TOT I KMHDI Regional Barat sebagai Media Pembentukan Trainer Berkualitas

Palembang, 24 April 2016 – KMHDI adalah organisasi yang berbasis pengkaderan, setiap PD atau PC  KMHDI harus mengfungsikan alat pendidikan kader untuk menciptakan kader yang siap memerbaharui wawasan kader KMHDI. PD KMHDI Sumatera Selatan merupakan salah satu bagian KMHDI wilayah barat yang menjadi penggagas pertama pelaksanaan Training of Trainer I (TOT) Regional Barat KMHDI.

TOT I Regional Barat KMHDI merupakan salah satu kegiatan pelatihan untuk kader KMHDI dalam mempersiapkan trainer-trainer menjadi penyambung tangan Pimpinan Pusat (PP) KMHDI dalam menyampaikan ilmu kepada kader KMHDI di wilayah barat. Presidium KMHDI Putu Surya Adnyana mengatakan “Tanggungjawab seorang trainer ada setelah kalian kembali ke daerah masing-masing, yaitu bagaimana membumikan teori-teori yang didapatkan selama mengikuti kegiatan ini. Analoginya adalah teori itu berada di langit dan kader kalian ada di bumi. Maka jika teori itu tidak dibumikan maka selamanya teori itu akan menjadi sebatas teori langit tanpa aktualisasi”.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 22 – 24 April 2016 ini di buka langsung oleh Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Sumatera Selatan, Bapak H. Ahmad Najib. Beliau menyambut baik kegiatan TOT I Wilayah Barat KMHDI karena Indonesia membutuhkan trainer-trainer yang siap menghadapi perkembangan zaman “Sumatera Selatan mendukung penuh kegiatan seperti ini, mengingat dalam dekat ini Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, sehingga kegiatan seperti ini akan menjadi alkuturasi budaya yang mampu merepresentasikan Indonesia nantinya”.

KMHDI yang berada di wilayah barat diantaranya; Komisariat KMHDI Medan, PD KMHDI Sumatera Selatan, PC KMHDI OKU, PD KMHDI Lampung, PC KMHDI Metro, PC KMHDI Bandar Lampung, PD KMHDI Jakarta dan PD KMHDI Jawa Barat. Tidak hanya memfasilitasi materi-materi organisasi, kegiatan ini juga dirangkai dengan Seminar Nasional dengan menekankan pada idealisme generasi muda Indonesia untuk menguatkan semangat nasionalisme, kegiatan lainnya yakni; Culinary and City Tour, Outbond,Color Fun dan Tirtha Yatra.

Menurut I Gusti Bagus Raka (PD KMHDI Jabar) ia sangat salut kepada panitia “Dari awal pembukaan sudah menunjukkan kesiapannya, misalnya MC yang menggunakan bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) konsep pembukaan yang sangat berkesan dan belum pernah saya mengikuti acara KMHDI dimanapun panitianya selalu on time seperti ini. Satu lagi, kegiatan diluar materi juga sangat menarik seperti outbond, futsal gratis dan makan pempek gratis”. Hal selaras juga di sampaikan oleh Ayu Marina (PD KMHDI Jakarta) “Kami PD Jakarta merasa sangat terkesan dengan acara TOT ini, pemateri membalut materi dengan suasana santai sehingga mudah diterima. Secara keseluruhan sudah sangat bagus mungkin perlu ditambahkan adalah snack nya karena di dalam ruangan yang dingin membuat saya cepat lapar” ungkapnya.

Sebagai wujud keberlangsungan kegiatan TOT Regional Barat KMHDI kedepannya, diakhir acara KMHDI se-Regional Barat mengambil kesepakatan bahwa PD KMHDI DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah TOT II Regional Barat KMHDI.

 

Foto setelah color fun dan Benteng Kuto Besak Palembang

 

 

 

 

 

Komentar Anda