleh perwakilan dari Gubernur Sumatera Selatan yaitu Bapak Najib (Asisten 3 Gubernur Sumsel). Selain itu juga sebelum pembukaan diadakan seminar  kebangsaan dengan 2 pemateri,
  3. Tangggal 24 April 2016 kita melakukan kunjungan ke Taman Bukit Siguntang (peninggalan sejarah kerajaan sriwijaya) dan autbon, kunnjungan ke penghasil pempek Palebang di 5 Ulu. Kunjungan ke BKB (Benteng Kuto Besak), dan jembatan Ampera serta dilanjutkan sembahyang di Pura Agung Sriwijaya.
  4. 25 April semua Peserta Mulai Pulang ke daerah masing-masing.

Mengenai kondisi PD PC sudah saya paparkan dalam laporan sebelumnya.

A. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang datang dalam TOT cukup maksimal.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan dengan organisasi keumatan serta PD PC se Regional Barat terjalin sangat baik.
  3. Antusias para kader yang sangat tinggi dalam mengikuti TOT
  4. Acaranya Sanagat mewah sehingga banyak uang yang di keluarkan.
  5. Memiliki skretariat mandiri walaupun belum lunas.

B. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Transportasi pesawat Jakarta-Palembang                          = Rp.      356,000-
  2. Beli Sabun  dan Pulsa                                                                   = Rp.      150.000,-
  3. Transportasi Palembang-jakarta                                                    = Rp.      330.000,-+
  4. Makan ditanggung PD KMHDI Sumsel                                                 

TotalRp. 836.000,-

C. Saran Dan Rekomendasi Untuk Kunjungan dan Kegiatan Berikutnya

  1. Acara ini untuk terus dilakukan secara bergilir oleh PD PC setiap tahun atau 2 tahun sekali, sebagai wahana kaderisasi dan simekrame PD PC maupun alumni.
  2. Diharapkan acaranya jangan terlalu mewah, sisa kas bisa digunakan kegiatan kaderisasi yang lain.                 

VI. KUNJUNGAN KE PD KMHDI SUMATERA SELATAN

Kunjungan ke PD KMHDI Sumatera Selatan dilakukan pada tanggal 14-l5 Mei 2016 dalam rangka Lokasabha (Pergantian Pengurus). Kunjungan dilakukan dengan menggunakan Pesawat, dari Jakarta menuju Palembang selama 1 jam 5 menit dari jam 06.30-07.35 WIB. sesampainya disana di jemput langsung 2 orang Panitia dengan naik Mobil menuju Pura Agung Sriwijaya yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 30 KM/jam selama 60 menit karena macet. Adapun kegiatan yang saya lakukan waktu kunjungan adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 14-15 Mei 2016 Pembukaan dan persidangan-persidangan Lokasabha PD KMHDI  SUMSEL sampai terpilih dan dilantiknya pengurus baru. Dalam pengajuan bakal calon (balon) ada 8 calon yang diajukan yaitu (Made Budiasa, Made Suarta,Made Suardi, Made Sudiama, Wayan Darmawan, Dewa Komang Ariadi, Kadek Norma Yunita,Komang Sastra) setelah ditanya kesediaan ternyata ada 6 yang bersedia menjadi calon ketua (Made Budiasa, Made Suarta,Made Suardi, Made Sudiama, Wayan Darmawan, Dewa Komang Ariadi) setelah dilakukan fit and propetes, pemaparan visi misi Tanya jawab dan debat calon serta musyawarah mupakat yang menghasilkan kesepakatan untuk voting. Dalam voting di dapatlah Made Budiasa sebagai perolehan suara terbanyak dan dinyatakan sebagai ketua oleh Tim Formatur dan disahkan oleh pimpinansidang tetap.
  2. Tanggal 15 Mei 2016, Pukul 19.00 WIB PD KMHDI SUMSEL mengadakan pembekalan (pengukuhan) serta Diskusi Interaktif dengan pemateri dari Anggota DPD RI daerah Bali Dr. Arya Wedakarna (Pemimpin Astabrata) dan Made Indrawan DPRD KAB.OKI (Pemimpin Ideal) . Acara  TOT dilaksanakan di Wantilan Pura Agung Sriwijaya dengan dihadiri organisasi keumatan Hindu (PHDI,WHDI,PSN,BPH,ALUMNI,PERADAH, Banjar ) dan Pembimas SUMSEL serta OKP lain (PMKRI,KMBP,GMKI).
  3. Tangggal 16 Mei 2016 melakukan perpisahan dan diskusi ringan bersama pengurus baru.
  4. Tanggal 17 Mei 2016 saya pamit ke Jakarta.

A. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang datang dalam Lokasabha cukup maksimal.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan dengan organisasi keumatan serta terjalin sangat baik.
  3. Antusias para kader yang sangat tinggi dalam mengikuti Lokasabha
  4. Acaranya unik dan kratif
  5. Memiliki secretariat mandiri walaupun belum lunas.

B. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Transportasi pesawat Jakarta-Palembang                          = Rp.      329,000-
  2. Beli Sabun  dan Pulsa                                                                   = Rp.      150.000,-
  3. Transportasi Palembang-Jakarta                                                    = Rp.      331.000,-+
  4. Makan ditanggung PD KMHDI Sumsel                                                 

TotalRp. 810.000,-

VII. KUNJUNGAN KE PD KMHDI KALTENG

Kunjungan ke PD KMHDI KALTENG dilakukan pada tanggal 17-21 Juni 2016 dalam rangka Lokasabha (Pergantian Pengurus). Kunjungan dilakukan dengan menggunakan Pesawat, dari Jakarta menuju Palangkaraya selama 2 jam dari jam 18..00-20.00 WIB. sesampainya disana di jemput langsung 3 orang Panitia dengan naik Motor menuju Sekretariat PD KMHDI KALTENG yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam selama 20 menit. Adapun kegiatan yang saya lakukan waktu kunjungan adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 18 Juni 2016 Pembukaan dan persidangan-persidangan Lokasabha PD KMHDI  KALTENG sampai terpilih dan dilantiknya pengurus baru. Dalam pengajuan bakal calon (balon) ada 2 calon yang diajukan yaitu (Hardiono, dan Hugeng) setelah ditanya kesediaan ternyata keduanya bersedia menjadi calon ketua, setelah dilakukan fit and propetes, pemaparan visi misi Tanya jawab dan debat calon serta musyawarah mupakat yang menghasilkan kesepakatan untuk voting. Dalam voting di dapatlah Hugeng sebagai perolehan suara terbanyak (22 suara) dan dinyatakan sebagai ketua oleh Tim Formatur dan disahkan oleh pimpinan sidang tetap.
  2. Tanggal 19 Juni 2016, Pukul 10.00 WIB PD KMHDI KALTENG mengadakan kunjungan ke wisata bersejarah Tjilik Riwut (Pertapaan Gubernur pertama KALTENG) sekaligus sembahyang Bulan Purnama di Pure Pitamaha Palangkaraya.
  3. Tangggal 20 Juni 2016 melakukan perpisahan dan diskusi ringan bersama pengurus baru, alumni dan ngelawar Berrsama di Sekret KMHDI KALTENG.
  4. Tanggal 21 Juni 2016 saya pamit ke Jakarta.

 

 

 

B. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang datang dalam Lokasabha cukup maksimal.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan dengan organisasi keumatan belum terjalin baik.
  3. Keegoan pengurus masih tinggi 
  4. Memiliki skretariat mandiri

C. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Transportasi pesawat Jakarta-Palangkaraya                                = Rp.      521,000-
  2. Damri rawamangun-soeta-rawamangun                                      = Rp.         80.000,-
  3. Beli Sabun  dan Pulsa                                                                  = Rp.      150.000,-
  4. Transportasi Palangkaraya-Jakarta                                              = Rp.       490.000,-+
  5. Makan ditanggung PD KMHDI KALTENG                                        

 

VIII. KUNJUNGAN KE PD KMHDI Jawa Timur

Kunjungan ke PD KMHDI Jawa Timur dilakukan pada tanggal 28-31 Juli 2016 dalam rangka Lokasabha (Pergantian Pengurus). Kunjungan dilakukan dengan menggunakan kereta Api, dari Jakarta menuju Malang selama 14 jam dari jam 12.00-02.00 WIB. sesampainya disana di jemput langsung oleh ketua panitia dengan naik Motor menuju Sekretariat PC KMHDI Malang yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam selama 5 menit. Adapun kegiatan yang saya lakukan waktu kunjungan adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 28 -29 Juli 2016 saya berangtkat naik kereta api.
  2. Tanggal 30 Juli 2016 Pembukaan dan persidangan-persidangan Lokasabha PD KMHDI  Jawa Timur sampai terpilih dan dilantiknya pengurus baru. Dalam pengajuan bakal calon (balon) ada 6 calon yang diajukan dan yang bersedia ada 4 orang yaitu (martin,sindu,vika dan ernawan), setelah dilakukan fit and propetes, pemaparan visi misi Tanya jawab dan debat calon serta musyawarah mupakat yang menghasilkan kesepakatan untuk voting. Dalam voting di dapatlah Martin sebagai perolehan suara terbanyak  dan dinyatakan sebagai ketua oleh Tim Formatur dan disahkan oleh pimpinan sidang tetap.
  3. Tanggal 31 Juli 2016, Pukul 00.30 WIB mengadakan kunjungan ke wisata kota batu dan lanjut sembahyang Pura Giri Arjuna Malang. Selanjutnya istirahat di pura singasari.
  1. Tanggal 31 Juli 2016 , pukul 17.00 WIB saya pamit melajutkan kunjungan menujun Bali.

