KMHDI Kirimkan Delegasi Untuk Studi Komparasi Ke Thailand

BANGKOK, Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) sebagai bagian dari lembaga pengembangan pemuda Indonesia mengundang pemimpin-pemimpin muda Indonesia dalam kegiatan TANNASDA (Pelatihan Ketahanan Nasional untuk Pemuda) 2014. Peserta TANNASDA 2014 adalah delegasi dari organisasi kedaerahan dari 34 provinsi dan organisasi kepemudaan (OKP) nasional. Puncak kegiatan TANNASDA 2014 adalah dengan melakukan studi komparasi ke Thailand, sebelum melakukan studi ke Thailand peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan selama 6 (enam) hari di Jakarta.

Dalam pembukaannya, kegiatan yang mengusung tema Pengembangan Wawasan Kebangsaan dalam Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa, serta Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Ekonomi Bangsa ini dibuka langsung oleh Kepala Deputi bidang Pengembangan Pemuda, Drs. H Sakhyan Asmara, M.SP. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan kegiatan ini harus menjadi momentum bagi pemuda Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri untuk menjadi pemimpin masa depan “Output nya harus sesuai dengan tujuan kegiatan ini yakni; diharapkan mampu meningkatkan kualitas kepemimpinan, wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda, serta meningkatkan waawasan regional maupun global yang nantinya mampu menciptakan kader muda yang berwawasan kebangsaan dan memiliki ketahanan nasional yang tangguh”.

Kehadiran peserta TANNASDA 2014 di Thailand disambut hangat oleh Mr. Sompan Sukawaittanakon sebagai Director of Bangkok Youth Center “Selamat datang para pemuda Indonesia di Bangkok dan selamat melaksanakan studi komparasinya kegiatan ini akan menjadi momentum dalam meningkatkan kerjasama pemuda Indonesia dan Thailand” demikian ungkapnya setelah diterjemahkan dari bahasa Thailand ke Bahasa Indonesia.

Selain Direktur dari Youth Center peserta TANNASDA 2014 juga disambut baik oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, dalam sambutannya Bapak Subandrio selaku perwakilan KBRI Bangkok mengucapkan selamat datang juga kepada seluruh peserta TANNASDA 2014 dan mengucapkan selamat melakukan sudi banding di Bangkok “Kami sangat bahagia ada kunjungan dari pemuda Indonesia dalam hal ini program dari Kemenpora. Selamat datang peserta TANNASDA 2014 dan selamat melakukan studi komparasi di Bangkok”.

Fokus studi yang dilakukan di Thailand adalah pada perbandingan ketahanan pemuda, olahraga, budaya dan pariwisata. Bagi I Kadek Andre Nuaba selaku delegasi KMHDI kunjungannya bersama peserta TANNASDA 2014 ke Thailand merupakan kesempatan yang luarbiasa meskipun sebelumnya (05/2014) ia juga pernah melakukan kunjungan ke Thailand, yakni untuk kegiatan student and culture exchange “Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke Thailand, bulan Mei sebelumnya saya mengikuti program pertukaran pelajar yang fokus pada sektor pendidikan dan kebudayaan dan sekarang mengikuti kegiatan TANNASDA 2014 yang memiliki fokus pada sektor kepemudaan, olahraga, budaya dan pariwisata. Kegiatannya sama-sama luarbisa, selaku pemuda saya memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum untuk membangun link komunikasi guna mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan”.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai