PD KMHDI SULTRA dan PC KMHDI Kendari Adakan Dharma Tula

Kendari 19 Januari 2015 – Hari ini merupakan hari yang besar bagi Umat Hindu karena hari ini merupakan salah satu hari raya besar umat Hindu yaitu hari raya Siwaratri. Hari raya Siwaratri adalah hari suci untuk melaksanakan pemujaan ke hadapan Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa. Hari Siwaratri mempunyai makna khusus bagi umat manusia, karena pada hari tersebut Sang Hyang Siwa beryoga. Sehubungan dengan itu maka umat Hindu melaksanakan kegiatan yang mengarah pada usaha penyucian diri, pemusatan pikiran ke hadapan Sang Hyang Siwa, dalam usaha menimbulkan kesadaran diri.

Untuk merayakan hari raya Siwaratri ini dengan hal yang positif maka PD KMHDI Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan PC KMHDI Kendari yang merupakan Pimpinan Cabang termuda di KMHDI melaksanakan kegiatan Dharma Tula atau kegiatan diskusi keagamaan. Dharma Tula kali ini diikuti oleh seluruh Kader KMHDI Sultra, Siswa – Siswi Pasraman dan Pemuda Hindu Kota Kendari dengan mengambil tema “Pemuda vs Siwaratri”, tema ini dimaksudkan untuk mendiskusikan apa sebenarnya yang mesti dilakukan oleh Pemuda Hindu dalam memaknai hari raya Siwaratri. Untuk menjawab itu maka dihadirkan narasumber yang berpengalaman dari Badan Penyiaran Hindu (BPH) Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu Bapak Kadek Yogiarta, S.Pd.H.

Pak Kadek Yogiarta dalam pemaparan materinya membahas makna eksplisit dan implisit Siwaratri dan kondisi pemuda saat ini dalam memaknai siwaratri itu sendiri.
“Sebagai manusia harus bisa meraih kemenangan. Maka jadikan momen Siwaratri sebagai momen perenungan atas apa yang kita lakukan selama ini, dan implementasikanlah dalam kehidupan sehari – hari. Di masa saat ini kita harus lebih mempertebal iman dan memperluas pengetahuan di bidang agama agar cakrawala berpikir kita lebih mantap”, tutup Pak Kadek dalam materinya.

Seperti yang diketahui PC KMHDI Kendari adalah Pimpinan Cabang termuda saat ini di KMHDI, PC KMHDI Kendari terbentuk dengan dilaksanakannya Sabha I pada 13 Desember 2014 di Kota Kendari, dengan demikian PC KMHDI Kendari menjadi Pimpinan Cabang ke 22 di KMHDI. (PD Sultra to DDI)

Komentar Anda