Laporan Kunjungan Presidium (Putu Surya Adnyana) Semester I tahun 2015

I. PENDAHULUAN

OM Swastyastu,

Om anubadrah kratavo yantu vivatah  (semoga pikiran baik datang dari segala penjuru)

 

            Atas Asung Kerte Waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, PRESIDIUM PP KMHDI telah  melaksanakan kewajiban organisasi yaitu kunjungan kedaerah-daerah (PC Bandar Lampung, PC Metro, PD Lampung) sesuai program kerja masa kepengurusan periode 2014-2016. Sebagai tanggung jawab pengurus sudah semestinya menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan organisasi dan kondisi daerah yang di kunjungi.

Kesatuan Mahasiswa Hindhu Dharma Indonesia ( KMHDI ) adalah organisasi Mahasiswa Hindu yang diakui secara Nasional dan sebagai wadah pemersatu Mahasiswa Hindu. Selain itu juga kita sadari bahwa salah satu kewajiban kita sebagai kaum terpelajar adalah bagaimana mengupayakan adanya perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan generasi muda khususnya untuk generasi muda Hindu. Sehingga Diharapkan disetiap selesai kunjungan  ke daerah-daerah pengurus menyanpaikan Laporan Pertanggung Jawabannya. Karena melalui Laporan Pertanggung Jawaban ini kita bisa melihat sejauh mana perjalanan organisasi baik di tingkat PD, dan PC dalam mengemban Dharma Agama dan Dharma Negara. Serta mengevaluasi terhadap segala sesuatu yang menjadi kendala organisasi dan mencari solusi dari kendala/permasalahan yang dihadapi untuk lebih meningkatkan kinerja pengurus dalam melaksanakan tugas organisasi.

 

II. Kunjungan ke PC KMHDI Bandar Lampung

            Kunjungan ke PC KMHDI Bandar Lampung dilakukan pada tanggal 18-21 Desember 2014 dalam rangka Sabha atau pergantian pengurus. Dua hari sebelum pelaksanaan Sabha diadakan persiapan dan pendampingan dalam menyiapkan materi dan draf-draf untuk keperluan Sabha. Selanjutnya Sabha dilaksanakan tanggal 20-21 Desember 2014 yang dilaksanakan di Asrama Haji Bandar Lampung, dengan dihadiri dari beberapa  OKP se-Bandar Lampung (PMKRI,PMII,HMI,IMM) dan seluruh organisasi keumatan Hindu (Peradah,PHDI,WHDI,dan Banjar kota Bandar Lampung) dan pemerintah kota yang di wakili oleh Kesbangpol kota. Di dalam acara pembukaan banyak di tampilkan tarian-tarian daerah khas Bandar Lampung yang menunjukan nilai-nilai kerja keras dan kesedehanaan. Selain itu juga ditampilkan fokal grup yang di si oleh  UKM Hindu UNILA yang mengangkat tema ‘’kirtanam” atau nyanyian ketuhanan selama 15 menit.

            Di dalam acara pembukaan tersebut semakin menarik waktu sambutan dari bapak PHDI kota Bandar lampung yang menyampaikan bahwa berorganisasi itu bukan sekedar kumpul dan beretorika, tetapi pelaksanaan dari apa yang di rencanakan dan bagaimana solusi dari kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Sehingga organisasi tidak hanya menjadi organisasi papan nama atau organisasi papan stampel. Setelah itu tak kalah menarik dilanjutkan dengan sambutan walikota Bandar lampung yang diwakili oleh KABANGPOL, dalam sambutannya beliau menyampaikan organisasi itu adalah sekolah lapangan karena yang merencanakan kita, yang melaksanakan kita, mencari uang kita, menyelesaikan dan mengevaluasi juga kita. Sehingga berorganisasi itu sangat menarik dan dituntut untuk berfikir kratif. Dan dalam sambutan beliau menyampaikan bantuan peminjaman sonsistem dan orkes disetiap kegiatan KMHDI di Bandar Lampung.

            Setelah sambutan-sambutan usai maka berakhir pula pembukaan, dilanjutkan dengan persidanngan – persidangan. Didalam persidangan berjalan lumayan alot karena banyaknya perdebatan perdebatan dari masing peserta sidang yang merupakan bumbu dalam persidangan sehingga pimpinan sidah sangat diperlukan dalam menjalankan persidangan. Dari pembahasan tatib, mendengarkan LPJ pengurus dan menyusun langkah-langkah strategis untuk dasar pemilihan dan dasar penyusunan program kerja kepengurusan selanjutnya. Peserta sidang sangat antausias dalam mengikuti jalannya persidangan sehingga larut malam pun tak mengendurkan semngat pesrta  sidang. Tak teras pukul 00.00 pun terlewati dan peserta sidang sepakat melanjutkan persidangan sampai selesai dan kepengurusan baru dilantik dan  penutupan.

            Dalam pencalonan ketua ada 6 bakal calon yang masuk bursa pencalonan, namun setelah diadakan tes administrasi dan kelayakan hanya 4 yang masuk menjadi calon ketua PC KMHNDI Bandar lampung. Keempat calon itu ( Wayan Adiatma, Novyanta,  komang Mega, Made ). Setelah mendengarkan penyampaian Visi-Misi masing-masing calon  dilakukan lobi diatara keempat calon mereka, namun tidak menemukan kata mupakat sehingga tim Formatur selanjutnya melakukan voting. Dari empat calon maka terpilih lah Wayan Adiatma sebagai pemenang dengan jumlah suara 47.Dengan terpilihnya wayan adiatma sebagai ketua, maka tibalah saatnya penyusunan pengurus PC KMHDI Bandar Lampung dan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus periode 2014 2016. Dan dilanjutkan penutupan serta perpisahan sampai pukul 03.00 pagi dan kembali ke rumah masing-masing.

    Kondisi Objektif PC KMHDI Bandar Lampunng

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia selanjutnya disingkat dengan (PC KMHDI Bandar Lampung), merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat Kota yang menjadi basis pergerakan mahasiswa Hindu di Bandar Lampung. Organisasi yang dalam perjalanannya mengalami pasang surut bahkan ke vakum. Dengan dipelopori oleh beberapa mahasiswa dan berkat arahan serta bimbingan tokoh umat Hindu kota Bandar Lampung akhirnya dengan semangat kekeluargaan PD Bandar Lampung kembali “bangkit” dan berkomitmen untuk terus melakukan proses serta turut ambil bagian disetiap gebrakan perubahan didalam ruang lingkup mahasiswa Hindu khususnya di Kota Bandar Lampung.

Dengan jumlah yang sangat banyak terdaftar saat ini, yang tersebar di seluruh Perguruan Tinggi di Kota Bandar Lampung, sehingga KMHDI menjadi organisasi teraktif saat ini,apalagi KMHDI adalah satu-satunya organisasi mahasiswa hindu di  luar kampus yang ada di Bandar Lampung, tentu hal ini dapat membawa kemudahan/keuntungan bagi organisasi. Semangat kerjasama dan kekeluargaan yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik juga sangat membantu kemajuan organisasi. Ditambah lagi dukungan serta kerjasama yang baik terhadap semua organisasi selalu dilakukan sehingga dapat memudahkan pergerakan organisasi.

      B. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang datang dalam Sabha kurang maksimal dikarenakan pelaksanaan sabha dilakukan diwaktu libur perkulihan sehingga banyak mahasiswa yang mudik.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan organisasi keumatan terjalin sangat baik.
  3. Antusias para kader yang sangat tinggi dalam mengikuti Sabha sehingga larut malam pun tak jadi masalah.
  4. Pemahaman para kader masih kurang didalam hal persidangan sehingga masih banyak kekeliruan dalam memimpin persidangan maupun dalam hal menyampaikan pendapat.
  5. Kader-kader sangat religus.

C. Perincian Pengeluaran Dana

  1. Tiket trevel Palembang- Lampung  PP                             = Rp.  450.000,-
  2. Beli sabun, pulsa dan londry                                           = Rp.  150.000,-
  3. Makan 4 kali X Rp. 15.000,-                                           = Rp.    60.000,-
  4. Selama disana ditanggung PC KMHDI  Bandar Lampung

                                                                                            Total Rp. 610.000

D. Saran Dan Rekomendasi Untuk Kunjungan Berikutnya

  1. Diharapkan untuk membawa draf SK pelantikan untuk dibacakan agar dalam acara terlihat serius bukan mengada ada.
  2. Diharapkan memberikan arahan dan pendampingan minimal H-2 sudah ada di daerah yang akan di kunjungi.

 

III. Kunjungan ke PC KMHDI Metro Lampung

            Kunjungan ke KMHDI Metro dilakukan setelah acara Sabha KMHDI Bandar lampung selesai, yaitu tanggal 21 Desember 2014 pukul 12.00 WIB. Dengan membawa sepeda motor bersama rombongan, PC KMHDI Metro di tempuh hanya dengan satu jam atau sekitar 30 KM dari kota Bandar Lampung. Setelah sampai disana kami disambut oleh temen- temen disana yang sesuai jadwal PC KMHDI Metro akan melakukan rapat pembuatan Program Kerja pengurus periode 2014-2016 yang baru dilantik sekitar sebulan lalu oleh SEKUM PP KMHDI yang pada saat itu hadir dalam kegiatan Sabha.

            Didalam pelaksanaan pembuatan Program Kerja temen-temen pengurus mendapatkan pengarahan langsung dari saya selaku Presidium dan diberikan garis besar serta panduan apa yang harus mereka siapkan untuk membuat program kerja. Setelah mendapatkan pengarahan temen-temen pengurus langsung berdiskusi membuat program kerja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengurus. Namun pengurus baru cukup banyak mengalami kendala dikarenakan mereka belum paham apa itu program kerja dan bagaimana cara mereka membuatan bahkan mereka tak mempunyai draf program kerja. Dengan demikian diadakan pendampingan setiap bidang dan dijelaskan apa itu program kerja dan apa yang harus dijelaskan dilakukan di setiap masing-masing bidang. 

Dikarenakan tepat pada tanggal itu juga ada hari tilem, sehingga pengurus memutuskan untuk pembuatan program kerja di pending dan dilanjutkan minggu depan. Persembahyhangan dilakukan pukul 18.00 WIB dan saya menyempatkan untuk memberikan pesan darma (Dharma Wacana) yang nota bene dharma wacana dan kidung suci keagamaan belum pernah di kumandangakan di persembahyangan purname tilem di pura metro. Sehingga dalam dharma wacana kali itu yang mengangkat tema “Jadikan Setiap Langkah Kita Adalah Sebuah Kemenangan” disisipkan himbauan kepada pengemong pure di Metro bersama KMHDI untuk menyusun jadwal mengenai Dharma Wacana dan pembacaan kidung suci di setiap hari-hari suci Agam Hindu. Dan astuingkare apa yang disampaikan dan di himbaukan mendapat dukungan dan sambutan hangat oleh seluruh umat terutama Pengemong Pura dan KMHDI Metro.

    Kondisi Objektif PC KMHDI Metro Lampung

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Metro selanjutnya disingkat dengan (PC KMHDI Metro), merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat Kota yang menjadi basis pergerakan mahasiswa Hindu di Metro. Organisasi yang dalam perjalanannya baru berumur 2 tahun ini mengalami banyak tantangan dan hambatan. Namun dengan dipelopori oleh beberapa mahasiswa dan berkat arahan serta bimbingan tokoh umat Hindu kota Metro maka terbentuklah organisasi KMHDI di Kota Metro bulan November tahun 2012. Dengan jumlah yang cukup banyak terdaftar saat ini, yang tersebar di seluruh Perguruan Tinggi di Kota metro, sehingga KMHDI menjadi organisasi satu-satunya organisasi mahasiswa hindu di  luar kampus yang ada di Metro, tentu hal ini dapat membawa kemudahan dan keuntungan bagi organisasi.

Semangat kerjasama dan kekeluargaan yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik juga sangat membantu kemajuan organisasi. Walaupun dengan minimnya sarana dan prasana baik administrasi maupun yang lainnya mereka tetap satu tekad yaitu ngumpul.

B. Evaluasi Kegiatan

  1. Jumlah kader yang terdaftar cukup banyak.
  2. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan organisasi keumatan blm terjalin baik karena masih belum kenalnya pengurus dengan OKP-OKP dan organisasi keumatan lainnya.
  3. Masih kurangnya minat pemahaman berorganisasi di setiap mahasiswa Hindu.
  4. Kader-kader sangat religus.
  5. Sarana dan prasarana organisasi yang belum memadai.

C. Perincian Pengeluaran Dana

           Selama disana ditanggung PC KMHDIMetro, dan PD KMHDI Lampung.

D. Saran Dan Rekomendasi Untuk Kunjungan Berikutnya

  1. Diharapkan untuk setiap setelah melakukan Sabha memberikan draf pembuatan program kerja.
  2. Diharapkan memberikan arahan dan Himbauan untuk selalu berkomunikasi baik dengan OKP dan organisasi keumatan di daerahnya.

 

IV. Kunjungan ke PD KMHDI Lampung

            Kunjungan ke KMHDI Lampung dilakukan setelah acara Rakercab KMHDI Metro selesai, yaitu tanggal 22-25 Desember 2014. Dengan Mengunjungi KMHDI Bandar Lampung maka secara langsung dapat mengunjungi PD KMHDI Lampung  karena sekretariat mereka gabung. Setelah beberapa hari disana PD KMHDI Lampung melakukan simekrame dengan Ketua PHDI Provinsi Lampung mengenai perayaan hari raya Piodalan kuningan dan yang terpenting penyampaian bahwa PD KMHDI Lampung akan sebagai tuan rumah RAKORNAS KMHDI tahun 2015 akan datang. Dalam pertemuan tersebut ketua PHDI Lampung menyambut baik hal itu. Bahkan beliau akan mempasilitasi mengenai audensi dengan pemerintah dan legislative serta hal yang terkait.

Setelah acara simekrame besoknya dilanjutkan dengan ngayah di Pure Kerti Buane Lampung dalam rangka penyambutan hari raya kuningan yang merupakan piodalan Pure tersebut. Selain ngayah disana saya dan temen KMHDI Lampung mengumpulkan seluruh mahasiswa Hindu yang datang pada waktu ngayah. Dalam momen itu saya sampaikan bahwa “Jadikan Organisasi Sebagai Kebutuhan” karena hanya dengan berorganisasi kita mengenal dan yang namanya bermasyarakat dan langkah nyata buakan sebuah retiorika.

 

    Kondisi Objektif PD KMHDI Lampunng

Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Lampung selanjutnya disingkat dengan (PC KMHDI Lampung), merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat Provinsi yang berdampingan dengan KMHDI lainya yang ada di lampung. Dengan di dukung 2 cabang PD KMHDI Lampung menjadi central yang menghasilkan generasi-generasi muda Hindu yang berkualitas. tentu hal ini dapat membawa eksistensi yang lebih bagi organisasi.

Organisasi yang berkualitas adalah organisasi yang bisa menciptakan kader-kadernya untuk teerjun ke masyarakat tanpa harus belajar bermasyarakat lagi. KMHDI Lampung sudah membuktikan itu dengan terlihatnya alumni yang sudah banyak jadi pengusaha dan bahkan jaui anggota dewan baik tingakat kabupaten kota maupun provinsi.Untuk itulah kaderisasi KMHDI, memerlukan suatu kesinambungan dalam pelaksanaannya.

B. Evaluasi Kegiatan

  1. Komunikasi dan kerjasama atar OKP dan organisasi keumatan terjalin baik.
  2. Kurang kordinasinya atara pengayah dengan pengemong pure dan penyanggre karye.
  3. Kader-kader sangat religus.
  4. Sarana dan prasarana organisasi yang lengkap hanya saja perlu perawatan.

       C. Perincian Pengeluaran Dana

          Tiket pesawat Lampung- Jakarta        Rp.450.000

          Selama disana ditanggung PD KMHDILampung

D. Saran Dan Rekomendasi Untuk Kunjungan Berikutnya

Diharapkan memberikan arahan dan Himbauan untuk selalu berkomunikasi baik dengan OKP dan organisasi keumatan di daerahnya.

 

V.Penutup

Demikianlah laporan Kunjungan Presidium saya  dibuat. Semoga dengan laporan ini, proses kaderisasi  dapat dilakukan  secara  berkesinambungan serta sistematik dan dapat menabah wawasan serta menjadi acuan kedepatnya sehingga proses kaderisasi bisa berjalan dengan baik.

 

SELAIN KUNJUNGAN, KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN ADALAH SBB:

  1. Mengunjungi Pure-Pure yang ada di Jakarta (Rawamangun, Halim, Ci Jantung, Lenteng Agung, Cinere, Ci Landak). #dilakukan setiap saat
  2. Perayaan ultah KMHDI ke 21 di pure Rawamangun dengan mengundang Peradah, alumni dan KMHDI Jakarta (Potong tumpeng dan testimoni alumni) #3-9-14
  3. Dikusi publik mengenai Pilkada Tak Langsung mengundang Narasumber ( Mubarok dari Partai Gerindra, Gede Pasek Suardika DPR RI, Gusti Puta Arte Mantan Komisioner KPU Pusat). #14-9-2014
  4. Audensi ke ketua MPR RI (Zulkipli Hasan) #1-12-14
  5. Audensi dengan bapak Dirjen Bimas Hindu (Prof Widnya) di KEMENAG RI  #18-9-14
  6. Audensi Ke  DPD RI (Gede Pasek Suardika, Arya Wedakarna, Cok Rat, Lolak) #25-9-14
  7. Audensi ke Kementrian UMKM (AA.Puspa Yoga) #12-10-14
  8. Rakernas KMHDI di Jakarta yang dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu (Prof. Widnye) #7 sd 9-11-14
  9. Kominikasi dan dikusi setiap minggu dengan OKP Lain. #dilakukan setiap saat
  10. Aksi Damai di Bundaran HI dalam rangka menyuarakan aspirasi tolak Reklamasi Teluk Benua Bali. #16-11-14
  11. Menghadiri Sosialisasi BPJS di Medan sumetara Utara yang di lakukan oleh KEMENKES #20-12-14
  12. Aktif mengunjungi rumah-rumah alumni KMHDI #dilakukan setiap saat
  13. Aktif berkomunikasi kepada umat Hindu dan mengujungi sekretariat Organisasi Keumatan yang bernafaskan Hindu #dilakukan setiap saat.
  14. Demo di Depan Istana dalam rangka menolak penaikan harga BBM #5-2-15

 

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai