PD KMHDI Lampung Gelar Bakti Sosial bertajuk “Mengabdikan Ilmu Membangun Masyarakat”

Pengurus Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Lampung menggelar bakti sosial di Kampung Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2016.

Kegiatan yang diikuti sekitar 70 orang peserta dan panitia ini dibuka pada Jumat (15/7/2016) secara sederhana namun penuh rasa kekeluargaan. Pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Ketua PHDI Lampung Tengah I Ketut Nuryadi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh di antaranya anggota DPRD Lampung Komang Koheri, I Made Suarjaya yang juga alumni KMHDI Lampung.

Selain itu, hadir juga Camat Seputih Raman I Gusti Nyoman Suryana, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas Seputih Raman, Kepala Kampung Rama Nirwana, FA KMHDI Lampung, dan perwakilan warga dari kampung Rama Nirwana.

Ketua Pelaksana Bakti Sosial Ni Komang Desi menyebutkan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mengajak anggota KMHDI Lampung belajar bersama dan berbagi ilmu. “Serta yang terpenting menjalin silaturahmi di antara mahasiswa dengan masyarakat setempat,” katanya.

Dia melanjutkan, baksos yang digelar pihaknya mengambil tema Mengabdikan Ilmu Membangun Masyarakat. Pesertanya juga datang dari berbagai disiplin ilmu. Mereka berasa dari kampus Poltekkes, Unila, Panca Bhakti, Polinela, STAH Lampung, STKIP Bandar Lampung, IBI Darma Jaya, STKIP Metro, UM Metro, dan Stiper Darma Wacana Metro.

“Kami adalah bagian dari masyarakat. Kami memiliki visi dan tujuan yang sama yakni ingin mengabdikan dan menerapkan ilmu kami di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PD KMHDI Lampung I Made Wirayasa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PHDI Lampung Tengah karena telah berkenan menerima rombongan bakti sosial dari mahasiswa anggota PD KMHDI Lampung.

“Saya senang bisa berada di tengah-tengah masyarakat. Karena kami sebagai mahasiswa memiliki utang waktu produktif kepada mayarakat. Semoga bakti sosial ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk menunjukan pengabdian kami membangun bersama masyarakat,” ungkap Wira.

Sebelumnya, Ketua PHDI Lampung Tengah Ketut Nuryadi mengingatkan para peserta bakti sosial untuk menjalankan pengabdiannya kepada masyarakat dengan baik. Dikatakan, mahasiswa harus terjun langsung di masyarakat.

“Ilmu yang di dapat dari bangku kuliah tidak akan ada harganya bila hanya disimpan untuk kepentingan pribadi. Kalau ilmu itu untuk disebarluaskan ke masyarakat, maka kalian bisa dikatakan sudah ber-yadnya. Semoga kegiatan Bhakti Sosial dapat dirasakan manfaatnya oleh kader-kader KMHDI dan masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah kegiatan mulya, tetaplah berkarya di jalan dharma. Semoga Hyang Widhi Wasa merestui karma ini, kata Nuryadi.

Made Wirayasa menjelaskan, bakti sosial di Kampung Rama Nirwana diisi dengan sejumlah kegiatan seperti penyuluhan pertanian, pemeriksan kesehatan, seminar wirausaha, seminar antinarkoba dan kegiatan pasraman. Sebelumnya kegiatan baksos lebih banyak kegiatan keagamaan saja.

Kampung Rama Nirwana merupakan salah satu kampung terpencil di Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah dengan jarak tempuh kurang lebih 70 kilometer dari ibu kota Provinsi Bandar Lampung. Sekitar 60 persen warganya merupakan umat Hindu yang berasal dari Bali. (www.suaradewata.com)

Komentar Anda