PD KMHDI SulSel Tuan Rumah TOT XI KMHDI Regional Sulawesi

Makassar, 28 Desember 2014 Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Selatan (PD KMHDI SulSel) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Training of Trainers (TOT) XI KMHDI Regional Sulawesi. TOT merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh KMHDI se-Regional Sulawesi yang bertujuan untuk membentuk trainers atau pelatih yang akan menjadi pengurus maupun meneruskan kaderisasi didaerahnya masing-masing. Pembukaan TOT XI KMHDI Regional Sulawesi ini dilaksanakan di Asrama Haji Sudiang dengan dihadiri oleh Perwakilan dari Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) KMHDI Se-Sulawesi. Hadir pula para ketua Lembaga Hindu baik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan maupun Kota Makassar, Para Ketua Organisasi Kemahasiswaan atau Kepemudaan Lintas Agama, Tokoh Masyarakat dan Asisten III yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam laporannya, ketua Panitia Putu Darmayasa mengatakan, TOT XI KMHDI Regional Sulawesi ini mengambil tema “ Building a Good Habit to be a Great Trainers” yang dimaksudkan untuk membentuk trainers atau pelatih yang berkualitas untuk meneruskan kaderisasi didaerah nya masing-masing.
Pudar, panggilan akrab pria ini juga menambahkan, TOT XI ini diikuti oleh 58 peserta dan 16 fasilitator dari 4 Pimpinan Daerah, 7 Pimpinan Cabang dan 1 Komisariat KMHDI se-Sulawesi.
Kegiatan TOT ini berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2014 dengan agenda pelatihan Trainers dan dilanjutkan dengan ramah tamah dalam menyambut tahun baru 2015 di Puncak Malino, tambahnya.

Sedangkan Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan, Putu Wiratnaya, S.Kom menjelaskan, bahwa TOT XI merupakan TOT yang ke 3 diadakan di Kota Makassar, hal ini membuktikan kekonsistenan PD KMHDI SulSel dalam meneruskan kaderisasi baik di kancah daerah maupun di Regional Sulawesi.
Tentunya kita semua berharap TOT XI ini mampu melahirkan Trainers atau pelatih yang dapat meneruskan kaderisasi di daerahnya masing-masing, sehingga Visi KMHDI dalam membentuk kader yang berkualitas dapat diwujudkan dengan dipengang teguhnya jati diri kader KMHDI, tambah Wirat.

Bapak Made Sukarta Wakil Ketua PHDI Provinsi Sulawesi Selatan yang hadir mewakili Ketua PHDI Provinsi Sulawesi Selatan, memuji bahwa PD KMHDI Sulawesi Selatan sebagai salah satu lembaga bernafaskan Hindu di Sulawesi Selatan telah memperlihatkan pengaruh yang positif bagi umat Hindu khususnya untuk kalangan mahasiswa dan pemuda.
PHDI selaku majelis tertinggi umat Hindu membutuhkan bantuan dari KMHDI khususnya dalam bidang pembinaan pada generasi penerus, oleh karena itu sangat diharapkan sinergi yang lebih lagi antara KMHDI dengan PHDI yang tentunya dapat berjalan beriringan dalam pembinaan umat, imbuh Pak Made.

Presidium Pimpinan Pusat KMHDI, Eka Saputra, ST mengucapkan terima kasih kepada kader KMHDI Sulawesi Selatan yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini dan mempertahankan eksistensi KMHDI di Sulawesi.
“Terima kasih kepada kader – kader KMHDI se regional sulawesi khususnya PD KMHDI Sulsel yang masih tatap mempertahankan eksistensi guna meningkatkan kualitas diri”, Ucap pria asal Kendari ini.
Pada kesempatan itu PP juga meminta kepada Asisten III Gubernur Sulsel untuk mendampingi PD KMHDI Sulawesi Selatan dapat berbuat lebih banyak lagi untuk sulawesi selatan dan bersinergi dengan pemerintahan sulawesi selatan.
“kami titip adik-adik kami disini pak, agar selalu mendapat pendampingan dari bapak” tutupnya.

Sedangkan Bapak Dr. H. Mappagio, M.Si Asisten III yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan sebelum membuka kegiatan ini berpesan, “Kaderisasi bagi Organisasi sangatlah penting terutamanya organisasi kemahasiswaan, sebab kaderisasi akan mampu mempersiapkan calon-calon pemimpin di masa depan.
Dan besar harapan kami selaku pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari organisasi – organisasi kemahasiswaan khususnya Kesatuan Mahasiswa Hindu dalam membangun Provinsi sulawesi Selatan yang lebih baik lagi, tutup Pak Asisten III.
Kegiatan ini dibuka secara resmi dengan dipukulnya “Gong” dan Penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta TOT oleh Asisten III Gubernur Sulawesi Selatan didampingi oleh Presidium KMHDI, Ketua PHDI Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan, serta Ketua Panitia Pelaksana.

http://kmhdi.files.wordpress.com/2015/01/tot-xi-3.jpg
Foto : Asisten III Memukul Gong sebagai tanda dibukanya kegiatan TOT XI KMHDI Regional Sulawesi

Selepas dari pembukaan kegiatan TOT XI KMHDI Regional Sulawesi, rangkaian acara dilanjutkan dengan Simposium Nasional bertemakan “Daerah Kuat Indonesia Hebat”. Simposium Nasional ini mendatangkan Narasumber dari anggota DPD RI yaitu Bapak Ir. H. Abdul Aziz Qahhar Muzakkar, M.Si (Anggota DPD RI Dapil SulSel) dan Bapak Gede Pasek Suardika, SH., MH (Anggota DPD RI Dapil Bali) serta di Moderatori oleh Made Miarsana, SE.

http://kmhdi.files.wordpress.com/2015/01/tot-xi-2.jpg
Foto : Narasumber Simposium Nasional bersama Moderator, Presidium, Ketua PD KMHDI Sulsel dan Ketua Panitia
(PNG-Infokom PD KMHDI SulSel)

Komentar Anda