Diklat Pemateri KT 1 sebagai Langkah Nyata Revitalisasi Sistem Kaderisasi KMHDI

Malang 20 Februari 2016 – Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pimpinan Pusat KMHDI mengadakan Diklat Pemateri Kaderisasi Tahap 1 (KT 1) pada tanggal 19 – 20 Februari 2016 bertempat di Asrama Gunung Agung, Jalan Kartini no 30 Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Cabang (PC) KMHDI diJawa Timur yang telah ditunjuk sebagai pilot project pelaksanaan KT 1 yang menjadi program kerja Litbang PP KMHDI 2014 – 2016. Kegiatan ini berlangsung secara sederhana dengan tetap melaksanakan formalitas – formalitas yang ada dikegiatan – kegiatan resmi KMHDI seperti pembukaan yang berisi pengumandangan lagu Indonesia Raya dan Mars KMHDI, pembacaan Asta Prasetya Brahmacarya dan tak lupa Doa Bersama sebelum acara dimulai. Departemen Litbang KMHDI menggandeng PC KMHDI Malang sebagai tuan rumah pelaksanaan Diklat Pemateri dengan ketua panitia pelaksana dimandatkan kepada Sadewa Hery Prasetyo, anggota PC KMHDI Malang.

Tujuan utama diadakan Diklat Pemateri KT 1 ini adalah untuk membentuk suatu komite pendidik atau kami beri istilah Educating Comitee (EC) yang nantinya akan melaksanakan tahapan pendidikan di pilot project Kaderisasi Tahap 1 yang akan berlangsung di PC KMHDI Malang, PC KMHDI Surabaya dan PC KMHDI Jember. Kepala Departemen Litbang yang saat ini dijabat oleh Anak Agung Gede Dalem atau kerap disapa Gung Dalem menegaskan bahwa dilakukannya pilot project sebagai langkah awal merevitalisasi Sistem Kaderisasi KMHDI yang selama ini penerapannya di tingkat Cabang dan Pimpinan Daerah (PD) yang tidak memiliki Cabang hanya sampai di Kaderisasi Pokok (MPAB, Kakilala, DMO). Padahal semestinya, tambah Gung Dalem, roh kaderisasi KMHDI terletak di Kaderisasi Tahap 1. “Kaderisasi Tahap 1 memberikan pendalaman ilmu dan materi bukan hanya untuk lebih mendalami organisasi KMHDI namun juga sebagai persiapan anggota di tingkat terbawah sekalipun sehingga mereka memiliki kemampuan berfikir dan wawasan untuk dapat bersaing hingga ke tataran nasional sekalipun meskipun hanya memiliki periode keikutsertaan yang singkat di KMHDI.” terangnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 12 orang peserta ini menitikberatkan kepada pembekalan calon – calon pemateri agar nantinya selain memahami alur pelaksanaan KT 1 dan materi – materi yang akan dibawakan, juga diberikan pembekalan mengenai cara – cara memotivasi dan membentuk kader –kader yang diharapkan oleh KT 1 itu sendiri. Para peserta disuguhkan dengan 9 paket materi oleh 4 orang pemateri dari Pimpinan Pusat serta anggota – anggota yang ikut serta menyusun dan menyempurnakan materi – materi KT 1. Adapun materi – materi KT 1 yang nantinya akan diberikan selama pilot project adalah sebagai berikut: 1) Dua Kutub Ideologi Besar Dunia, 2) Sejarah Pergerakan Mahasiswa Indonesia, 3) Sejarah dan Ideologi KMHDI, 4) Pengenalan Weda, 5) Panca Sradha, 6) Konsep Pemimpin Idea menurut Hindu, 7) Karya Tulis Ilmiah, 8) Model Berfikir Holstik dan 9) Retorika. Keempat pemateri yang mengisi Diklat Pemateri KT 1 ini adalah Ida Bagus Trisnanda (Gustra) membawakan materi ke 1 dan ke 8, Nanda Rizka yang membawakan materi ke 4 dan ke 9, Betariani Saraswati yang membawakan materi ke 3 dan ke 6, dan terakhir Gung Dalem yang membawakan materi ke 2, ke 5 dan ke 7.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan bertepatan dengan hari Raya Kuningan yang jatuh pada hari kedua pelaksanaan Diklat yakni pada tanggal 20 Februari 2016. Para peserta, panitia dan pemateri serta  unsur – unsur lainnya yang ikut menghadiri kegiatan Diklat Pemateri KT 1 melaksanakan persembahyangan bersama di Padmasana Asrama Gunung Agung dimana tempat ini juga menjadi saksi sejarah dicetuskannya berbagai system kaderisasi yang hingga saat ini tetap dilaksanakan seperti MPAB, DMO dan Kaderisasi Tahap 1. Ketua Pelaksana  Kegiatan Sadewa Hery meyakini dipilihnya Asrama Gunung Agung sebagai tempat pelaksanaan Diklat Pemateri KT 1 akan memberi kenangan tersendiri yang nantinya akan berbuah semangat mengukir sejarah dan kemajuan di KMHDI. “Tempat ini merupakan saksi sejarah kemajuan kaderisasi di KMHDI, dan saat ini kita melaksanakan upaya membangkitkan kembali satu system kaderisasi yang sempat terlupakan. Seakan – akan semesta memberi pertanda bahwa kaderisasi KMHDI memang harus senantiasa dibenahi ke arah kesempurnaan dan tidak boleh dilupakan.” jelas Hery.

Hasil – hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya komite pendidik beranggotakan 12 orang yang kedepannya akan menginisiasi pelaksanaan pilot project KT 1 di PC KMHDI Malang, PC KMHDI Surabaya dan PC KMHDI Jember dalam waktu dekat. Komite pendidik ini diarahkan dan dikontrol langsung oleh Departemen Litbang Pimpinan Pusat KMHDI sebagai penanggungjawab program kerja. Diharapkan lewat pelaksanaan pilot project KT 1 ini Departemen Litbang memperoleh data – data yang diperlukan untuk kajian lebih lanjut sebelum memberlakukan KT 1 di seluruh Pimpinan Cabang KMHDI. Kedepannya, sesuai dengan mandate program kerja pula, maka pilot project pelaksanaan KT 1 juga akan dilaksanakan di PC KMHDI Denpasar dan PC KMHDI Badung. (gda – Litbang)

Komentar Anda