 

 

 

B. Evaluasi Kegiatan

  1. Memiliki dana KHAS yang banyak
  2. Acara yang di buat tidak kraeatif, seharusnya ada seminar atau kegiatan lain tidak hanya sekedar Lokasabha.
  3. Jumlah kader yang datang dalam Lokasabha sangat sedikit.
  4. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan dengan organisasi keumatan belum terjalin baik.
  5. Keegoan pengurus masih tinggi, terlihat dari banyaknya program kerja yang belum terlaksana 
  6. Memiliki perguruan tinggi dan dukungan umat yang banyak, hanya saja tak termanfaatkan.
  7. Ketua PD KMHDI Jawa Timur masuk agama lain, merupakan tamparan keras seluruh KMHDI di Indonesia

C. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Transportasi Kera Api Jakarta-Malang                                        = Rp.      200,000-
  2. Beli Sabun  dan Pulsa serta makan di perjalanan                         = Rp.      150.000,-
  3. Transportasi Malang- Bali                                                           = Rp.      180.000,-+
  4. Makan dalam acara ditanggung panitia Lokasabha                                            

 

IX. KUNJUNGAN KE PD KMHDI BALI

Kunjungan ke PD KMHDI Bali dilakukan pada tanggal 1-9 Agustus 2016 dalam rangka Pemantapan Narasumber Mahasaba X KMHDI dan audensi ke Kabiro Aset Pemprov Bali untuk secretariat mandiri PP KMHDI dan Forum Alumni KMHDI. Kunjungan dilakukan dengan menggunakan BUS, dari Malang menuju terminal UBUNG selama 14 jam dari jam 16.00-08.00 WITA. Sesampainya disana di jemput langsung oleh ketua PC KLMHDI Denpasar dengan naik Motor menuju kosan salah satu anggota PC KMHDI Denpasar. yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam selama 30 menit. Adapun kegiatan yang saya lakukan waktu kunjungan adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 2 Agustus 2016 audensi dengan Kabiro Walikota Denpasar (bapak ngurah mataram) yang merupakan salah satu narasumber mahasabha KMHDI, terus dilanjutkan audensi dengan anggota DPD RI dapil Bali sekaligus alumni KMHDI (Gede Pasek Suardika). Setelah selasai audensi dilanjutkan rapat KMHDI sebali (buleleng, bangle, denpasar, badung, karang asem) bersama DPP peradah Bali dalam rangka membahas dikusi panel untuk mencari pemimpin PHDI Kedepan, dengan menyepakati acara dikusi tanggal 19 agustus 2016 dan pertengahan sepetember. setelah itu dilanjutkan dengan diskusi alumni di sekretaria PHDI Bali dengan kesimpulan bahwa FA KMHDI siap ikut mensukseskan Mahasabha KMHDI di kendari SULTRA dan segera mendorong PP KMHDI memiliki skret dan usaha mandiri .
  2. Tanggal 3 Agustus 2016 saya berangkat bersam ketua PC denpasar dan satu alumni tangkil ke pura Tangkas Kori Agung, dan lanjut kunjungan ke sekretareiat KMHDI Karang asam dan lanjut sampai subuh di skretariat PC KMHDI Buleleng.
  3. Tanggal 4-6 Agustus 2016, Pukul 00.30 WIB mengadakan kunjungan ke wisata kota batu dan lanjut sembahyang Pura Giri Arjuna Malang. Selanjutnya istirahat di pura singasari.saya menemui keluarga di seririt buleleng.
  4. Tanggal 7 Agustus 2016, saya kembali ke Denpasar dan rapat bersama FA KMHDI untuk menyampaikan acara mahasabha dan bertemu dengan DPRD Bali yang sekaligus alumni KMHDI untuk ikut mendorong dan memperjuangkan skret FA KMHDI di bali dan Sekretariat PP KMHDI di Jakarta.
  5. Tanggal 8 Agustus 2016 Audensi ke Kabiro Aset Pemprov  Bali dan meninjau lokasi secretariat di daerah terguli tembau dengan catatan menyewa seharga 1,5 juta pertahun.
  6. Tanggal 9 Agustus 2016 saya Pulang menuju Jakarta

 

 

B. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Transportasi Bali-Jakarta                                                              = Rp.      817.000,-
  2. Beli Sabun  dan Pulsa serta makan di perjalanan                         = Rp.      150.000,-+
  3. Makan ditanggung alumni, ketua PD KMHDI Bali dan Ketua PC Denpasar                                      

 

REKAFITULASI KUNJUNGAN

PRESIDIUM KMHDI KE DAERAH-DAERAH

SEMESTER 4 PERIODE 2014-2016

NO

 

Kegiatan PD/PC/ Daerah

 

Tanggal

 

Oprasional

 

 

1.

 

Kunnjungan Ke mahasiswa IPB

 

5 Maret 2016

 

Rp.         90.000,-

 

2.

 

Sosialisasi, MPAB dan pembentukan Komisariat Medan SUMUT

 

11-14 Maret 2016

 

Rp.       500.000,-

 

3.

 

Pemeberian Materi DMO PC KMHDI B.Lampung

 

25-29 Maret 2016

 

Rp.       750.000,-

 

4.

 

Pemberian Materi DMO PD KMHDI JABAR

 

1-4 April 2016

 

Rp.       730.000,-

 

5.

 

Pemberian Materi TOT Regional Barat

 

19-26 April 2016

 

Rp.       836.000,-

 

6.

 

Lokasabha PD KMHDI SUMSEL

 

14-15 Mei 2016

 

Rp.       810.000,-

 

7.

 

Lokasabha PD KMHDI KALTENG

 

17-21 Juni 2016

 

Rp.     1.241.000,-

 

8.

 

Lokasabha PD KMHDI JATIM

 

28-31 Juli 2016

 

Rp.        530.000,-

 

9.

 

Audensi ke Kabiro Kesra Walikota Denpasar, DPD RI dapil bali, Kabiro Asset Pemprov Bali, Sangkepan Agung FA KMHDI

 

1-9 Agustus 2016

 

Rp.        967.000,-

 

 

 

TOTAL

 

 

 

Rp.     6.454.000,-

 

Demikianlah laporan Kunjungan Presidium saya  dibuat. Semoga dengan laporan ini, proses kaderisasi  dapat dilakukan  secara  berkesinambungan serta sistematik dan dapat menabah wawasan serta menjadi acuan kedepatnya sehingga proses kaderisasi bisa berjalan dengan baik.

SELAIN KUNJUNGAN, KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN ADALAH SBB:

  1. Rapat seluruh organisasi keumatan Hindu (KMHDI,PHDI,PERADAH, GDHDI, PRAJANITI, PSN)  bersama bapak Dirjen (Prof. Widnye) beserta staf di rumah dinas pak Dirjen agenda membahas Sekretariat bersama (7 organisasi ke hinduan), Pendataan umat secara nasional,Tindak lanjut PMA 56/2014. # Maret
  2. Sembah Melasti bersama umat se Jabodetabek di pure segare Jakarta Utara. #Maret
  3. Melakukan catur brata penyepian dan open haous di skret PP KMHDI #Maret
  4. Audensi CIPAYUNG PLUS (GMNI, HMI,PMII,GMKI,PMKRI, KMHDI, IMM, HIKMABUDI, KAMMI) ke PPAD (Persatuan Perwira Angkatan Darat) dalam rangka membicarakan posisi mahasiswa dan pemuda hari ini untuk mengawal bangsa yang ber landaskan Pancasila ini. #April
  5. Diskusi ke Negaraan bersama Akbar Tanjung dan Cipayung Plus
  6. Menghadiri dharma Shanti Pertamina #April
  7. Menghadiri pernikah mantan ketua PD Jakarta (adi) #April
  8. Merayakan hari kebangkitan di skretariat bersama pengurus PP KMHDI #Mei
  9. Kunjungan Ke Telkomsel dalam ranggka menghadiri pegelaran budaya Bali Hindu #Mei
  10. Melakukan kegiatan bersama 31 organisasi kemasyarakatan, social agama pemuda dan mahasiswa yang disebut Indonesia bersyukur dalam meperingati 1 juni sebagai hari lahir pancasila #Juni
  11. Temu alumni KMHDI dan ngelawar di skret #Juni
  12. Pertemuan di rumah megawati presiden RI ke 5 #Juni
  13. Audensi ke Kementrian Koprasi dan Umkm diterima oleh Deputi Produksi dan Pemasaran (pak Dipta) #23 Juni 2016
  14. Donor darah DPN Peradah bersama PP KMHDI #2 Juli 2016
  15. Audesi ke kementrian pariwisata yang diterima oleh deputi pemasaran manca Negara (Gde Pitana) #17 Juli 2016
  16. Diskusi Publik “PHDI Hebat, Pemuda Kuat, Hindu Jaya” #24 Juli 2016
Komentar Anda