Kader PC KMHDI Kota Samarinda Ikut Ambil Bagian dalam Pasraman Kilat Kota Samarinda Tahun 2016

Samarinda, Kalimantan Timur. Pendidikan agama memiliki peran penting dalam pembentukan jati diri generasi muda Hindu yang berwawasan global namun tetap tidak meninggalkan nilai leluhur yang telah turun-temurun diwariskan. Oleh sebab itu pendidikan agama khususnya agama Hindu tidak hanya diajarkan secara teori saja namun dengan praktek serta contoh-contoh dalam kegiatan keseharian, dengan dasar itulah PHDI Kota Samarinda dibantu oleh seluruh organisasi Hindu lainnya di Samarinda termasuk PC KMHDI Kota Samarinda melaksanakan kegiatan tahunan untuk mengisi libur bulan Ramadhan serta memberikan soft skill tentang praktek Agama Hindu untuk siswa-siswi Pasraman Widya Sasana Kota Samarinda yaitu Kegiatan Pasraman Kilat Kota Samarinda tahun 2016.

 

Seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, kegiatan Pasraman Kilat tahun ini juga dilaksanakan dengan bantuan seluruh organisasi Hindu yang ada di Samarinda sehingga jalinan komunikasi dan sinergitas antar organisasi sangat telihat pada kegiatan ini. Rangkaian Pasraman Kilat ini sendiri dilaksanakan mulai hari Minggu, 5 Juni 2016 dan diakhiri pada Minggu, 12 Juni 2016 dengan tema “Melalui Pasraman Kilat Kita Tingkatkan Jati Diri Generasi Muda Hindu untuk Membangun Masa Depan Bangsa” yang diikuti oleh siswa kelas IV SD hingga 11 SMA/K dengan konsep kegiatan mengikuti panduan Jambore Pasraman Tingkat Nasional. Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Samarinda yang diwakili Kepala Kesbangpol Samarinda, Erham Yusuf di Pura Jagat Hita Karana Kota Samarinda.

 

Melalui kegiatan ini, PC KMHDI Kota Samarinda juga diberikan kesempatan untuk mengenalkan KMHDI kepada para siswa, serta salah satu yang menarik dalam kegiatan ini adalah kader-kader KMHDI telah dipercaya sebagai pemateri Pasraman Kilat, salah satunya materi Yoga Asanas, melalui kegiatan ini pula para pemuda Hindu membuktikan diri bahwa siap menerima tongkat estapel regenarasi dalam memajukan agama HIndu

 

Rangkaian Pasraman Kilat Kota Samarinda tahun 2016 ini diakhiri pada Minggu, 12 Juni 2016 dengan Tirta Yatra dan penyerahan bibit pohon di Pura Pasupati, Desa Kerta Buana L4 Kabupaten Kutai Kartanegara yang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Samarinda, dari daerah inilah banyak mahasiswa Hindu yang berkuliah di Kota Samarinda berasal.

-Litbang PC KMHDI Kota Samarinda-

Komentar Anda