Nahkoda Baru PC KMHDI Buleleng

Suasana haru nan sedih selalu mengiringi setiap prosesi acara pelantikan kepengurusan baru di setiap PD/PC KMHDI, dengan raut muka dan mata yang berkaca-kaca dirasakan setiap kader yang hadir saat pelantikan pengurus baru PC KMHDI Buleleng periode 2015 – 2017, tak sedikit pula kader yang meneteskan air mata ketika para pengurus baru mengucapkan janji komitmennya untuk “ngayah” di KMHDI dengan diiringi alunan lagu Hymne KMHDI yang pada saat itu dipimpin oleh Sekum Pimpinan Pusat KMHDI.

Bagaimana tidak, begitu banyak proses yang dilewati hingga sampai pada tahap akhir dari pelaksanaan sabha yaitu pelantikan. Dimulai dari proses persidangan yang sangat alot, mekanisme pemilihan ketua dan pengurus yang dilakukan dengan teliti dan penuh kehati-hatian membuat suasana pada acara tersebut semakin menegangkan perasaan para peserta yang hadir. Sangat jarang ditemukan selama ini bahwa dari ke enam bakal calon ketua, 5 (lima) diantaranya mengajukan dirinya sendiri (bukan ditunjuk) untuk maju sebagai bakal calon ketua. Ini mengindikasikan bahwa kader KMHDI di buleleng menyadari ada potensi dan kesempatan yang terbuka untuk menyiapkan diri menjadi calon pemimpin Hindu di masa mendatang melalui proses belajar di KMHDI. Dengan melalui tahapan seleksi administrasi dan fit and proper test yang berlangsung ketat dan menghabiskan waktu cukup lama yang dilakukan oleh tim formatur diketuai oleh salah satu pengurus demisioner, alhasil dari proses tersebut didapat 4(empat) calon ketua yang lolos dari 6 (enam) bakal calon ketua yang sebelumnya mengajukan diri.

Para peserta yang memiliki hak suara pun dibuat kebingungan dalam menentukan figure dan pilihannya karena begitu ketatnya kemampuan pemaparan visi misi, debat dan proses tanya jawab yang dilakukan secara langsung oleh peserta dan para kandidat calon ketua. Hingga pada akhirnya semua menyadari bahwa hanya akan ada 1 yang terpilih dari 4 calon ketua yang masing-masing mempunyai potensi yang besar untuk memimpin. Proses musyawarah mufakat tidak mendapatkan hasil maka proses vooting pun dilakukan, hingga akhirnya terpilih lah saudara I Putu Eka Perasetia Sebagai ketua PC KMHDI Buleleng periode 2015 – 2017.

Acara yang dihadiri oleh seluruh organisasi keumatan Hindu (PHDI, WHDI, PERADAH, FORUM ALUMNI, PSN, pengurus PD dan PC KMHDI se Bali) serta tampak hadir HMI, Kemenag Kab. Buleleng dan Kesbangpol Kab. Buleleng.
SANGAT TERKESAN itulah ungkapan yang disampaiakan oleh Sekum Pimpinan Pusat KMHDI di sela-sela sambutan pada saat menutup acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut.
Selamat kepada kepengurusan baru PC KMHDI Buleleng periode 2015 -2017 semoga semangat kepemimpinan “Ki Barak Panji Sakti” menjadi semangat yang selalu rekan-rekan terapkan dalam melaksanakan Swdharma di PC KMHDI Buleleng.
***I P A Kartika mewartakan**

Komentar Anda