Pancasila Jembatan Emas NKRI

Pancasila Jembatan Emas NKRI

Negara Indonesia juga sering disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia karena terdiri ribuan pulau dari sabang sampai merauke. Dari SABANG SAMPAI MERAUKE dimana terdiri dari banya suku,agama adat istiadat dan bahasa daerah, semua itu di satukan oleh pancasila. Pancasila ini adalah jembatan emas bagi seluruh rakyat Indonesia untuk tetap bersatu dibawah tiang kibaran bedara sang saka merah putih. Pancasila sebagai idiologi bangsa, dan sekaligus sebagai dasar Negara tidak lahir begitu saja di negeri ini, nilai-nilai pacasila ini sudah ada sejak jaman dahulu yang dikembangkan leluhur nusantara yang kita cintai ini. Senada dengan pidato bapak deklarator negeri ini yaitu bung karno, menyatakan pancasila aku gali Dari ibu pertiwi nusantara yang telah lama terkubur dan kubangkitkan sebagai sepirit pemersatu sebagai dan dasar Negara Indonesia.

Ketika kita masih mebicarakan soal agama suku ras sebagai hal yang memisahkan atau memecah belah bangsa Indonesia, maka kita belum memahami dan menjiwai secara utuh pansasila. Dengan memiliki pengetahuan, etika dan kesopanan yang tinggi seharusnya memaknai keberagaman sebagai suatu perekat dan pemersatu atar suku,agama, golongan untuk hidup bahagia dan damai secara berdampinngan. Dalam kehidupan alam telah banyak mengajarkan kita, sepertihalnya pelangi, filosofi pelangi yang dimana keindahan itu diperoleh dari berbagai warna yang tersusun dari berbagai warna yang berbeda. Itu artinya kita sebagai manusia yang beragama dan bernegara harus bersatu bahu membahu untuk meperindah Indonesia.

Bernegara dan berbangsa bukan hanya sekedar masalah bagaimana untuk berkuasa atau memimpin, tetapi bagaimana cara memanusiakan manusia dengan menghormatidan mewnempatkan segala macam ciptaan tuhan yang maha kuasa. Memimpin manusia atau warganya harus dengan berbagai macam pendekatan dan gaya kepemipinan sehingga masyarakan itu merasa terayomi, terlayani dan terpenuhinya hal pokok yang menjadi kebuthannya.

Dengan demikian pemimpin Negara Indonesia harus meletakkan pancasila sebagai jembatan emas atara pemerintah dengan masyarakatnya, atara masyarakat dengan masyarakat, atara masyarakat dengan alam sekitar.

Selamat hari lahir pancasila

1 juni 2016

#ptsa

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai