Menciptakan Pemimpin yang Berkualitas melalui Lokasabha VIII PD KMHDI Sumatera Selatan

Palembang – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Sumatera Selatan merupakan salah satu organisasi pengkaderan mahasiswa Hindu. Lokasabha PD KMHDI Sumatera Selatan yang dilaksanakan dengan tema “Intelektualitas Berlandaskan Dharma Agama dan Dharma Negara untuk Menciptakan Pemimpin yang Berkualitas” ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Mei 2016 di Wantilan Pura Agung Sriwijaya.

Lokasabha merupakan permusyawaratan tertinggi di tingkat provinsi bagi KMHDI yang membahas tentang Garis Garis Besar Program Kerja (GBPK), mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan program kepengurusan, memberikan rekomendasi organisasi, memilih personalia dan pengurus baru periode selanjutnya. Kepengurusan inti yang sebelumnya adalah I Made Hadi Purnomo (Ketua), I Kadek Andre Nuaba (Sekretaris) dan Bendahara (Ni Putu Eka Astuti) maka secara resmi menjadi pengurus demisioner.

Perebutan posisi nomor satu PD KMHDI Sumatera Selatan bersaing cukup ketat, sebelumnya ada 8 (delapan) bakal calon ketua diantaranya I Wayan Darmawan, I Dewa Komang Ariadi, Made Sudiyama, Made Suardi, Made Budiyasa, Made Suarte, Kadek Norma Yunita, Dewa Wahyu Putra dan Komang Sastra Guna Wiratama setelah dilakukan proses seleksi administrasi dan pernyataan kesediaan terjaring 6 (enam) anggota yang menjadi calon ketua diantaranya I Wayan Darmawan, I Dewa Komang Ariadi, Made Sudiyama, Made Suardi, Made Budiyasa dan Made Suarte.

Setelah melalui proses yang panjang diantaranya fit and propertest, pemaparan visi dan misi, debat kandidat dan tidak tercapainya musyawarah untuk mufakat maka dilakukan pemungutan suara. Hasil dari pemungutan suara dengan jumlah 35 suara sah dan 1 tidak sah menghasilkan I Made Budiyasa keluar sebagai pemenang (21 suara) disusul Made Suarte (8 suara), I Wayan Darmawan (3 suara), I Dewa Komang Ariadi (2 suara), Made Sudiyama (1 suara) dan Made Suardi (0 suara). Made Budiyasa (Ketua) didampingi oleh Made Suarte (Sekretaris) dan Wayan Pebri Purnamasari (Bendahara) yang akan menjadi pengurus inti PD KMHDI Sumatera Selatan periode 2016 – 2018.

Pengurus terpilih PD KMHDI Sumatera Selatan periode 2016 – 2018 dilantik langsung oleh Presidium KMHDI Putu Surya Adnyana, ia berpesan agar kepengurusan selanjutnya dapat membuat program kerja yang bermanfaat “Pengurus harus siap menciptakan program kerja yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh kader dan masyarakat. Jadilah pengurus yang siap menjalani proses, mematangkan mental untuk dewasa dalam berorganisasi”.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga penyematan mendali oleh Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III, beliau merasa bangga telah dilantiknya pengurus baru PD KMHDI  Sumatera Selatan dan memberikan masukan untuk KHMDI agar pro aktiv dalam mencetuskan ide pemikiran untuk Sumsel maupun Indonesia. “Saya berpesan kepada pengurus baru KMHDI Sumatera Selatan yang penting out of the box, dalam artian  jangan menggarami air laut harus ada satu program-program revolusioner lebih banyak bermain dalam ranah kebangsaan.

Kemudian setelah selesai acara pengukuhan pengurus terpilih PD KMHDI Sumatera Selatan periode 2016 – 2018, kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Interakitif dengan I Made Indrawan, S.T., M.H. (Anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir) sebagai narasumber. Diskusi Interaktif ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan kepada pengurus terpilih, sehingga tema yang diangkat adalah “Pemimpin Organisasi yang Ideal”. Diskusi ini dihadiri oleh anggota dan alumni KMHDI.

Komentar Anda