Training Of Trainer Regional Kalimantan Tahun 2016, Wujudkan Kader KMHDI yang Kreatif, Intelektual dan Berkarakter

Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pada Sabtu–Minggu, 23-24 April 2016 berlangsung kegiatan Training Of Trainer Regional Kalimantan yang berlangsung di Aula Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PD KMHDI Kalimantan Tengah ini mengusung tema yaitu “Melalui Training Of Trainer (TOT) Regional Kalimantan, Kita Wujudkan Kader KMHDI Yang Kreatif, Intelektual dan Berkarakter”. Training Of Trainer (TOT) Regional Kalimantan tahun 2016 ini diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari 23 peserta dari PC KMHDI Palangka Raya, 6 peserta dari PC KMHDI Banjarmasin, 3 peserta dari PC KMHDI Banjarbaru, dan 4 peserta dari PC KMHDI Samarinda.

Kegiatan ini di buka secara langsung oleh presidium PP KMHDI yaitu Ni Made Betariani Saraswati, S.Pd.H, dalam sambutannya beliau mengingatkan pentingnya peran para trainer (pelatih) dalam proses kaderisasi dan pengembangan kader KMHDI di daerah-daerah maupun di tingkat nasional. Dalam pembukaan ini juga dihadiri oleh Pembimas Hindu Kalimantan Tengah, PERADAH, PHDI, WHDI, Ketua Departemen Litbang PP KMHDI, Perhimpunan Mahasiswa Hindu (PMH) Universitas Palangka Raya dan alumni dari KMHDI. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Training Of Trainer yang totalnya berjumlah 13 materi yang antara lain dibawakan oleh Presidium KMDHI, Ketua Departemen Litbang PP KMHDI, dosen dan alumni KMHDI.

Para peserta sangat antusias dalam menerima materi-materi TOT termasuk ketika sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan, bahkan waktu 1 jam/materi terkadang tak cukup, ditambah lagi dengan keberagaman peserta yang hadir dengan kebudayaan yang mereka bawa dari daerah masing-masing yang tercermin dari tutur bahasa dan cara berpikir membuat setiap sesi menjadi menarik, termasuk bagi kami dari PC KMHDI Samarinda yang harus menempuh perjalanan darat selama ±18 jam dari Kota Samarinda menuju Kota Palangka Raya.

Setelah menerima berbagai materi hingga selesai, Kegiatan ini pun ditutup oleh presidium PP KMHDI pada hari Minggu, 24 April 2016 sore hari, sebelum menutup kegiatan ini beliau berharap agar apa yang menjadi tema dalam kegiatan ini dapat terwujud dan para trainer (pelatih) dapat membagikan ilmu yang didapatkan kepada rekan-rekan yang belum mengikuti TOT serta beliau juga meminta agar para kader KMHDI dapat meningkatkan minat membaca referensi mengenai KMHDI. Setelah kegiatan penutupan, pesertapun kembali ke daerah asal dengan membawa semangat baru untuk membagikan ilmu dan pengalaman selama mengikuti Training Of Trainer Regional Kalimantan 2016.

Satyam Eva Jayate

-Litbang PC KMHDI Samarinda-

 

 

 

Komentar Anda