SABHA II PC KMHDI Kota Metro

Minggu 30 Nopember 2014 merupakan akhir kepengurusan periode 2012 – 2014 Pimpinan Cabang Kesatuan Mahahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kota Metro, serta langkah awal bagi kepengurusan periode 2014 – 2016 untuk melaksanakan swadharma (ngayah) di KMHDI. Meski baru hanya berusia 2 tahun PC KMHDI Metro telah mampu memberikan kontribusi nyata terhadap umat Hindu khususnya di Kota Metro. Sebagai sebuah organisasi pengkaderan PC KMHDI Metro sadar bahwa regenerasi menjadi hal utama disetiap pelaksanaan proses kegiatan yang di dalam KMHDI kita kenal dengan proses pendidikan dan pelatihan kader. Hal itu ditunjukkan dengan diberikannya kesempatan seluas-luasnya bagi setiap kader yang berkeinginan untuk menjadi penanggungjawab suatu event kegiatan, tidak ada istilah senior junior guru ataupun murid yang dikenal hanyalah kebersamaan dan kesetaraan untuk belajar bersama demi mewujudkan cita – cita besar KMHDI yaitu mewujudkan masa depan umat Hindu yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat KMHDI I Putu Agus Kartika di dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa untuk mewujudkan mimpi besar tersebut seluruh lapisan umat Hindu harus menyadari bahwa setiap individu memiliki kewajiban yang sama untuk berbuat yang terbaik demi masa depan umat Hindu, terlebih lagi seorang mahasiswa yang merupakan kaum intelektual harus mengoptimalkan perannya sebagai pionir dalam upaya mewujudkan cita – cita tersebut. Mahasiswa jurusan ilmu administrasi negara tersebut juga menyatakan bahwa organisasi KMHDI merupakan wadah atau tempat yang TEPAT bagi mahasiswa Hindu untuk melakukan proses pembelajaran menempa diri, menjadikan setiap individu yang memiliki karakter dan jiwa kepemimpinan. KMHDI adalah tempat untuk melakukan proses pembibitan calon pemimpin – pemimpin Hindu di masa mendatang, imbuhnya.
Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Metro menyampaikan apresiasi atas kinerja pengurus PC KMHDI Metro selama dua tahun ini, banyak hal yang sudah dilakukan oleh adik – adik KMHDI Metro hampir disemua event kegiatan khususnya di Pura Giri Nata Kota Metro selalu melibatkan anggota KMHDI. Tentu tidak berlebihan jika kami menganggap bahwa mahasiswa Hindu yang tergabung dalam KMHDI merupakan asset yang sangat berharga yang dimiliki umat Hindu. Kami yakin akan tercipta pemimpin – pemimpin Hindu yang matang secara emosional dan tentu pemimpin yang lebih berkualitas yang dilahirkan dari organisasi ini jangan pernah merasa rugi bergabung dalam sebuah organisasi manfaatkan masa muda untuk melakukan kegiatan – kegiatan positif, demikian pesan perwakilan PHDI Kota Metro.
Nyoman Edi Sutrisno selaku pengurus PC KMHDI Metro periode 2012 – 2014 (pengurus demisioner), menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf atas segala kekurangannya selama dua tahun sebagai pengurus. Nyoman berharap kepengurusan berikutnya mengedepankan komunikasi yang lebih baik terhadap anggota, serta lembaga Hindu yang ada di Kota Metro. Dengan komunikasi setiap kondisi sulit akan dapat dicarikan solusi, ikuti setiap kegiatan KMHDI nikmati setiap prosesnya dan bertahanlah lebih lama maka kita akan menjadi sosok pemuda Hindu yang militan.
Setelah acara dibuka oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat KMHDI, agenda berikutnya dilanjutkan dengan persidangan. Meskipun tergolong organisasi yang baru terbentuk, namun pemahaman kader terhadap proses persidangan KMHDI sudah sangat cukup baik, semua itu dapat dilihat dari antusias kader di setiap pembahasan materi sidang yang plenokan. Sampai pada pukul 17.30 WIB akhirnya terbentuk tim formatur yang bertugas melakukan proses penjaringan hingga pemilihan ketua PC KMHDI Kota Metro untuk periode 2014 – 2016. Pada tahap pengajuan bakal calon didapat 9 nama bakal calon, namun setelah melalui proses fit dan propertest hanya ada 4 bakal calon yang lolos sebagai calon ketua yaitu; Ayu Putu Sri Kartika, I Nyoman Sumarno, Komang Okayana, Ni Komang Kumara Ratih. Keempat calon ketua diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi serta program unggulan yang akan diterapkan jika terpilih sebagai ketua. Proses berikutnya dilanjutkan dengan musyawarah mufakat oleh para calon ketua. Namun musyawarah untuk mufakat yang dilakukan oleh para calon ketua tidak menemukan kesepakatan, maka tahapan proses dilanjutkan dengan vooting. Hingga pada akhirnya terpilih Komang Okayana sebagai ketua PC KMHDI Kota Metro Periode 2014 – 2016 dengan perolehan suara sebanyak 12, diikuti oleh Ayu Putu Kartika dengan 6 suara, I Nyoman Sumarno 6 suara dan Ni Komang Kumara Ratih.
Sampai pada dipenghujung acara pelantikan dan penutupan, I Putu Agus Kartika Sekretaris Umum Pimpinan Pusat KMHDI menyampaikan pesan bahwa tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin kendatipun sebetulnya juga tidak sulit, dibutuhkan komitmen/keseriusan dan konsistensi dalam setiap proses pembelajaran di KMHDI terlebih lagi dalam menjalakan rencana kegiatan organisasi. Beliau juga menambahkan bahwa PC KMHDI Metro memiliki berbagai potensi yang cukup sebagai modal untuk eksistensi organisasi dan eksistensi umat Hindu di Kota Metro. Seluruh kader KMHDI se-nusantara mengucapkan selamat dan sukses untuk kepengurusan baru PC KMHDI Metro periode 2014 – 2016 Komang Okayana (Ketua), Ketut Ediyanto (Sekretaris), Ayu Putu Sri Kartika (Bendahara).
Hyang Widhi Merestui Karma Yoga Ini.
Satyam Eva Jayate.!!!

Komentar Anda